Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 9 Cara Mengatasi Game Android yang Sering Keluar Sendiri

9 Cara Mengatasi Game Android yang Sering Keluar Sendiri

RANCAH POST – Pernah gak sih kamu mengalami game Android yang tiba-tiba berhenti dan keluar sendiri, padahal lagi seru-serunya bermain? Hal tersebut tentu akan membuat kamu menjadi kesal bukan? Oleh karena itu, kamu harus tahu mengenai cara mengatasi game android keluar sendiri tersebut.

Seperti yang diketahui jika di era modern ini, kita bisa memainkan apa saja hanya dengan bermodalkan smartphone. Dulu mungkin kita hanya bisa bermain game lewat playstasion, namun sekarang kita bisa bermain dengan sepuasnya hanya dengan smartphone Android.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya kadang pada saat tengah asyik-asyiknya bermain game, ada saja masalah yang datang tiba-tiba, contohnya “Game Android Keluar Sendiri”. Ya, inilah yang biasanya sering dihadapi oleh para pengguna smartphone yang hobi bermain game.

Aplikasi yang bersifat publik seperti Sosial & Manager, Editor, dan Browser, itu berbeda dengan Aplikasi Game sehingga sudah bisa dipastikan jika penyebab mengenai game yang keluar sendiri itu lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Kendati demikian, yuk ketahui beberapa cara mengatasi game android keluar sendiri yang bisa kamu coba lakukan, antara lain:

Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Cek Konektivitas Internet

Jika sebelumnya game kamu keluar karena koneksi internet yang lemot maka kamu bisa putuskan dan hubungkan kembali koneksi internet kamu. Carilah lokasi dengan kualitas sinya yang bagus dan tak terputus-putus.

Jika tersedia area WiFi, coba kamu hubungkan dengan WiFi yang ada, mungkin hal tersebut akan lebih cepat jika dibandingkan dengan data internet yang kamu gunakan.

Putuskan Koneksi Internet

Jika kamu hanya bermain game offline, maka kamu tak usah mengaktifkan koenksi internet. Hal ini sebagai cara mengatasi game android keluar sendiri agar RAM Android kamu tak penuh dan kamu dapat bermain game secara langsung.

Hapus Cache Game

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan agar smartphone Android tetap maksimal pada saat menjalankan game yakni dengan membersihkan file sampah atau file cache pada perangkat Android kamu.

File sampah yang menumpuk di memori internal akan membuat performa smartphone menjadi menurun. Tak hanya itu, membersihkan file sampah juga akan membuat game kamu terhindar dari foce close dan macet secara tiba-tiba.

Paksa Berhenti dan Hapus Data

Selain membersihkan file sampah, cara mengatasi game android keluar sendiri juga bisa dengan menghapus data pada game Android kamu.

Cara ini akan menjadikan game kembali pada posisi default, layaknya baru menginstall game baru. Namun sayangnya, semua file history dan juga bookmark game kamu akan kembali ke posisi awal. Karena semua cache dan basis data juga akan terhapus.

Update Game

Sudah berapa lama kamu tidak mengupdate game? Update game tak hanya akan mendapatkan fitur terbaru saja, namun kerusakan atau bugs yang ada pada game itu pun akan diperbaiki.

Untuk itulah kamu harus melakukan update pada game Android kamu agar nantinya game tak keluar sendiri dan tak menampilkan pesan pop up error.

Uninstall Game

Jika dengan mengupdate game tak mengatasi permasalahan yang kamu hadapi, maka cara mengatasi game android keluar sendiri yaang harus kamu lakukan yakni dengan uninstall saja game tersebut terlebih dahulu.

Kemudian kamu unduh langsung di Google Play Store. Namun sebelumnya, pastikan dahulu cache dan data game sudah hilang semua agar nantinya proses pengunduhan dan pemasangan berjalan dengan lancar.

Matikan Smartphone Android

Matikan smartphone Android kamu, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan selama beberapa saat agar tak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali Android kamu. Dengan cara ini, semoga Android kamu dapat normal kembali dan bisa digunakan untu bermain game.

Update OS Android

Jika OS Android kamu tak compatible maka kamu harus update OS ke versi terbaru. Versi terbaru akan lebih menjamin dibandingkan dengan versi lama. Minimal OS Android kamu sudah berada di Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau yang terbaru saat ini.

Factory Reset Smartphone

Cara mengatasi game android keluar sendiri kali memang berisiko karena nantinya HP Android kamu akan kembali pada pengaturan awal (pabrik). Semua data aplikasi akan hilang, namun smartphone Android kamu akan seperti baru layaknya dari toko.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Keluar Sendiri

Nah, jika kamu ingin melakukan cara ini maka alangkah baiknya sebelum melakukan Factory Reset atau hard resey, pastikan semua data penting kamu telah dibackup terlebih dahulu, ya.

Itulah beberapa cara mengatasi game keluar sendiri yang bisa kamu gunakan. Semoga dengan tips-tips diatas nantinya game yang kamu akan mainkan bisa normal kembali. Dan lakukan semua cara diatas sesuai dengan permasalah kamu saja, ya. Jangan melakukan semua tips karena hal tersebut terlalu banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan