Minggu, Maret 29, 2020

Stop Memencet Komedo! Efek Buruknya Berbahaya Bagi Otak

Memencet komedo memang salah satu kegiatan yang bisa dibilang mengasyikan, tapi ternyata ada efek buruk yang perlu Anda waspadai.

Apa itu komedo? Ya, komedo adalah kotoran-kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit. Biasanya hidung dan sekitaran mata merupakan tempat yang paling sering timbul komedo.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab komedo terus muncul di wajah seperti tidak membersihkan wajah dengan benar, menggunakan produk makeup yang membuat pori-pori tersumbat dan lain-lain.

Adanya komedo di wajah memang membuat seseorang kurang percaya diri, apalagi jika komedo yang muncul sangatlah banyak.

Salah satu cara menghilangkan komedo yang dianggap paling mudah yakni dengan memencetnya menggunakan tangan.

Padahal ladies, cara tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena bisa berakibat tak baik untuk wajah Anda nantinya.

Ada cara lain untuk menghilangkan komedo, mulai dari pergi perawatan ke salon kecantikan sampai memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Bahan alami penghilang komedo yang bermanfaat untuk kalian yang malas keluar rumah atau memang sedang menghemat budget.

Bahan-bahan alami seperti madu, putih telur, lidah buaya, kacang kedelai dan masih banyak yang lainnya bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo.

Jangan biasakan dipencet sembarangan dengan tangan karena bisa mengakibatkan efek buruk bagi kecantikan dan kesehatan.

Efek Memencet Komedo

Apa saja efek buruknya? Langsung saja berikut ini beberapa efek buruk jika komedo dipencet menggunakan tangan.

Berpotensi mengalami jerawat

Memencet komedo dengan tangan lalu kotorannya keluar dari hidung atau bagian wajah lainnya memang membuat kita begitu lega dan menganggap bahwa wajah sudah bersih.

Namun itu semua salah, memencet komedo dengan tangan justru dapat membuat isi komedo semakin terdorong ke dalam kulit, foliker kulit pun akan menjadi semakin meradang.

Apalagi jika memencet komedo dengan keadaan tangan tidak dibersihkan, alhasil kotoran-kotoran yang ada di tangan dapat berpindah ke wajah. Jika demikian, kemungkinan timbul jerawat pun dapat terjadi.

Anda tentu tidak ingin bukan, jika komedo hilang namun jerawat malah muncul setelah memencet komedo dengan tangan. Untuk itu, hindariah memencet komedo sembarangan.

Merusak pembuluh di otak

Memencet komedo bisa memberikan efek berbahya yang tidak hanya pada kecantikan wajah, namun juga bagi kesehatan Anda.

Menghilangkan komedo dengan tangan pada area segitiga yang mencakup hidung atas hingga bawah mulut dapat berbahaya lantaran pada area tersebut ada pembuluh darah yang terhubung secara langsung ke otak.

Kegiatan memencet komedo bisa membuat pori-pori menjadi terbuka ddan hal tersebut ternyata menyebabkan infeksi yang bisa menyebarkan ke otak. Kemungkinan terburuk pembuluh darah di saraf pusat pun bisa ikut mengalami kerusakan.

Bisa menimbulkan bekas luka, bahkan infeksi di area komedo

Ketika memencet komedo dengan menggunakan tapi tak kunjung keluar isinya, mungkin Anda akan memperkuat tekanan yang dilakukan.

Jika demikian, bukan tidak mungkin akan timbul luka atau merobek kulit akibat kuku tangan yang bergeseka langsung dengan wajah. Bahkan bisa membuat komedo semakin parah dan infeksi.

Apabila terus dibiarkan luka yang ditimbulkan bisa saja sulit menghilang. Perlu Anda ketahui, komedo yang dipencet akan menimbulkan bercak hitam yang membuat kondisi kulit wajah tak baik.

Pori-pori menjadi besar

Efek samping memencet komedo selanjutnya adalah bisa membuat pori-pori wajah membesar. Wajah Anda mungkin akan terlihat tidak mulus ketika “kawah-kawah” kecil muncul sesudah memencet jerawat dengan tangan.

Lebih baik gunakan saja masker-masker dari bahan alami untuk menghilangkan komedo dan jangan memencet komedo dengan tangan.

Nah ladies, itulah beberapa efek samping memencet komedo yang harus Anda ketahui. Tunggu apalagi, berhentilah melakukan kegiatan menghilangkan komedo dengan cara yang tidak tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,948FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan