Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Smartphone

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Smartphone

RANCAH POST – Sudah lama-lama menunggu proses loading pada saat mendownload dan ternyata aplikasi tersebut nggak terpasang pastinya akan membuat kamu galau berat, kan? Namun jangan khawatir, tentunya ada cara mengatasi aplikasi tidak terpasang tersebut.

Para pengguna Android tentunya akan tak jarang menemukan masalah pada aplikasi yang tak bisa terdownload atau terinstall dengan baik. Nah, masalah seperti inilah yang akan membuat para pengguna Android menjadi kesal.

Terdapat beberapa kemungkinan yang akan menjadi penyebab aplikasi tidak bisa terpasang di smartphone kamu itu. Misalnya saja karena adanya errorpada aplikasi tersebut, penuhnya kapasitas memori di HP kamu, rusaknya aplikasi yang kamu download, dan lain sebagainya.

Jika kini kamu tengah mengalami masalah ini, maka berikut ini solusi yang tepat untuk cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Reboot Smartphone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak dapat dipasang yakni dengan mencoba mematikan smartphone kamu terlebih dahulu. Cobalah dengan me-restart ulang smartphone kamu.

Atau jika perlu, kamu bisa sekalian melepaskan baterai smartphone kamu lalu kemudian nyalakan kembali Android kamu.

Cara ini biasanya bisa membantu masalah-masalah yang terdapat di Android. Jika sudah melakukan reboot dan juga restart maka cobalah pasangkan kembali aplikasi yang ingin kamu pasang di smartphone.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara lain yakni dengan mengecek aplikasi yang sebelumnya memang tak kamu gunakan.

Seperti yang diketahui jika salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang yakni karena tempat penyimpanan di smartphone kamu telah penuh.

Jadi cobalah untuk menghapus atau melakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang memang sudah tidak kamu gunakan lagi. Mungkin memory phone atau SD Card kamu sudah penuh dan tak bisa menampung aplikasi lainnya lagi.

Cek Versi Aplikasinya

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang lainnya dengan mengecek last version dari aplikasi yang akan kamu pasang di smartphone kamu tersebut. Mungkin saja kamu memang telah menginstall aplikasi yang telah berbeda versi. Jadi alangkah baiknya kamu pilih salah satu versinya saja.

Biasanya aplikasi yang tidak bisa terpasang pada saat telah ada aplikasi yang sama di dalam Androidnya. Maka lakukanlah uninstall pada salah satu aplikasi yang sama tersebut.

Dan sangat dianjurkan untukmu hanya memilih salah satu saja dari aplikasi yang sama, kamu tak harus menyimpan dua aplikasi yang sama dengan berbeda versi. Hal itu hanya akan menjadikan penyimpanan ponselmu menjadi tambah penuh.

Memastikan Aplikasi Tidak Error

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang lainnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan cek ulang pada aplikasi yang akan kamu install. Pastikan pula jika aplikasi yang akan kamu unduh itu tak mempunyai masalah apa-apa.

Pastikan juga bahwa aplikasi yang akan kamu install tak terjadi error dan juga corrupted file. Tak hanya itu saja, kamu juga harus memastikan apakah sudah benar dalam melakukan instalasi untuk aplikasi tersebut atau belum.

Cek kembali pada saat kamu melakukan copy paste saat melakukan download dan pemasangan aplikasi di HP. Mungkin saja ada salah satu karakter yang tak tertera pada saat kamu sedang melakukan copy paste tersebut.

Format Ulang Terhadap SD CARD

Cara mengatasi aplikasi tidak dapat dipasang kali ini mungkin bisa dibilang menjadi salah satu solusi yang tak tepat untuk kamu lakukan.

Namun, solusi ini bisa pula menjadi salah satu solusi yang paling efektif. Yakni kamu harus melakukan format ulang pada SD Card atau tempat penyimpanan aplikasi lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi penggunaan RAM Android yang Penuh

Namun, sebelum kamu melakukan format ulang atau melakukan penghapusan seluruh data yang terdapat di penyimpanan, kamu harus mem-bacup nya terlebih dahulu ya, guys. Karena melakukan format pada SD Card akan membuat file-file yang ada di dalamnya terhapus dengan otomatis.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang bisa kamu coba lakukan. Dan selalu kamu ingat untuk selalu memastikan aplikasi yang akan kamu pasang tersebut ya, guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan