Kamis, 4 Juni 2020
Beranda Teknologi Aplikasi Penyebab Android Tidak Bisa Install Aplikasi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Android Tidak Bisa Install Aplikasi dan Cara Mengatasinya

RANCAH POST – Untuk kamu yang tengah mengalami masalah mengenai smartphone android yang tidak bisa install aplikasi tentu akan merasa sedih, bingung dan kesal. Oleh karena itu, yuk ketahui penyebab android tidak bisa install aplikasi dan cara mengatasinya.

Namun, tak usah khawatir lagi karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Sebelumnya kamu pun harus tahu terlebih dahulu apa sih faktor yang menjadi penyebab android tidak bisa install aplikasi.

Biasanya pada saat pengguna android gagal dalam melakukan penginstallan akan muncul pesan error seperti “Out of space”, Application cannot be installed in the default installation lovation”, Insufficient storage available”, “Tidak cukup ruang pada perangkat”, “Ruang penyimpanan penuh”, dan pesan yang lainnya.

Nah, dari pesan-pesan tersebut tentu saja kamu sudah bisa mengetahui dan paham mengapa android tak bisa install aplikasi. Penyebab umum yang sering terjadi pada pengguna android yakni memori penuh atau tidak adanya ruang kosong untuk file instalasi.

Tak hanya itu, banyak pengguna android yang juga tak memperhatikan masalah cache atau file yang sementara. Padahal, file tersebut jika tak ditangani dengan benar bisa jadi akan terus menumpuk dan menjadikan smartphone kamu error, dan salah satunya tidak bisa menginstall aplikasi.

Penyebab dan cara mengatasi android tidak bisa install aplikasi

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa penyebab android tidak bisa install aplikasi dan cara mengatasinya, antara lain:

Penyebab android tidak bisa install aplikasi

Belum memberikan perizinan instalasi

Sebelum melakukan instalasi, pastikan kamu telah melakukan perizinan pada file apk. Hal ini dilakukan supaya android kamu bisa menginstall aplikasi dari pihak ketiga atau diluar dari Google Play Store.

Sering menginstall dan menghapus aplikasi

Penyebab android tidak bisa install aplikasi juga bisa saja terjadi jika kamu sering menginstall dan menghapus aplikasi android, dan sebaiknya kamu melakukan penghapusan juga pada file cache atau residual file.

Kenapa harus dihapus? Perlu kamu ketahui jika pada saat menginstall apapun menghapus aplikasi android akan meninggalkan file sementara dan folder kosong yang terkadang bisa menjadikan aplikasi lain menjadi error dan macet, termasuk tak bisa install aplikasi.

Smartphone android tak kompatibel

Terkadang proses instalasi aplikasi gagal terjadi karena aplikasi tersebut tak mendukung atau tidak kompatibel dari segi hardware dan software. Maka dari itu, sebaiknya jika ingin menginstall aplikasi, install dari Google Play Store langsung, ya.

Karena tak hanya aman, aplikasi dari Google Play Store juga bisa menyesuaikan dari versi OS android itu sendiri, sehingga kemungkinan berhasil lebih besar jika dibandingkan dengan menginstall dari file Apk.

Cara mengatasi android tidak bisa install aplikasi

Setelah kamu mengetahui beberapa faktor penyebab android tidak bisa install aplikasi di atas, langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Meskipun cara ini tak akan menjamin bisa berhasil 100%, namun tak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Hapus aplikasi yang tak begitu penting

Mode pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan menghapus aplikasi yang sekiranya tak begitu penting ada pada smartphone kamu.

Mengapa? Aplikasi yang tak pernah kamu gunakan sebenarnya tak perlu kamu pertahankan, sebaiknya hapus aplikasi tersebut agar memori internal kamu terlihat lebih lega dan leluasa dalam menerima file atau aplikasi baru.

Tak hanya itu, menghapus aplikasi juga bisa kamu gunakan juga bisa menghemat penggunaan RAM dan memori internal.

Caranya pun cukup mudah hanya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Nama Aplikasi”> Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Bersihkan cache aplikasi

Cara mengatasi android tidak bisa install aplikasi juga bisa kamu lakukan dengan membersihkan file sampah pada semua aplikasi. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan aplikasi cleaner yang terdapat pada smartphone android kamu.

Aplikasi tersebut sangatlah berguna bagi menghapus file sampah yang bisa saja menjadi salah satu penyebab android tidak bisa install aplikasi.

Lebihnya lagi, penghapusan juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Jangan khawatir, jika kamu tak mempunyai aplikasi cleaner, kamu bisa lakukan dengan cara yang manual, kok!

Caranya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Nama Aplikasi”> Kemudian tap “Hapus Cache”.

Bersihkan data google play store

Jika kamu mengalami masalah saat menginstall aplikasi dari Google Play Store, maka kemungkinan besar, Google Play Store juga akan bermasalah sehingga menjadi penyebab android tidak bisa install aplikasi.

Keluhan memang banyak sekali datang dari para pengguna android yang mempunyai masalah pada Google Play Store, mulai dari error, macet, tidak bisa install aplikasi, gagal mengunduh aplikasi, dan masih banyak lagi.

Nah untuk bisa menghapus data Google Play Store yakni dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Semua> Cari Aplikasi “Google Play Store”> Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Factory reset android

Apabila semua metode di atas sudah kamu coba namun tidak berhasil mengatasi masalah yang kamu alami, maka solusi terakhir yang bisa kamu coba yakni melakukan reset smartphone android.

Cara ini akan mengembalikan ponsel android pada kondisi awal atau pabrik. Sebenarnya ini bukan solusi yang tepat, tetapi karena masalahnya begitu rumit maka Factory Reset merupakan pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Cara Menginstall Aplikasi Internet Download Manager di Android

Caranya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Buat Cadangan dan Reset> Kemudian tap “Hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat di bongkar”.

Nah itulah beberapa penyebab android tak bisa install aplikasi dan cara mengatasinya. Semoga saja dengan metode di atas masalah smartphone kamu bisa teratasi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,598FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x