Selasa, November 24, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Agar Tidak Mudah Rusak, Begini cara Merawat Sensor Sidik Jari yang Benar

Agar Tidak Mudah Rusak, Begini cara Merawat Sensor Sidik Jari yang Benar

RANCAH POST – Cara merawat sensor sidik jari agar tak mudah rusak memang sangatlah penting untuk para pengguna smartphone. Karena sebagaimana diketahui, sensor sidik jari pada smartphone dibuat bertujuan untuk meningkatkan keamanan agar menjadikan privasi penggunanya lebih terjamin.

Tak hanya itu saja, pastinya dengan menggunakan sensor sidik jari akan menjadikan handphone kamu menjadi lebih praktis, karena tidak memerlukan lagi pin atau pola garis sebagai pembuka kunci layarnya.

Namun dibalik keunggulannya, sensor sidik jadi pada smartphone juga mempunyai kelemahan, yakni salah satunya terjadi error dan bahkan sesekali mudah sekali mengalami kerusakan.

Namun, kamu tak usah khawatir akan hal tersebut karena dengan melakukan beberapa cara merawat sensor sidik jari berikut ini dijamin fingerprint kamu akan selalu awet.

Cara Merawat Sensor Sidik Jari

Jangan Menggunakannya Saat Jari Basah

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yakni mengeringkan terlebih dahulu jari tangan kamu yang basah pada saat akan mengakses sensor sidik jari pada smartphone.

Karena pada dasarnya, air akan membuat panel fingerprint atau sidik jari cepat rusak. Seperti yang diketahui, air sangatlah mudah merusak barang-barang elektronik termasuk smartphone, ya!

Jangan Mendaptarkan Terlalu Banyak Jari

Meskipun sebuah smartphone biasanya mampu menyimak sidik jari sebanyak lima kali, namun alangkah baiknya jika kamu hanya menyimpan dua sidik jari saja. Hal tersebut bertujuan agar sendor pada smartphone kamu tetap berfungsi dengan baik.

Hindari Terkena Air Hujan

Cara merawat sensor sidik jari yakni kamu harus menghindari agar pingerprint tak terkena oleh air hujan. Jika jari yang basah saja dapat memicu kerusakan, maka air hujan tentu akan lebih berbahaya dong.

Karena tepian pingerprint panel akan menjadi celah masuk untuk air hujan sehingga nantinya akan merusak sensor yang terdapat di dalamnya.

Pindai Jari Saja Jangan yang Lain

Selain jari, alangkah baiknya kamu jangan menggunakan bagian kulit yang lainnya lagi pada fingerprint scanner karena akan menjadikannya mengalami malfunction.

Hindarkan Benda Tajam Pada Scanner Fingerprint

Cara merawat sensor sidik jari dengan mengindarkan benda tajam pada scanner fingerprint. Karena scanner fingerprint pada smartphone hanya dirancang untuk mengenali pola yang unik di ujung jarinya. Jika sampai tergores benda tajam, maka besar sekali kemungkinanya fingerprint tersebut tak akan bisa dipakai lagi.

Jangan Men-Scan Jari Dalam Keadaan yang Kotor

Kotoran yang terdapat pada jari tangan kamu akan menghalangi smartphone dalam membaca sidik jari, atau bahkan sampai menjadi tak berfungsi sama sekali karena adanya debu-debu halus yang terlalu banyak masuk ke dalam sensor melalui celah pada panel fingerprint.

Alangkah baiknya kamu membersihkan terlebih dahulu jari tangan kamu sebelum mengakses fingerprint tersebut.

Simpan Smartphone Anda Dengan Bijak

Smartphone saat ini hadir dengan tombol sensor sidik jari yang diletakkan dengan beragam posisi, ada yang disamping, belakang, dan depan.

Namun, secara umum produsen biasanya akan menempatkan sensor sidik jari dibagian depan bersamaan dengan tombol home atau terletak dibagian belakang di bawah kamera utama.

Maka cara untuk merawat sensor sidik jari agar tetap awet yakni dengan selalu menyimpan smartphone dengan baik dan bijak agar tombol keamanan tersebut tak mudah rusak.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Fingerprint atau Sidik Jari yang Error

Penyimpanan smartphone yang benar tentu akan sangat berguna untuk mencegah tombol sensor sidik jari tergores. Karena tombol ini dirancang khusus untuk bisa mengenali pola sidik jari penggunanya. Bila permukaannya tergores, kemungkinan tombol tersebut pun tak akan bisa memindai lagi.

Nah, demikianlah beberapa cara merawat sidik jari agar tidak cepat rusak dan tetap berfungsi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here