Jumat, 23 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Gmail yang Tidak Bisa Dibuka Dan Error

Cara Mengatasi Gmail yang Tidak Bisa Dibuka Dan Error

RANCAH POST – Pernah mengalami Gmail yang tiba-tiba error sehingga kamu tak bisa membukanya? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi gmail tidak bisa dibuka yang dapat kamu coba dan kamu jadikan sebagai solusinya.

Gmail sendiri merupakan salah satu layanan pesan email atau surel besutan dari Google Inc. yang diluncurkan secara publik dengan versi full (bukan beta) pada tanggal 7 Juli 2009 lalu.

Hingga saat ini, pengguna Gmail sudah sangat banyak, bahkan bisa dibilang paling banyak jika dibandingkan dengan layanan surel lainnya misalnya Yahho! dan juga HotMail.

Kali ini, para pengguna Gmail juga tersinkronisasi dengan smartphone android maka tentunya pada setiap pesan yang masuk dapat dibalas langsung dan ini pun sangat memudahkan sekali untuk para penggunanya.

Akan tetapi sangat disayangkan, sebagaian pengguna ada yang mengalami beragam masalah pada aplikasi Gmail ini, hal ini bisa saja disebabkan karena banyaknya bugs atau munculnya pesan error yang bertuliskan “sayangnya, gmail telah berhenti“, “gmail tidak menanggapi“, dan lainnya.

Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi Gmail tidak bisa dibuka berikut ini:

Cara mengatasi gmail tidak bisa dibuka

Restart Smartphone

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sangatlah sederhana yakni hanya dengan melakukan restart pada smartphone android kamu. Karena pada umumnya, dengan melakukan hal ini masalah pada aplikasi tertentu, khusunya Gmail ini bisa kembali normal.

Akan tetapi hal ini belum pasti, dan jika ternyata kamu tidak berhasil menggunakan cara ini maka kamu masih bisa mencoba cara yang lain, ya.

Hapus Cache Gmail

Cara mengatasi gmail tidak bisa dibuka yang selanjutnya yakni dengan kamu memebersihkan file sampah yang terdapat pada aplikasi Gmail di HP android kamu. Penumpukan file sampah yang berlebih tentu akan menjadikan kinerja aplikasi menjadi kurang maksimal.

Sehingga aplikasi tersebut menjadi tidak bisa dibuka atau bahkan akan sering memunculkan pesan error karena terlalu lambat dan berat.

Kamu bisa melakukannya dengan rutiun membersihkan cache menggunakan aplikasi keamanan atau aplikasi pihak ketiga misalnya CCleaner, Clean Master, dan masih banyak yang lainnya.

Atau kamu bisa membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Kemudian cari Gmail> Dan tap Hapus Cache.

Hapus Data Gmail

Cara mengatasi gmail tidak bisa dibuka yang satu ini biasanya akan sangat ampuh dalam menangani aplikasi-aplikasi yang mempunyai masalah, entah itu tidak bisa dibuka atau memunculkan pesan error tertentu.

Dengan menghapus data, maka akan menghilangkan data yang bersifat sementara di aplikasi misalnya cache, basis data, data login, history, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tenang saja, karena semua pesan di Gmail kamu tak akan terhapus karena semuanya akan tersimpan di server Google bukan pada HP android yang kamu gunakan, ya.

Untuk menghapus data tersebut kamu bisa melakukannya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari Gmail> Kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Update Gmail Android

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk melakukan update pada aplikasi Gmail di HP android kamu. Hal ini bisa kamu lakukan jika Gmail kamu belum pada versi yang baru.

Kamu bisa melakukannya dengan cara membuka Google Play Store> Aplikasi & Game Saya> buka Gmail> Lalu tap Update untuk melakukan pembaruan.

Install Ulang Gmail

Apabila semua cara mengatasi gmail tidak bisa dibuka sebelumnya ternyata masih tidak berhasil, maka coba lakukan cara install ulang berikut ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan menghapus aplikasi tersebut, kemudian bersihkan file sampah lalu lakukan restart. Setelah itu, barulah nanti ada install kembali aplikasi Gmail langsung melalui Google Play Store.

Kamu bisa melakukannya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari Gmail> Kemudian tap Copot Pemasangan.

Nah, dengan adanya beberapa tips mengatasi gmail tidak bisa dibuka di atas, semoga aplikasi Gmail kamu bisa teratasi dan bisa digunakan kembali seperti biasanya ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan