Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Hati-hati! Ternyata ini 8 Ciri-ciri Smartphone Disadap Hacker

Hati-hati! Ternyata ini 8 Ciri-ciri Smartphone Disadap Hacker

RANCAH POST – Curiga jika smartphone kamu sedang dibajak hacker? kamu bisa membedakannya dengan menggunakan ciri-ciri smartphone disadap berikut ini yang tentunya akan sangat membantumu.

Saat ini, telah banyak sekali kasus kejahatan hacking yang terjadi pada para pengguna smartphone. Hal tersebut tentu akan sangat membuat para penggunanya menjadi sangat cemas.

Nah, apakah kamu yakin jika smartphone kamu telah aman dari ancaman hacker yang tak bertanggung jawab? Tak ada yang tahu lho bisa saja smartphone kamu itu diam-diam tengah disadap oleh hacker tersebut.

Lantas bagaiaman dong? Tenang, berikut ini ada beberapa ciri-ciri smartphone disadap yang bisa kamu kenali, antara lain:

Ciri-ciri Smartphone Disadap Hacker

Suara Panggilan Sering Terganggu

Pernah gak kamu mengalami pada saat menelepon, tiba-tiba terdengar suara bising atau kresek-kresek? Jika suara itu hanya terdengar di kamu, namun lawan bicara kamu tak mendengarnya, maka disini kamu harus curiga jika panggilanmu tengah disadap.

Alangkah baiknya jika kamu sering-sering mereboot sistem HP kamu dan sering mengonsultasikannya kepada teman-teman kamu yang paham mengenai masalah ini.

Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal

Agar bisa menyadap smartphone seseorang, biasanya para hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Uniknya, hacker ini bisa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengakalinya, maka coba kamu cek di menu Settings> Apps atau Aplication Manager, kemudian cek apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu.

Jika ternyata ada aplikasi yang mencurigakan yang tak pernah kamu install sebelumnya, maka itu bisa menjadi ciri-ciri smartphone disadap oleh orang-orang yang akan mencuri data kamu.

Baterai Mudah Habis dan Panas

Untuk mengirim data-data kamu, aplikasi mata-mata yang diinstall oleh para hacker tersebut akan terus menerus berjalan di background.

Sehingga nantinya akan menimbulkan efek pada smartphone kamu menjadi mudah sekali panas dan baterainya menjadi boros. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya untuk ponsel yang kamu gunakan.

Alangkah baiknya untuk kamun mencoba cek pemakaian baterai kamu. Jika terdapat program yang dirasa aneh dan tersu menerus berjalan, bisa jadi memang smartphone kamu tengah disadap orang lain.

Kuota Menjadi Boros

Tak hanya akan mengakibatkan baterai yang menjadi boros karena adanya aplikasi asing berjalan di background, namun smartphone yang sedang disadap pun biasanya akan mengalami kuota yang cepat habis.

Hal ini karena aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu. Hanya dalam hitungan detik, data-data pentingmu akan secara otomatis menjadi milik mereka.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk kamu tidak asal membuka situs atau website yang nantinya akan berisiko, karena bisa jadi data kamu akan dicuri dari sana.

Smartphone Menjadi Lemot

Ciri-ciri smartphone disadap lainnya kamu akan merasakan smartphone yang semakin lemot pada saat menjalankan aplikasi atau game, padahal kamu merasa aplikasi yang dijalankan normal-normal saja.

Jika saat menjalankan aplikasi ringan saja ponsel kamu sering terasa lemot, memang bisa jadi tengah ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.

Sering Muncul Iklan Pop Up

Beberapa aplikasi untuk menyadap smartphone memang ada yang tak bisa berjalan dengan otomatis. Ada yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya.

Jadi, pada saat iklan tersebut di klik, maka aplikasi mata-mata tersebut pun akan menjadi aktif. Tentu saja, ini bahaya banget untuk ponsel yang sedang kamu gunakan.

Oleh karena itu, jika terdapat iklan pop-up maka sangatlah disarankan untukmu tidak mengklik iklan tersebut agar dapat terhindar dari para hacker yang akan mencuri data kamu.

Lokasi Mendadak Aktif

Salah satu tujuan seseorang menyadap smartphone seseorang yakni agar bisa mengetahui lokasinya. Oleh karena itu jika tiba-tiba pengaturan lokasi di ponsel kamu menjadi aktif, hal tersebut menjadi salah satu ciri-ciri smartphone disadap.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya aplikasi yang memaksa lokasi untuk aktif atau HP kamu sedang disadap atau dihack dari jarak jauh.

Untuk mengatasinya, maka kamu bisa mereset HP ataupun mengatur ulang Settings yang terdapat di HP kamu. Bisa juga dengan menginstall aplikasi antivirus terbaik yang akan melindungi HP kamu.

Smartphone Mendadak Reboot Sendiri

Ciri-ciri smartphone disadap yang terakhir ialah smartphone yang melakukan reboot tanpa kehendak pemegang HP. Memang, ada beberapa kasus di mana HP akan tiba-tiba mati dan melakukan proses rebbot sendiri.

BACA JUGA: Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap Orang Lain

Ternyata hal tersebut terjadi memang karena sistem di Handphone kamu sudah disusupi oleh hacker yang berniat menyadak ponselmu.

Demikianlah beberapa ciri-ciri smartphone disadapmyang bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk berhati-hati agar smartphone kamu tetap aman dari para peretas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,184FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan