Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Berita Berita Ciamis Seekor Macan Tutul Gunung Sawal Berhasil Ditangkap Warga Ciamis

Seekor Macan Tutul Gunung Sawal Berhasil Ditangkap Warga Ciamis

Berita Ciamis, RANCAH POST – Warga di Kabupaten Ciamis kembali dihebohkan dengan seekor macan tutul terkena perangkap yang dipasang oleh warga Dusun Cikupa, Ciamis, Jawa Barat pada Kamis 25 Juni 2020.

Macan tutul tersebut terkena perangkap ketika turun dari kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal.

Melansir dari Detik.com, diketahui beberapa bulan terakhir kucing besar ini turun gunung dan diduga sering memangsa hewan ternak milik warga.

Menurut keterangan dari salah satu warga setempat, jebakan tersebut dipasang warga berjarak sekitar 20 meter dari tempat ternak warga atau 100 meter dari wilayah pemukiman.

Rupanya warga merasa kesal dan dirugikan lantaran hewan ternak dan anjing peliharaan mereka kerap dijadikan mangsa oleh hewan lain.

Dikatakan, 6 ekor ayam dan 8 anjing sudah dimangsa dan diduga pelakunya adalah si macan tutul.

Konflik macan tutul dan warga Cikupa tak hanya kali ini saja, sebelumnya terhitung sudah 5 kali kejadian macan dari Suaka Margasatwa Gunung Sawal turun dan tertangkap warga setempat.

Satwa liar macan tutul ini biasanya turun ke permukiman untuk mencari mangsa, dan umumnya hewan ternaklah yang dijadikan mangsa.

Macan tutul atau kumbang berjenis kelamin jantan ini rencanya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kendatik demikian, warga meminta supaya nantinya macan tutul tak lagi dilepaskan di Gunung Sawal karena kemungkinan bisa terperangkap lagi ketika macan itu turun gunung.

Selain itu, macan yang terperangkap warga ini juga memiliki tanda kalung yang diduga pemancar yang sudah dipasang sebelumnya oleh pihak terkait.

Diduga juga, macan tutul ini sudah sempat tertangkap sebelumnya oleh warga, lalu dilepaskan lagi di Suaka Margasatwa Gunung Sawal.

Berdasarkan informasi lainnya, pihak BKSDA Wilayah II Ciamis sudah menyambangi lokasi macan yang terkena perangkap warga itu dan petugas akan segera melakukan evakuasi.

Beberapa foto macan tutul yang sudah tertangkap perangkap warga di Ciamis ini pun beredar di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @ciamis.info.

BACA JUGA: Satroni Pemukiman dan Mangsa Ternak, Macan Tutul Ditangkap Warga Ciamis

“Untuk yang kesekian kalinya, macan tutul Gunung Sawal tertangkap oleh perangkap warga di wilayah Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Petugas BKSDA sudah merapat dan selanjutnya macan ini akan ditangani sebelum akhirnya dilepasliarkan kembali.

Ayo sayangi dan lindungi hutan kita! Salam konservasi!” tulis akun Instagram @ciamis.info.

https://www.instagram.com/p/CB2THC4FcFZ/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,396FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan