Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Penyebab WhatsApp di HP Tidak Bisa Dibuka

Penyebab WhatsApp di HP Tidak Bisa Dibuka

RANCAH POST – Pernah ngalamin gak saat kamu mau membalas chat, ternyata pada saat akan masuk aplikasi WhatsApp kamu error dan tidak bisa dibuka? Alangkah baiknya kamu ketahui terlebih dahulu penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka itu, ya.

Ada banyak sekali faktor yang akan menyebabkan aplikasi WhatsApp menjadi tak bisa bekerja dengan optimal. Namun kamu tak usah khawatir, karena kali ini akan membahas mengenai apa saja yang menjadi penyebab WA kamu itu tidak bisa dibuka.

Penasaran apa saja penyebabnya? Langsung aja yuk ini dia beberapa diantaranya, antara lain:

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Smartphone Sudah Tidak Support WhatsApp

Faktor pertama yang akan menyebabkan WhatsApp kamu tidak bisa dibuka ialah karena smartphone yang kamu gunakan sudah tidak mensupport lagi aplikasi WhatsApp yang terpasang.

Seperti yang diketahui, jika pada setiap smartphone akan selalu mengalami pembaharuan. Saat ini spesifikasi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp yakni minimal Android OS 4.0 dan iPhone dengan IOS 8.

Jadi, pada saat WhatsApp tidak bisa dibuka, pastikan smartphone kamu support dengan aplikasi WhatsApp. Dan segera melakukan update jika ada update terbaru.

Aplikasi WhatsApp Sudah Kadaluarsa

Penyebab selanjutnya kenapa WhatsApp yang kamu gunakan tidak bisa dibuka ialah karena sudah kadaluarsa, atau masih versi yang lama. Setiap saat, WhatsApp akan selalu memberikan update agar bisa mengatasi bugs di aplikasinya.

Koneksi Internet yang Jelek

Selanjutnya yang menjadi faktor WhatsApp kamu tidak bisa dibuka ialah karena adanya masalah pada koneksi internet yang tak stabil. Maka, akibatnya WhatsApp kamu pun menjadi error, tidak bisa mengirim pesan, dan bahkan tak bisa dibuka sama sekali.

Cache WhatsApp yang Menumpuk

Penyebab lainnya juga bisa saja terjadi karena terdapat banyak sekali cache yang menumpuk. Semakin banyak Cache yang menumpuk pada aplikasi smartphonemu, maka akan menjadikan beberapa aplikasi menjadi berat dan tak bisa dibuka.

Masalah Pada HP

Penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka lainnya bisa saja terjadi karena adanya masalah pada HP misalnya lagging. Hal ini biasanya terjadi karena adanya spesifikasi HP yang tak bisa menahan banyaknya aplikasi bersamaan saat kamu sedang membuka WhatsApp.

Maka dari itulah, WhatsApp akan dengan otomatis menjadi tidak bisa digerakan atau bahkan berhenti dengan cara yang tiba-tiba.

Memori Card yang Tidak Mencukupi

Aplikasi WhatsApp bisa saja berhenti bekerja pada saat kamu tak mempunyai ruang yang cukup di memori card baik untuk memori internal maupun memori eksternal.

Oleh karena itu, selalu pastikan pada saat menggunakan aplikasi, memori yang kamu gunakan harus memadai. Memori internal memang tak bisa di-upgrade, namun kamu masih bisa menambahkan memori eksternal dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan begitu, kamu harus memindahkan beberapa data atau beberapa aplikasi ke memori eksternal. Sehingga, HP kamu pun tak akan terlalu berat menampung banyak aplikasi dan juga data yang kamu punya.

Kartu SIM Mengalami Error

Untukmu yang mengandalkan WhatsApp dengan menggunakan kuota internet, tentu kamu sangat bergantung pada SIM Card yang digunakan. Namun terkadang kamu akan menemukan masalah kartu SIM yang tak terbaca.

Hal tersebut bisa menjadi penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka karena jaringan internet pada ponsel yang kamu gunakan mati.

WhatsApp Down

Faktor lain yang menjadikan WhatsApp tidak bisa dibuka ialah karena adanya ganggyan dari server utama. Gangguan ini biasa disebut juga dengan WhatsApp Down.

BACA JUGA: 8 Penyebab Status WhatsApp Tidak Muncul

Pada saat kondisi ini berlangsung, WhatsApp kamu akan mengalami gangguan. Biasanya, kamu akan menjadi kesulitan membuka WhatsApp atau kesulitan mengirim teks, audio, gambat ataupun video.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka. Walaupun banyak sekali yang menjadi alasan kenapa WhatsApp kamu tidak bekerja dengan baik, namun jangan khawatir tentunya akan ada solusi yang bisa kamu lakukan agar bisa mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan