Kamis, April 9, 2020

Ciri-ciri Makeup yang Sudah Kadaluarsa dan Tidak Layak Pakai

Mengetahui ciri-ciri makeup yang sudah kadaluarsa itu penting banget guys. Jangan sampai pemakaian makeup yang sudah expired berdampak buruk bagi wajah Anda.

Selain pakaian dan segala modelnya, makeup merupakan salah satu elemen penting bagi kaum wanita untuk menyempurnakan penampilan mereka.

Mulai dari foundation, bedak, eyeshadow, blush on, eyeliner, maskara hingga lipstik agaknya semua itu penting bagi wanita pecinta makeup.

Saking hobi merias wajah, mereka pun tak segan untuk membeli berbagai jenis makeup sebagai alat ‘tempur’ ketika hendak berpergian agar semakin tampil cantik.

Meskipun acara biasanya, wanita memang selalu identik dengan makeup. Hingga kemana saja mereka pergi selalu membawa salah satu sekian banyaknya makeup yang mereka miliki.

Akan tetapi Anda harus selalu memperhatikan tanggal kadaluarsanya, karena produk yang sudah melewati tanggal kadaluarsa berarti sudah tak layak lagi untuk dipakai.

Biasanya makeup kadaluarsa akan berubah menjadi kering, menggumpal dan tidak lembut ketika diaplikasikan pada kulit.

Karena bisa berbahaya, Anda harus memperhatikan ciri-ciri makeup yang sudah melewati tanggal expired. Langsung saja, berikut pembahasannya untuk Anda.

Ciri-ciri Makeup Kadaluarsa

Lipstik

Mengoleksi makeup pun menjadi kegemaran mereka, ketika ada bedak atau lipstik jenis baru pastinya tidak mau ketinggalan untuk membelinya.

Karena hal tersebut tak jarang mereka kerap salah dalam membeli warna lipstik yang tidak sesuai dengan warna bibir mereka.

Alhasil, lipstik tersebut hanya menjadi pajangan di meja rias Anda dan dibiarkan hingga menjadi tempat yang nyaman bagi kuman untuk berkumpul.

Apalagi jika Anda tidak mengecek tanggal kadaluarsanya jika suatu saat nanti akan dipakai. Biasanya lipstik yang sudah melewati tanggal expired akan sulit untuk dioleskan pada bibir.

Selain itu, lipstik yang sudah kadaluarsa dan tidak layak untuk dipakai lagi biasanya akan mengalami perubahan pada tekstur dan aromanya.

Jika lipstik Anda yang ada di rumah sudah berubah tekstur dan aromanya lebih baik cek lagi tanggal kadaluarsanya.

Foundation

Ciri-ciri makeup sudah kadaluarsa memang harus diwaspadai apalagi jika Anda kurang memperhatikan penyimpannya.

Selanjutnya adalah foundation, biasanya foundation hanya akan bertahan selama enam bulan sejak Anda pertama kali membukanya.

Foundation yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan mulai dari aroma, tekstur hingga warnanya.

Jika foundation Anda di rumah mengalami hal demikian, lebih baik urungkan niat untuk memakainya saat hendak berpergian.

Eyeliner

Ada dua jenis eyeliner yang kerap digunakan oleh para wanita untuk membuat garis mata semakin terlihat tegas, yakni eyeliner pensil dan eyeliner cair.

Apapun yang Anda kerap gunakan, lebih baik perhatikan untuk rutin menggantinya setiap tiga bulan sekali. Karena biasanya eyeliner pensil yang sudah melewati tanggal kadaluarsa akan muncul titik-titik putih.

Sedikit berbeda dengan eyeliner cair, jika sudah kadaluarsa biasanya akan terpisah dan tercium bau tak sedap dari cairan tersebut.

Maskara

Ciri-ciri makeup kadaluarsa selanjutnya adalah pada maskara. Selain eyeliner, pemakaian maskara juga sangat penting untuk membuat bulu mata semakin terlihat lebat dan bervolume.

Maskara yang sudah kadaluarsa akan menimbulkan ciri-ciri hampir sama seperti eyeliner, yakni mengeluarkan bau tidak sedap dan mengalami perubahan tekstur.

Eyeshadow

Eyeliner dan eyeshadow memang saling berkaitan. Pemakaian eyeliner dapat membuat eyeshadow semakin terlihat indah dan menawan.

Eyeshadow umumnya akan bertahan kurang lebih selama satu tahun. Jika sudah berbau tak sedap dan warnanya berubah sebaiknya hentikan pemakaian karena bisa membuat bakteri terbawa ke area mata.

Face powders

Ciri-ciri makeup kadaluarsa memang rata-rata berubah tekstur dan aromanya. Sama seperti face powders dan powder blus yang biasanya tidak boleh digunakan lebih dari dua tahun.

Jika aroma dan teksturnya sudah berubah jangan lagi untuk memakainya, sebaiknya beli saja produk yang baru.

Jangan biarkan wajah Anda yang cantik dan mulus mengalami dampak negatif akibat memaksakan menggunakan makeup yang sudah menunjukkan ciri-ciri kadaluarsa.

Jika sudah terlanjur, segera konsultasikan masalah yang Anda alami pada dokter ahli kecantikan. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,870FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan