Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Berita Berita Ciamis Satroni Pemukiman dan Mangsa Ternak, Macan Tutul Ditangkap Warga Ciamis

Satroni Pemukiman dan Mangsa Ternak, Macan Tutul Ditangkap Warga Ciamis

BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Seekor macan tutul (phantera pardus) berusia sekitar 2 tahun dengan panjang 80 cm dan tinggi 70 cm berhasil ditangkap warga menggunakan jerat di kaki Gunung Syawal, tepatnya di Dusun Balandong, Desa Mandalare Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Macan tutul berjenis kelamin betina tersebut berhasil terkena jerat yang dibuat warga tak jauh dari sebuah`
kandang domba milik warga, Rabu (30/3/2016) dinihari. Macan tutul tersebut ditemukan tersangkut di bawah pohon Afrika dengan kaki sebelah kanan yang terikat jerat kawat. Diduga hewan tersebut turun gunung berusaha mencari makan.

Sebagaimana diungkapkan Mahya, warga Desa Mandalare, sebelum macan tutul tersebut berhasil dijerat warga, beberapa ayam milik warga dilaporkan menghilang. Warga kemudian membuat perangkap setelah melihat makhluk yang dilindungi tersebut berkeliaran di seputaran rumah warga. “Warga kemudian membuat jerat yang terbuat dari tali nilon, hari ini (kemarin, red) hewan buas itu berhasil masuk ke dalam perangkap,” ungkapnya, Rabu (30/3/2016).

Warid, Kepala Resort Wilayah XIX Gunung Syawal Kabupaten Ciamis mengatakan, beberapa hari yang lalu macan tutul tersebut diketahui oleh warga menyatroni pemukiman. Warga pun kemudian berinisiatif membuat perangkap untuk menjerat macan tutul itu. “Posisi macan tutul itu berada di bidang tanah yang miring, jadi digunakan bius untuk melemahkannya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan