Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 6 Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah

6 Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah

RANCAH POST – Paparan sinar matahari langsung, kotoran, dan debu ternyata dapat menjadi penyebab masalah kulit muncul, salah satunya adalah flek hitam di wajah.

Ketika masalah kulit seperti jerawat, komedo, atau flek hitam yang muncul, bisa membuat wanita resah dan ingin segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Berbagai cara pun dilakukan, termasuk perawatan mahal yang perlu mengeluarkan banyak biaya.

Namun ternyata, dalam mengatasi flek hitam atau berbagai masalah kulit lainnya dapat diatasi juga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Karena tak dapat dipungkiri, ketika masalah kulit terjadi, penampilan pun menjadi kurang maksimal meski sudah ditutupi dengan riasan make up yang tebal.

Maka dari itu, setiap wanita selalu mendambakan memiliki kulit yang mulus, cerah, tanpa adanya masalah kulit termasuk flek hitam di wajah.

Nah, untuk itu ada baiknya Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan flek hitam muncul.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab flek hitam muncul pada wajah Anda.

Penggunaan produk kosmetik yang salah

Produk kosmetik seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi kaum wanita. Tak heran jika sekarang ini sudah banyak beragam produk kosmetik yang beredar di pasaran.

Namun ternyata, salah dalam menggunakan produk kosmetik dapat menyebabkan flek hitam muncul di wajah.

Kandungan bahan kimia tertentu yang ada di dalam beberapa kosmetik bisa memicu melanocyte yang memproduksi melanin.

Selain itu, beberapa bahan pada kosmetik juga dapat memicu fotosenstifitas yang bisa membuat kulit wajah menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Nah, sinar matahari ini dapat menimbulkan efek yang membuat kulit semakin cepat muncul flek hitam. Untuk itu, pilihlah produk kosmetik yang tepat ya, guys.

Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan ternyata dapat menjadi penyebab berikutnya flek hitam muncul di wajah.

Hal tersebut karena paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan bisa mendorong kulit untuk memproduksi melanin lebih banyak yang bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Alhasil, flek hitam atau cokelat pun akan muncul di wajah Anda.

Faktor keturunan

Mungkin ada beberapa orang yang masih berusia muda namun di wajahnya sudah ada flek hitam. Nah, bisa jadi penyebabnya karena faktor keturunan.

Ketika orang tua Anda, terutama ibu memiliki flek hitam di wajahnya, maka ada kemungkinan wajah Anda pun akan mengalami hal demikian.

Bekas jerawat yang sulit menghilang

Penyebab flek hitam di wajah dan solusinya selanjutnya adalah bekas jerawat yang sulit menghilang. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sengaja memecahkan jerawat sebelum matang.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan beberapa produk kecantikan atau bahan-bahan alami lainnya.

Namun yang terpenting, jangan lagi melakukan kegiatan memencet jerawat supaya tak lagi ada bekasnya.

Kekurangan vitamin

Kesehatan kulit wajah akan tetap terjaga salah satunya adalah dengan asupan vitamin. Jika tidak, pigmentasi pada wajah pun akan terlihat jelas.

Untuk itu, selalu pastikan untuk mendapatkan asuapan vitamin B12, vitamin E dan vitamin K untuk mencegah timbulnya flek hitam.

Perubahan hormon

Penyebab flek hitam di wajah selanjutnya bisa terjadi karena perubahan hormon, misalnya saat wanita sedang hamil

Ketika sedang hamil, wanita memang kerap mengalami perubahan pada warna kulit atau timbulnya flek hitam di wajah. Perubahan tersebut termasuk wajah serta bisa hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah Anda. Semoga bermanfaat, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan