Senin, 13 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Lagu di Smartphone

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Lagu di Smartphone

RANCAH POST – Kenapa musik player android tak bisa memutar lagu MP3? Dan pernahkah kamu mengalami masalah semacam ini? Jika iya, tentunya saat ini kamu sedang merasa kebingungan mencari cara mengatasi tidak bisa memutar lagu di smartphone kamu tersebut.

Pada setiap perangkat android tentu sudah dilengkapi dengan Aplikasi Musik Player. Dan aplikasi tersebut bisa melakukan scanning di semua fiel Audio, baik itu yang terdapat pada Internal Card atau juga yang terdapat pada Eksternal Card (Micro SD).

Menurut informasi yang didapatkan jika aplikasi bawaan ini pada umumnya jarang sekali mengalami error maupun rusak, karena kebanyakan aplikasi yang error biasanya dari aplikasi tambahan yang kamu install sendiri dari Google Play atau yang lainnya.

Ada beberapa faktor penyebab yang menjadikan aplikasi musik player kamu tidak bisa memutar file audio. Mungkin saja salah satunya karena file lagu yang sudah terhapus atau hilang tetapi judul lagunya masih terlihat di daftar list musik player.

Sehingga kamu pun mengira jika lagu tersebut masih ada, meskipun pada aslinya lagu tersebut sudah tidak ada. Hal ini disebabkan oleh file cache yang tak dihapus, sehingga seolah-olah file lagu masih ada.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya kamu melakukan cara mengatasi tidak bisa memutar lagu di smartphone berikut ini yuk:

Cara mengatasi tidak bisa memutar lagu di smartphone

Menghapus cache aplikasi

Menghapus cache aplikasi merupakan salah satu cara mengatasi tidak bisa memutar musik yang bisa kamu lakukan. Karena terkadang file cache akan menjadikan aplikasi menjadi error, misalnya dengan muncul keterangan “No Media Found” padahal di Internal dan Eksternal card ada banyak file lagu.

Untuk itulah kamu harus melakukan scanning pada aplikasi musik player, mungkin saja banyak terdapat file cache. Gunakan pula aplikasi CClener , atau Clean Master untuk melakukan scanning dan membersihkan file cache tersebut.

Bersihkan data aplikasi

Cara mengatasi tidak bisa memutar lagu yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan membersihkan data aplikasi yang bermaksud agar aplikasi terlihat lebih fresh dan segar.

Namun sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu jika menghapus data aplikasi akan menghilangkan semua konfigurasi pengaturan seperti Playlist, Favorit, Equalizer, dan fitur konfigurasi lainnya.

Caranya, kamu hanya perlu masuk pada menu Settings> Apps> Kemudian cari aplikasi musik player yang biasa kamu gunakan, kemudian Klik Clear data, Clear cache dan Force stop.

Reboot smartphone

Matikan smartphone android kamu, kemudian lepas baterai, SIM card, dan Micro SD. Diamkan selama beberapa saat agar tak ada energy yang masuk ke dalam smartphone itu sendiri. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali.

Sebagai alternatif, kamu pun bisa menginstall musik player lainnya yang mungkin saja tak terjadi error dan bisa memutar lagu MP3. Cobalah untuk mencari dan mengunduh aplikasi musik player melalui Google Play Store.

Pasang aplikasi musik player alternatif

Jika semua cara mengatasi tidak bisa memutar lagu tetap tak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada smartphone kamu, maka cara terakhir yang kamu bisa lakukan yakni dengan menginstall aplikasi musik palyer alternatif lainnya.

BACA JUGA: 4 Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik Sepanjang Masa

Perlu kamu ketahui, ada banyak sekali pemutar musik yang terdapat di Google Play Store. Kamu hanya tinggal mencari dan mengunduhnya untuk kamu pasang di smartphone dan tablet android sebagai alternatif yang bisa kamu lakukan agar bisa kembali menikmati lagu favorit kamu.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi tidak bisa memutar musik MP3 di smartphone yang bisa kamu coba, semoga bisa membantu dan bermanfaat ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,361FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan