RANCAH POST – LINE merupakan salah satu aplikasi yang cukup digemari oleh para pengguna smartphone karena mempunyai ciri khas yang berbeda pada bagian sticker dan emojinya. Namun tak sedikit pula yang mengeluhkan LINE yang mengalami error. Lalu gimana sih cara mengatasi LINE yang error yang baik dan benar?

Dengan menggunakan LINE, akan memudahkan para penggunanya dalam berbagi dan chatting bersama teman, keluarga, saudara, atau bahkan kekasih tersayang.

Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika beberapa pengguna LINE sering mengalami masalah pada saat membuka atau menjalankan aplikasi tersebut. Penyebab mengenai LINE yang mengalami error, force close atau tidak bisa dibuka memang sangatlah sederhana.

Pada umumnya hal ini terjadi akibat adanya penumpukan cache, memori RAM yang sudah penuh, adanya virus, dan bisa juga karena corrupt pada aplikasi LINE. Untuk mengatasinya, maka kamu bisa melakukan beberapa metode dan cara mengatasi LINE yang error berikut ini agar bisa kembali normal.

Cara mengatasi LINE yang error

Hapus file cache android

Selain akan menghasilkan error pada aplikasi LINE, cara ini juga bisa mengoptimalkan smartphone android agar bisa bekerja dengan lebih cepat dan lebih ringan.

Tak hanya pada aplikasi LINE saja, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk aplikasi yang lainnya misalnya Google Play Store, Instagram, WeChat, WhatsApp, Facebook dan masih banyak yang lainnya.

Paksa dan hapus data LINE

Cara mengatasi LINE yang error juga bisa kamu lakukan dengan menghentikan dan menghapus data LINE yang artinya menghapus keseluruhan data yang bersifat sementara secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, temporary, dan lainnya.

Dengan cara ini, maka aplikasi LINE kamu akan kembali seperti dalam keadaan default lagi dan akun kamu akan menjadi keluar.

Update LINE android

Jika dengan cara diatas, LINE di android kamu ternyata masih mengalami error maka kamu bisa mencoba cara lain dengan melakukan update ke versi terbaru. Biasanya cara ini akan cukup membantu dalam mengatasi masalah di aplikasi LINE yang corrupt atau kehilangan beberapa file program utama.

Install ulang aplikasi LINE

Dari semua metode yang telah dibahas sebelumnya, tentunya dengan menginstall ulang aplikasi merupakan salah satu cara terbaik dalam mengatasi LINE yang error dan tak bisa dibuka.

Caranya pun sangatlah sederhana, kamu hanya perlu menghapus aplikasi LINE, lalu hapus cache dengan aplikasi cleaner, dan restart. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengunduh kembali aplikasi LINE dari Google Play Store.

Update OS android

Cara mengatasi LINE yang error dan yang harus kamu lakukan yakni dengan mengupdate sistem UI android kamu. Selain akan meningkatkan stabilitas sistem dan performanya, aplikasi yang terinstal pun akan terasa lebih maksimal pada saat digunakan.

Sebagai catatan, metode ini hanya dapat kamu lakukan pada saat update sistem tersedia. Jika tidak, maka kamu bisa mengabaikan saja metode yang satu ini.

Cek konektivitas internet

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, kamu pun harus memperhatikan koneksi internet android kamu. Hal ini memang terkadang diabaikan oleh sebagian pengguna karena mereka merasa aplikasinya yang bermasalah, padahal yang terjadi ialah koneksi internet yang lambat, entah itu menggunakan paket data ataupun koneksi WiFi.

Maka cara yang harus kamu lakukan yakni dengan mencoba tes dengan membuka aplikasi lain misalnya YouTube, Facebbok atau yang lainnya. Jika ternyata koneksinya juga lambat, maka kamu harus segera memperbaikinya.

Cara yang bisa kamu gunakan yakni dengan menggunakan metode pesawat terbang selama beberapa saat untuk mencari dan mendapatkan sinyal baru.

Matikan smartphone android, lepaskan baterai, SIM card, dan SD card

Cara mengatasi LINE yang error terakhir yang bisa kamu coba lakukan yakni dengan mematikan android kamu kemudian mencabut baterai, SIM card, dan Memori card.

BACA JUGA: Cara Agar WhatsApp Selalu Online Meskipun Sedang Tidak Dibuka

Diamkan selama beberapa menit agar tak ada daya yang masuk pada smartphone. Jika sudah, kamu bisa memasang dan menyalakannya kembali.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi LINE yang error dan tak bisa dibuka. Semoga dengan cara-cara diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.

Share.

Leave A Reply