Jumat, 25 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Kamera Smartphone Error dan Rusak

Cara Mengatasi Kamera Smartphone Error dan Rusak

RANCAH POST – Smartphone pada saat ini memang tengah menjadi barang elektronik yang sangat penting untuk semua orang. Seperti yang diketahui hampir semua jenis smartphone mempunyai kamera yang lumayan bagus. Namun, apakah kamu pernah mengalami masalah pada kamera HP kamu dan tak tahu cara mengatasi kamera smartphone error atau rusak tersebut?

Kamera dalam smartphone memang menjadi salah satu fitur yang cukup penting, karena dengan kamera tersebut para penggunanya bisa mengabadikan semua moment penting yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, sangat disayangkan jika tak selamanya kamera smartphone android akan berjalan dengan mulus dan baik-baik saja, karena bisa saja kamera pada HP kamu mengalami sebuah kendala.

Jika kamu kini tengah mengalami hal tersebut, maka tak usah khawatir karena kamu bisa memperbaikinya jika masalah yang terjadi pada kamera bukanlah suatu hal yang besar.

Untuk dapat mengatasinya, maka kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi kamera smartphone error dengan tepat agar bisa kamu gunakan kembali, berikut ini beberapa langkahnya:

Cara mengatasi kamera smartphone error

Matikan Smartphone atau Tablet Android

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan mematikan ponsel terlebih dahulu, jika hp android kamu sudah mati maka lepaskan baterainya dan tunggu selama beberapa menit.

Setelah itu, nyalakan kembali ponsel android kamu dan biasanya dengan menggunakan cara ini cukup ampuh dalam menormalkan kembali masalah yang terjadi pada kamera yang biasanya akan muncul notifikasi peringatan tersebut.

Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Pada umumnya kamera yang rusak akan terjadi pada aplikasi kamera bawaan dari androidnya atau kamera asli. Nah, jika kamu pun mengalami hal yang sama, maka cara mengatasi kamera smartphone error bisa kamu lakukan dengan cara menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi kamera yang bisa kamu unduh kapan saja di Google Play Store, misalnya Camera 360, Candy Camera, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Aplikasi dari pihak ketiga itu biasanya mempunyai fitur yang lebih unggul daripada aplikasi kamera bawaan dari smartphone yang kamu punya. Oleh karena itu, kamu bisa menginstal aplikasi pihak ketiga tersebut agar bisa mengabadikan semua momen.

Hapus Data di Folder DCIM pada Memori

Biasanya masalah yang  terjadi pada kamera android yakni karena diakibatkan adanya data yang merusak fungsi kamera, kamu harus menghapus semua file yang terdapat di folder DCIM di memori inetrnal dan external.

Akan tetapi, sebelum kamu menghapusnya, pastikan untuk kamu membackup terlebih dahulu semua data yang terdapat pada folder yang lainnya, ya.

Jika semua file yang terdapat pada folder DCIM sudah terhapus, maka kamu pun bisa membuat folder baru di foler DCIM dengan menggunakan nama “Camera”. Agar bisa membuat dan menghapus folder di smartphone android maka kamu bisa menggunakan file manager.

Reset Android ke Setelan Pabrik (Factory Reset)

Cara mengatasi kamera smartphone yang error selanjutnya bisa kamu hadapi dengan merubah setelan HP kamu ke setelan pabrik, dengan mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan awal.

Dengan begitu kerusakan pada software akan bisa kamu atasi kembali hanya dengan melakukan factory reset. Namun, sebelum melakukan reset android, kamu harus melakukan backup terlebih dahulu data yang penting di memori internal untuk dipindahkan ke memori external atau microSD.

Lakukan Upgrade Firmware

Jika dengan melakukan beberapa cara mengatasi kamera smartphone error sebelumnya tak juga berhasil, maka kamu harus mengupgrade sistem operasi android atau disebut juga dengan ROM, dengan upgrade maka semua sistem operasi android kamu akan berubah pada versi yang baru.

Dengan melakukan pembaruan pada perangkat android kamu maka memungkinkan kamu untuk bisa menikmati fitur terbaru di HP android kamu.

BACA JUGA: Cara Menjadikan HP Tidak Terpakai Sebagai Kamera CCTV

Dengan demikian, cara ini pula dapat mengatasi masalah yang kamu hadapi karena cenderung di setiap update untuk memperbaiki sistem dan meningkatkan fitur android itu sendiri.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera smartphone yang error. Namun, jika kerusakan masih terjadi maka kamu bisa memperbaikinya lewat jasa service ponsel terpercata, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,960FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan