Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Melacak Hp yang Hilang dan Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp yang Hilang dan Dalam Keadaan Mati

RANCAH POST – Melacak HP yang hilang dalam keadaan yang masih menyala mungkin itu bisa dikatakan mudah. Namun apa jadinya jika HP yang hilang tersebut dalam keadaan mati, apakah ada cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati?

Mungkin tak sedikit orang yang pernah mengalami HP yang hilang, entah itu karena jatuh atau diambil oleh peencuri. Tentu pada saat kehilangan HP kesayangan tersebut, kamu akan melakukan beberapa cara agar HP kamu bisa kembali lagi, bukan?

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa melacak HP yang hilang meskipun mungkin tak secara pasti dapat menunjukkan lokasi ponsel yang hilang tersebut.

Akan tetapi, kamu bisa saja menggunakan cara berikut ini dengan menggabungkan atau mengkolaborasikan beberapa diantaranya agar bisa menganalasisa dan melacak keberadaan ponsel yang hilang tersebut. Langsung aja yuk ini dia beberapa caranya, antara lain:

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati

Menggunakan Google Location History

Jika fitur Find My Device cocok kamu gunakan sebagai cara melacak HP yang hilang dalam keadaan yang menyala, maka Location History ini merupakan sebuah fitur Google yang mencatat setiap pergerakan kamu, dan bisa digunakan untuk memberitahu posisi terakhir ponsel sebelum mati.

Fitur ini tentu akan sangat berfungsi pada saat melacak HP yang hilang, kecuali jika kamu pernah dengan sengaja mematikan Location Tracking di ponsel, ya.

Caranya pun sangatlah sederhana cukup dengan membuka browser, kemudian login pada akun Google kamu, dan kunjungi Google Maps Timeline. Maka di dalamnya kamu akan dapat mengatur jejak lokasi dengan berdasarkan tanggal.

Mulailah dengan tanggal terbaru (hari ini), jika ternyata tak ada data, maka sudah bisa dipastikan jika si maling telahb mematikan HP nya, atau mencabut kartu SIM yang terpasang di smartphone kamu, atau mematikan GPS. Namun, jangan panik terlebih dahulu, kamu masih bisa mengecek pada tanggal kemarin, dan seterusnya.

Melihat dari CCTV di lokasi saat HP hilang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika cara melacak HP yang hilang ini merupakan upaya terakhir yang bisa kamu lakukan, maka bisa berhasil atau tidak.

Nah mengenai cara kali ini kamu bisa menggunakan CCTV yang juga bisa kamu gunakan bersamaan dengan Google Location History agar bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai keberadaan ponsel.

Mungkin dengan tiba-tiba, data Location History akan menjadi terputus, yang artinya jika si maling telah membongkar ponsel. Kamu pun bisa mencari CCTV terdekat dengan lokasi yang diberikan oleh Location History.

Dan perlu kamu ketahui kini di kota-kota besar Indonesia memang telah dipasang CCTV di berbagai penjuru jalanannya.

Meskipun CCTV ini bukanlah metode lengkap yang bisa langsung memberitahu keberadaan ponsel kamu yang hilang, namun setidaknya hal ini bisa menjadi tambahan atau bantuan untuk digabungkan dengan metode lainnya.

Menghubungi kontak operator

Tentu kamu akan bertanya-tanya dengan cara melacak HP yang hilang satu ini, dan apa sih hubungannya dengan operator? Hal ini karena semua HP tentu akan mempunyai kartu SIM di dalamnya, dan kartu SIM kamu itu akan selalu terhubung dengan tower-tower pemancar jaringan telekomunikasi.

Lokasi ponsel juga bisa dilacak dengan menggunakan triangulasi. Ini adalah pada saat kartu SIM terhubung pada 3 tower, data jarak SIM ke masing-masing tower dan posisi setiap tower bisa diolah untuk menunjukkan posisi ponsel tersebut.

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya jika si maling akan mencabut kartu SIM yang terdapat pada ponsel di tempat yang aman, misalnya rumah, maka kamu pun tetap bisa melacak lokasi rumahnya.

BACA JUGA: Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan

Dengan begitu, siapa lagi yang mempunyai data itu selain operator? Maka tak ada salahnya jika kamu mencoba menghubungi operator dan meskipun responnya akan berbeda-beda. Namun tak ada salahnya bukan untuk mencoba?

Nah itulah tiga cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati yang bisa kamu lakukan. Walaupun pada umumnya sangatlah sulit melacak HP dalam keadaan mati, akan tetapi bisa saja kamu bisa melacaknya dengan menggunakan cara-cara di atas. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,383FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan