Kamis, 1 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi WhatsApp yang Pending Saat Mengirim Pesan

Cara Mengatasi WhatsApp yang Pending Saat Mengirim Pesan

RANCAH POST– Menjadi salah satu paltform chatting yang populer, tentu WhatsApp mempunyai daya tarik sendiri. Namun sayangnya, terkadang aplikasi ini sering mengalami pending, tak bisa mengirimkan pesan sama sekali. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara mengatasi WhatsApp pending tersebut.

Seperti yang kita ketahui, jika WhatsApp merupakan aplikasi yang tak hanya bisa digunakan untuk chatting saja, namun juga bisa digunakan untuk mengirim video, suara, telepon, video call, dan juga beragam fitur lainnya.

Dan sudah menjadi hal yang wajar jika aplikasi WhatsApp ini sering mengalami pending. Akan tetapi, kamu tak usah khawatir lagi pada saat mengalami WhatsApp yang pending, karena sudah banyak sekali solusi dan cara mengatasi WhatsApp pending dengan mudah dan cepat berikut ini:

Cara Mengatasi WhatsApp yang Pending

Pastikan HP kamu terkoneksi dengan internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan selalu memastikan jika HP kamu benar-benar terkoneksi dengan jaringan internet. Mungkin kamu lupa menyalakan paket data, sehingga kamu tak bisa mengirim pesan di WhatsApp.

Meskipun kamu tengah tak mengaktifkan paket data, mungkin kamu bisa terkoneksi dengan WiFi. Jadi kesimpulannya ialah selalu memastikan jika HP kamu memang sudah terkoneksi dengan baik ke internet.

Pastikan jaringan internet lancar

Meskipun paket data telah aktif atau sudah terkoneksi pada jaringan WiFi, namun semuanya akan percuma jika jaringan internetnya memang tengah mengalami gangguan. Nah, jika sudah begini, mau bagaimana pun tetap saja WhatsApp akan pending dan tak bisa mengirim pesan.

Maka untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti kartu SIM untuk paket data, atau menelepon layanan pengaduan agar WiFi segera memeriksa jaringan internetnya.

Ubah jaringan ke 3G atau 4G

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika WhatsApp memang memerlukan internet yang baik. Meskipun internetmu sudah terkoneksi, tapi ternyata WhatsApp tetap saja pending, mungkin jaringan internetnya kurang kuat.

Maka dari itu, cara mengatasi WhatsApp pending yakni dengan mengubah pengaturan jaringan pada HP kamu. Pastikan pula untuk menggunakan jaringan 3G atau 4G untuk mendapatkan sinyal internet yang lebih baik dan kencang.

Manfaatkan mode pesawat

Tak hanya mengubah pengaturan jaringan, kamu juga harus memanfaatkan mode pesawat yang terdapat pada ponsel. Caranya kamu harus mengaktifkan mode pesawat kemudian non-aktifkan kembali mode pesawatnya.

Dengan cara ini dipercaya bisa melakukan restart atau membaca ulang jaringan internet yang ada di HP kamu. Namun sayang, cara ini tak selalu efektif mengingat kamu harus melakukannya berkali-kali untuk mendapatkan jaringan yang lancar dan kencang.

Menghapus cache

Cache merupakan data yang disimpan sementara oleh HP untuk mempercepat proses jalannya aplikasi. Namun, cache ini justru tak jarang malah dibiarkan menumpuk.

Sehingga bukannya melancarkan proses baca pada aplikasi, justru malah menjadikan aplikasi tersebut mengalami error dan hal ini juga bisa saja terjadi pada WhatsApp.

Cara mengatasi WhatsApp yang pending ini yakni kamu harus rajin dalam membersihkan Cache WhatsApp. Jangan biarkan cache-nya sampai menumpuk terlalu banyak, karena cache ini juga akan memengaruhi pengiriman pesan di WhatsApp.

Hapus atau pindahkan data WhatsApp

Selain cache yang menumpuk, data juga seringkali menjadi salah satu penyebab WhatsApp yang pending, lho! Terlalu banyak chat, foto, video dan juga suara terkadang memengaruhi dalam mengirimkan pesan.

Maka dari itu, cara mengatasi WhatsApp pending yakni dengan menghapus data WhatsApp. Cobalah untuk membersihkannya secara rutin ya, guys!

Jika memang ada data yang penting, kamu bisa melakukan backup pada data tersebut, mungkin bisa di backup ke PC atau laptop, atau aplikasi penyimpanan awan.

Pada intinya, selalu pastikan data di whatsApp kamu tetap lega agar kamu tak mengalami lagi yang namanya WhatsApp pending atau gangguan yang lainnya pada saat kamu akan mengirim pesan.

Non-aktifkan fitur penghemat daya

Fitur penghemat daya ini sangatlah bermanfaat untuk pengguna smartphone, baik itu pengguna Andoroid maupun iOS. Namun sayang, fitur ini terkadang justru menjadikan WhatsApp menjadi pending. Maka dari itu cara mengatasi WhatsApp yang pending satu ini dengan menon-aktifkan fitur penghemat daya.

Hal tersebut terjadi karena fitur penghemat daya ini akan secara otomatis menyala pada saat baterai HP kamu akan habis, biasanya pada baterai yang tersisa hanya 15% lagi.

Saat fitur ini menyala, maka dengan otomatis WhatsApp akan mengalami pending karena harus memangkas penggunaan daya baterai. Hal ini tentu akan menjadikanmu merasa kesulitan dalam mengirim dan mendapatkan notifikasi chat dari WhatsApp.

Lalu, gimana sih cara mematikan dan menonaktifkan fitur penghemat daya? Gampang banget, kamu hanya perlu pergi ke menu Settings lalu kemudian masuk ke menu Baterry. Jika sudah, kamu langsung aja cari Battery Saver dan langsung non-aktifkan fiturnya.

Restart HP

Permasalahan pending pada WhatsApp tak selalu hanya bersangkutan dengan internet ataupun aplikasi lain yang ada di HP ya, guys. Namun, masalah tersebut juga bisa terjadi karena HP kamu yang memang terdapat masalah.

BACA JUGA: 8 Fitur WhatsApp yang Perlu Diketahui Agar Chatting Lebih Menarik

Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan restart pada HP kamu itu, kemudian jalankan kembali aplikasi WhatsApp seperti biasanya lagi. Kirim ulang pesan WhatsApp kamu yang sebelumnya pending. Biasanya dengan cara ini WhatsApp akan kembali lancar dan normal.

Demikianlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp yang pending dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan cara-cara di atas kamu tak usah membawa smartphone pada tenaga professional lagi, deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,936FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan