Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 6 Tips Memilih Jenis Printer Berkualitas Sebelum Membelinya

6 Tips Memilih Jenis Printer Berkualitas Sebelum Membelinya

RANCAH POST – Kegiatan cetak-mencetak merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Karena pada saat ini, mencetak segala sesuatu sangatlah mudah karena adanya dukungan teknologi dan alat yang bisa digunakan untuk mencetak sesuatu seperti printer misalnya. Namun, sebelum membeli dan menggunakannya kamu harus tahu beberapa tips memilih printer berkualitas ini terlebih dahulu.

Printer merupakan sebuah perangkat keras output yang sering digunakan untuk mencetetak sebuah dokumen ataupun gambar di atas sebuah kertas yang sebelumnya sudah disiapkan. Printer sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 80-an.

Pada saat itu printer sudah menjadi pengganti dari mesin tik yang semakin lama semakin terus mengalami perubahan, mulai dari jenis dan teknologi yang digunakan. Dulunya, printer membutuhkan waktu yang lama agar bisa mencetak sebuah dokumen serta hanya bisa mengeluarkan tinta berwarna hitam dan putih saja.

Namun seiring berkembangnya zaman, printer kini telah mengalami perubahan yang sangat pesat dari mulai yang dulunya membutuhkan waktu lama untuk mencetak kini printer sudah bisa digunakan dengan sangat cepat.

Tak hanya itu, pada saat ini varian warna yang bisa dihasilkan juga sangatlah beragam. Fitur-fitur tambahan dalam printer juga cukup lengkap maka bisa membuat semua orang harus memilikinya untuk memudahkan beragam pekerjaan.

Nah, untuk para mahasiswa dan pekerja kantoran, tentunya dengan adanya printer tentu akan menjadikan pekerjaan menjadi cepat dan mudah untuk dikerjakan. Namun untuk membelinya, kamu harus memperhatikan beberapa tips memilih printer berkualitas berikut ini.

Tips-tips memilih printer berkualitas

Pilihlah merek printer dengan kualitas yang bagus

Ada banyak sekali merek printer yang tersebar di pasaran. Mulai dari merek yang terkenal hingga merek yang jarang diketahui. Namun sangat disarankan jika ingin membeli printer, pilihlah merek yang sudah terkenal saja.

Karena biasanya merek printer yang terkenal mempunyai kualitas yang bagus, dan juga merek-merek yang sudah lama terkenal pun akan jauh lebih teruji kualitasnya.

Sederet merek printer yang bisa kamu beli misalnya Canon, Epson, HP, dan masih banyak lagi beragam merek printer lainnya yang sudah lama berkecimpung dalam dunia perperinteran.

Beli printer yang masih baru

Tips memilih printer berkualitas yang harus kamu lakukan yakni dengan membeli printer yang masih baru. Tak usah khawatir mengenai harga, karena saat ini harga printer sudah sangat terjangkau dan tak terlalu mahal.

Selain mendapatkan kondisi yang bagus, kamu pun akan mendapatkan garansi dari pabrik dan distributor yang memproduksi printer tersebut.

Perhatikan garansi printer

Tips memilih printer berkualitas yang harus kamu perhatikan pada saat membelinya yakni dengan memperhatikan garansinya. Apabila garansi yang diberikan oleh distributor hanya sebentar, maka kamu bisa mencari printer lain yang memberikan waktu garansi yang lebih lama.

Dengan lamanya jangka waktu garansi yang di berikan, maka menunjukkan keseriusan pabrik maupun ddistributor dengan kualitas produk yang mereka produksi dan jual.

Cek kondisi printer

Melakukan pengecekan terhadap printer yang ingin kamu beli merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Walaupun kamu akan membeli printer yang masih baru, namun hal ini tetap saja harus kamu lakukan.

Karena printer baru juga bisa saja mengalami cacat produk maupun gangguan pada sistem oprasionalnya. Kamu pun harus mengecek keadaan printer yang akan kamu beli berjalan dengan lancar atau tidak.

Beli printer sesuai dengan kebutuhan

Tips memilih printer berkualitas berikutnya yaitu kamu harus memikirkan terlebih dahulu untuk kebutuhan apa kamu akan membeli sebuah printer.

Jika kamu hanya membutuhkannya untuk mencetak dokumen berupa Excel maupun Word saja dan dengan jumlah yang sedikit, maka kamu bisa membeli sebuah printer deskjet dengan cartidge. Karena jenis printer tersebut sangatlah mudah untuk di rawat dan juga lebih tahan lama.

Apalagi jika kamu menggunakan printer tersebut untuk mencetak dokumen dengan jumlah yang sedikit saja. Namun jika kamu membutuhkan printer yang memiliki multifungsi, maka kamu wajib membeli printer yang mempunyai tipe laser dengan tinta yang berwarna.

Memperhatikan layanan after sales

Jika kamu sudah mengecek kondisi dari printer yang akan kamu beli, maka tips memilih printer berkualitas yang juga harus kamu perhatikan yaitu layanan after sales yang diberikan oleh distributor dari printer tersebut.

BACA JUGA: Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik

Kamu harus memilih distributor yang memberikan layanan after sales yang baik. Karena hal ini berhubungan erat pada saat kamu melakukan klaim garansi dan proses service printer kamu jika mengalami kerusakan. Dengan layanan after sales yang baik, maka kamu akan semakin nyaman.

Nah itulah 6 tips memilih printer berkualitas dan bagus yang bisa kamu jadikan sebagai referensi pada saat akan membeli printer. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,646FansSuka
1,817PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan