Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Jaringan Smartphone yang Selalu Edge

Cara Mengatasi Jaringan Smartphone yang Selalu Edge

RANCAH POST – Edge memang menjadi jaringan terburuk dengan akses koneksi yang lambat diantara 3G, H+, dan 4G yang tentunya jauh lebih cepat. Pada saat mengalami jaringan yang Edge, maka kamu harus melakukan cara mengatasi jaringan yang selalu Edge tersebut agar sinyal kembali stabil dan bagus.

Jringan Edge biasanya akan terjadi pada saat kamu tengah berada dalam jangkauan sinyal yang kurang baik, misalnya daerah plosok, basemant, gedung, dan lain sebagainya.

Masalah gangguan koneksi bisa saja terjadi di berbagai perangkat seperti modem, smartphone, dan sebagainya. Nah, pertanyaannya apakah masalah jaringan edge tersebut bisa di atasi?

Cara Mengatasi Jaringan Smartphone yang Selalu Edge

Biasanya HP Android yang selalu hanya menangkap signal ini pada dasarnya bisa diselesaikan dengan merestart atau reboot perangkat ponsel saja. Namun, pada beberapa jenis smartphone bisa saja cara ini tidak bekerja dengan baik.

Maka, jika kamu salah satu orang yang masih kesulitan dalam mengatasi masalah jaringan di HP, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi sinyal Android yang selalu saja Edge.

Memanfaatkan Fitur Fight Mode atau Airplane Mode (Mode Pesawat)

Mengaktifkan mode pesawat akan memblokir kemampuan perangkat untuk menangkap jaringan secara otomatis. Sehingga jarigan itu menjadi tidak bisa melakukan panggilan masuk ataupun keluar, mengirim dan menerima pesan, bahkan mengaktifkan jaringan internet.

Fitur mode pesawat bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah jaringan pada smartphone kamu yang selalu Edge dengan cara berikut ini.

  • Pertama-tama aktifkan mode pesawat (flight mode) melalui menu bar di smartphone kamu.
  • Kemudian restart atau reboot smartphone, dan biarkan tetap dalam mode pesawat.
  • Setelah HP kembali menyala, tunggu beberapa detik terlebih dahulu, kemudian barulah kamu menonaktifkan kembali mode pesawat tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai ponsel kembali menangkap jaringan di smartphone yang kamu gunakan tersebut.
  • Lalu kemudian aktifkan Data Seluler.

Ubah Pengaturan Jaringan Prioritas

Cara mengatasi jaringan selalu Edge selanjutnya yakni dengan mengubah jaringan prioritas di smartphone Android yang kamu gunakan.

Caranya cukup mudah hanya dengan membuka menu Pengaturan atau Settings> Jaringan Seluler> Pilih Kartu SIM yang akan digunakan untuk internet> pilih Jaringan Prioritas> kemudian ubah ke LTE/3G/2G (sambungan otomatis).

Atau, jika ternyata ponsel dan juga kartu SIM kamu sudah mendukung jaringan 4G, maka kamu dapat mengunci jaringan 4G di smartphone kamu itu dengan memilih LTE Only. Jika belum mendukung 4G, pilih saja 3G Only.

Lock Jaringan Prioritas HP Android ke LTE/CDMA auto (oOtomatis)

Tak semua smartphoe Android akan menampilkan tipe jaringan LTE/CDMA auto melalui menu Jaringan Prioritas ya, guys. Maka dari itu, untuk membuka menu tersebut kamu membutuhkan kode rahasia untuk bisa membuka pengaturannya.

Masing-masing ponsel tentu akan mempunyai kode rahasia tersendiri agar bisa masuk pada jaringan seluler versi Developer. Kode rahasia yang biasa digunakan ialah *#*#4636#*#* atau *#*#6130#*#*.

Namun di perangkat ponsel seperti Samsung, Huawei dan juga Asus, kode tersebut bisa saja tak dapat digunakan. Pasalnya, ponsel-ponsel tersebut mempunyai kode sendiri.

Adapun cara mengatasi jaringan selalu Edge dengan pindah ke jaringan prioritas LTE/CDMA auto yakni dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Buka menu pengujian dengan mengakses *#*#4636#*#* atau *#*#6130#*#*.
  • Kemudian pilih Informasi Telepon> Pilih kartu SIM.
  • Scroll ke bawah lalu temukan menu setel jenis jaringan yang disukai.
  • Pilih LTE/CDMA auto (PRL).
  • Terakhir, silahkan aktifkan data seluler di HP Android kamu deh.

BACA JUGA: Bikin Ngebut Internetan, Ini Dia Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jaringan selalu Edge yang bisa coba kamu lakukan. Setidaknya dengan mencoba cara-cara di atas, HP kamu akan menangkap jaringan H+ (3G), atau bahkan 4G. Semoga bermanfaat ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan