Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Video di Instagram yang Error dan Tidak Bisa Diputar

Cara Mengatasi Video di Instagram yang Error dan Tidak Bisa Diputar

RANCAH POST – Tak sedikit orang mungkin pernah mengalami instagram error, salah satunya video yang tak bisa diputar. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan cara mengatasi video Instagram error dan tidak bisa diputar dengan mudah dan simpel.

Instagram merupakan salah satu sosial media yang cukup banyak digandrungi oleh semua orang, mulai dari anak muda hingga orang dewasa, bahkan para artis sekali pun menjadikannya sebagai tempat berbagi foto dan video.

Kini di zaman maraknya foto selfie, menjadikan Instagram menjadi sosial media terbaik yang digunakan untuk ajang berbagi foto. Namun, tak hanya foto saja, video lucu dan inspiratif juga sering di upload oleh para pengguna Instagram.

Biasanya para penggu Instagram akan mengupload video dengan durasi yang pendek dan singkat namun mempunyai kesan yang menarik dan seru untuk diputar.

Video yang tidak bisa diputar itu mungkin bisa saja disebabkan oleh adanya penumpukan cache yang tak pernah dibersihkan sebelumnya. Karena masalah cache yang satu ini memang kerap sekali di abaikan oleh para pengguna smartphone.

Untuk menangani masalah tersebut, kamu bisa mencoba melakukan beragam cara mengatasi video Instagram error dan tidak bisa diputar berikut ini:

Cara mengatasi video Instagram error tidak bisa diputar

Periksa konektivitas internet

Pastikan koneksi internet di HP Android kamu benar-benar lancar. Hal ini untuk memastikan jika video yang tidak bisa diputar bukan disebabkan oleh koneksi internet yang lambat.

Jikapun terjadi kelambatan, kemungkinan karena kualitas jaringan atau provider yang kurang memadai. Tak hanya itu, lokasi akses yang minim akan sinyal tentu menjadi ulasan video tak bisa diputar.

Update aplikasi Instagram

Jika saat ini Instagram yang kamu gunakan masih versi lama, sebaiknya kamu melakukan update terlebih dahulu ke dalam versi terbaru saat ini.

Cara mengatasi video Instagram error dan tidak bisa diputar ini bertujuan agar kerusakan yang terdapat pada file bisa diperbaiki dan kamu bisa mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

Langkahnya pun sangatlah mudah kamu hanya perlu membuka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Instagram” dan kamu bisa mencoba tap “Update” dan “Terima”.

Bersihkan cache di Instagram

Penumpukan history pencarian dan cache bisa saja menjadi salah satu yang mengakibatkan masalah video yang tidak bisa diputar tersebut. Sebaiknya, gunakan aplikasi pihak ketiga, yakni aplikasi clean master sebagai solusi untuk membersihkan cache memori tersebut.

Atau jika ingin menghapus file sampah dengan cara yang manual, silahkan kamu pergi ke meu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> cari “Instagram”> Lalu tap “Hapus Cache”.

Hentikan dan hapus data Instagram

Force stop berguna untuk menghentikan aplikasi dengan cara paksa, sedangkan clean data bermanfaat dalam menghapus semua data android seperti data login, history, dan juga cache.

Nah, jika kamu bisa melakukan cara mengatasi video Instagram error dan tidak bisa diputar dengan menghentikan dan menghapus aplikasi dengan paksa maka kamu harus melakukan langkah-langkahnya secara tepat.

Kamu harus membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Instagram”> Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Intsall ulang aplikasi

Jika kamu telah melakukan update namun tetap tak bisa memutar video Instagram, alangkah baiknya kamu menghapus dulu aplikasi tersebut.

Namun pastikan terlebih dahulu kamu menghapus secara total dan bersih, ya. Kemudian kamu bisa mengunduh kembali secara langsung melalui Google Play Store, dan tidak disarankan untuk kamu menggunakan file apk.

Cara mengatasi video Instagram error dan tidak bisa diputar menggunakan langkah satu ini cukup dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Instagram”> Kemudian “Hapus Instalasi”.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Tautan Tidak Diizinkan di Instagram

Restart android terlebih dahulu

Setelah melakukan install ulang, maka sangat disarankan untuk kamu melakukan restar ulang smartphone maupun tablet android. Hal ini bertujuan agar aplikasi bisa berjalan dengan normal dan berjalan mulai dari nol kembali.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi video Instagram yang error dan tak bisa diputar. Lakukan cara-cara tersebut satu-persatu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,640FansSuka
1,817PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan