Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Beragam Tips Menghindari Pencurian Saldo Gopay Agar Tetap Aman

Beragam Tips Menghindari Pencurian Saldo Gopay Agar Tetap Aman

RANCAH POST – Tak sedikit orang yang selalu menggunakan dompet digital GoPay untuk melakukan transaksi sehari-hari, apakah kamu pun salah satunya? Jika iya, mendingan kamu melakukan tips menghindari pencurian saldo GoPay berikut ini.

Menawarkan beragam kemudahan dan kepraktisan untuk para penggunanya, saat ini dompet digital menjadi solusi yang banyak dipilih semua orang yakni bertransaksi dengan cara yang online.

Terlebih banyak sekali program promosi yang diberikan pada setiap minggunya sehingga membuat aplikasi dompet digital satu ini menjadi lebih banyak lagi diminati oleh para pengguna smartphone.

Sayangnya, semua kelebihan yang ditawarkan tersebut bukan tanpa risiko yang mungkin dihadapi oleh penggunanya, salah satunya risiko pencurian saldo GoPay.

Tentunya kamu tak mau kejadian tersebut terjadi menimpa kamu, bukan? Oleh karena itu ini dia beragam tips menghindari pencurian saldo GoPay yang bisa kamu lakukan agar saldo kamu tetap aman.

Tips menghindari pencurian saldo GoPay

Jangan bagikan kode OTP pada siapapun

Tips menghindari pencurian saldo GoPay yang pertama yakni dengan tidak membagikan kode OTP kamu pada siapapun. Karena kode OTP atau One Time Password kini telah menjadi sistem keamanan yang banyak digunakan untuk meningkatkan keamanan untuk penggunanya.

Kode OTP sendiri merupakan kata sandi sekali pakai yang digunakan untuk melanjutkan transaksi online maupun login ke semua akun.

Oleh karena itu, sifatnya yang rahasia dan sekali pakai itulah yang membuat kamu harus berhati-hati dengan setiap kode OTP yang didapat.

Jangan pernah sekalipun memberikan kode OTP tersebut pada siapapun termasuk pada oknum yang mengaku-ngaku dari perusahaan GO-JEK selaku penyedia layanan dompet digital GoPay tersebut.

Hal itu dikarenakan pihak GO-JEK sendiri tak akan pernah meminta kode OTP tersebut pada setiap penggunanya.

Tidak sembarangan berikan data pribadi

Tak hanya kode OTP saja, data pribadi pun tentunya menjadi salah satu hal yang harus kamu jaga kerahasiaannya. Dan alangkah baiknya kamu jangan pernah sembarang memberikan data pribadi pada orang lain yang tak kamu kenal termasuk pada orang yang mengatasnamakan dirinya dari perusahaan GO-JEK.

Apalagi jika orang tersebut menghubungi kamu dengan menggunakan nomor telepon pribadi ataupun via email yang tak menggunakan domain @go-jek.com yang merupakan email resmi perusahaan.

Jangan hubungkan akun perbankan ke aplikasi GO-JEK

Tips menghindari pencurian saldo GoPay yang berikutnya yaitu dengan tidak menghubungkan akun perbankan baik itu kartu kredit ataupun debit kamu ke aplikasi GO-JEK, ya.

Meskipun dengan menghubungkannya kamu akan mendapat kemudahan untuk melakukan login top up saldo GoPay, namun di sisi lain hal itulah yang justru akan memperburuk keadaan saat aplikasi kamu terkena hack.

Bukan hanya akan kehilangan saldo GoPay saja, pelaku pun bisa dengan mudahnya menguras semua saldo yang ada pada rekening bank yang terhubung dengan aplikasi GO-JEK.

Gunakan PIN

Masih membiarkan aplikasi-aplikasi penting yang terdapat di smartphone kamu bisa diakses dengan mudahnya oleh siapa saja? Ada baiknya mulai saat ini kamu menggunakan PIN keamanan, deh!

Bukan hanya menggunakan password untuk mengunci layar saja, PIN aplikasi juga menjadi salah satu hal sangat penting yang juga harus kamu pertimbangkan untuk kamu gunakan pada aplikasi-aplikasi yang penting.

Dengan menggunakan PIN maka setidaknya menjadi salah satu tips menghindari pencurian saldo GoPay yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Terlebih hal ini juga bisa kamu jadikan sebagai langkah antisipasi untuk berjagaa-jaga jika suatu saat HP yang kamu gunakan hilang.

Jangan mudah percaya

Tips menghindari pencurian saldo GoPay yang terakhir juga tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya ialah jangan mudah percaya dengan segala informasi yang kamu dapatkan.

Mengingat kasus pencurian saldo GoPay ini menggunakan beragam modus yang berbeda-beda, maka diusahakan untuk kamu tak langsung begitu saja percaya pada saat ada telepon atau informasi yang mengatasnamakan pihak GO-JEK.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Saldo GOPAY Gratis

Apalagi jika oknum tersebut memaksa kamu agar memberikan kode OTP, data pribadi, atau hal penting lainnya yang akan merugikan diri kamu sendiri.

Nah, itu dia beberapa tips menghindari pencurian saldo GoPay yang bisa kamu terapkan. Pada intinya, kamu jangan pernah mudah percaya dengan segala informasi yang diberikan oleh oknum yang mengaku dari GO-JEK dan jangan pernah sembarangan memberikan data pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,383FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan