Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Cara Mandi yang Benar dan Bersih

Cara Mandi yang Benar dan Bersih

Mandi dengan cara benar tentu dapat membuat tubuh bersih secara menyeluruh, sebaliknya jika cara mandi Anda salah bisa saja menyisakan kuman-kuman dan bakteri.

Selain itu, tanpa sadar Anda mungkin sering melakukan kesalahan-kesalahan saat mandi seperti jarang mengganti spons mandi, mandi terlalu lama dan lain sebagainya.

Mandi adalah cara kita untuk membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri setelah melakukan banyak aktivitas seharian penuh.

Meskipun rajin mandi tidak langsung membuat kulit tubuh jadi putih, namun dengan mandi kotoran serta sel-sel kulit mati akan tersingkir sehingga kulit tampak bersih.

Namun sayang, orang-orang sering malas melakukan kegiatan ini. Apalagi ketika pagi hari cuaca dingin, alhasil mandi pun menjadi malas dan malah semakin betah berlama-lama di tempat di tidur.

Apakah kalian demikian? Jika iya, mulai sekarang jangan lagi untuk bermalas-malasan mandi karena ternyata mandi punya banyak manfaat untuk tubuh.

Selain membersihkan dari kotoran, sel-sel kulit mati serta kuman, mandi juga bisa membuat rambut dan kulit tetap sehat.

Namun, mandi juga harus dengan cara yang tepat agar tubuh bersih maksimal. Lalu apa saja cara mandi yang tepat? Jika belum tahu, berikut Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Cara Mandi yang Benar

Cobalah beberapa cara mandi yang tepat di bawah ini, dijamin Anda akan merasakan rasa nyaman karena badan yang bersih.

Sisir rambut terlebih dahulu ketika hendak mandi dan keramas

Keramas adalah salah satu ritual yang harus dilakukan secara teratur saat mandi agar rambut tetap sehat dan terjaga kebersihannya.

Namun sebelum mandi dan berkeramas, disarankan untuk menyisir rambut terlebih dahulu. Kenapa demikian? Ya, karena jika And menyisir rambut setelah keramas dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

Dengan menyisir rambut sebelum mandi, setelah keramas rambut tidak akan semakin kusut dan rontok. Barulah setelah selesai mandi Anda bisa menyisir rambut lagi secara perlahan.

Pilih temperatur air yang tepat

Cara mandi yang benar dan bersih selanjutnya adalah memilih temperatur air yang tepat. Mandi dengan air dingin dapat membuat kulit menjadi putih berkilau.

Karena mandi dengan air dingin bisa memperkecil pori-pori kulit dan bisa mengurangi kemerahan pada kulit Anda. Pori-pori yang tertutup juga bisa mencegan kotoran tak mudah masuk.

Karena kotoran yang menumpuk pada kulit bisa menyebabkan kulit terlihat kusam. Jika kulit Anda selalu bersih dari kuman dan kotoran tentu akan terlihat lebih sehat, putih dan cantik.

Sementara itu, jika Anda tidak sedang ingin mandi air dingin. Anda bisa mandi dengan air yang suam dan disarankan jangan mandi dengan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, perhatikan juga durasi mandi dengan air hangat, jangan terlalu lama karena bisa menghilangkan minyak alami dari kulit.

Cuci muka dengan benar

Cuci muka adalah ritual selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan ketika mandi. Ketika ingin cuci muak sebaiknya basulah wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar produk bisa meresap ke kulit dengan baik.

Setelah selesai mencuci muka dengan cara yang benar, bilaskan wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup dan mencegah bakteri tidak masuk ke kulit.

Disarankan tidak menggunakan spons mandi

Mungkin Anda berpikir jika menggunakan spons mandi atau alat penggosok mandi bisa membuat tubuh lebih bersih karena sel kulit mati dan kotoran terangkat.

Namun perlu Anda ketahui, seiring berjalannya waktu spons akan menjadi tempat kuman, bakteri serta sel-sel kulit mati berkumpul. Apalagi spons tersebut sering dipakai bersamaan dengan keluarga

Hal tersebut bisa terjadi karena Anda sering menyimpan spons di tempat yang lembap sehingga bakteri dan kuman betah berkembangbiak di sana.

Akan tetapi, jika Anda tetap ingin menggunakan spons mandi, pastikan untuk selalu membersihkan dan menggantunya secara berkala. Selain itu, keringkan juga setelah dipakai.

Jangan terburu, dan keramaslah secara perlahan

Ketika keramas, usahakan jangan terlalu terburu-buru sampai menggosok kulit kepala dengan sangat keras dan asal-asalan.

Sebaiknya, lakukan pijatan secara perlahan dan merata saat produk sampo diaplikasikan pada kulit kepala.

Apalagi jika Anda pemilik rambut panjang, jangan sampai lupa membersihkan bagian bawah dekat leher karena di sanalah bagian yang berminyak.

Itulah cara-cara mandi yang benar dan bersih agar tubuh terbebas dari kuman dan bau badan pun hilang. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,682FansSuka
1,809PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan