Senin, November 30, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Terkenal dengan Rasanya Yang Pahit, Ini Segudang Manfaat Pare untuk Kesehatan

Terkenal dengan Rasanya Yang Pahit, Ini Segudang Manfaat Pare untuk Kesehatan

Tak semua orang menyukai makanan yang mempunyai cita rasa pahit satu ini. Ya, sayuran ini biasa disebut dengan pare. Tahukah Anda, meskipun mempunyai rasa pahit, akan tetapi manfaat pare untuk kesehatan sangatlah luar biasa.

Dalam sayuran pare mempunyai banyak sekali kandungan vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitain B2, B3, dan B9.

Tak hanya itu saja, dalam pare juga terdapat kandungan mineral berupa kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti feenol, dan flavonoid.

Oleh karena itu, dengan berbagai nutrisi yang terdapat pada pare tersebut menjadikannya sangat kaya akan manfaat. Berikut ini macam-macam manfaat pare yang akan Anda dapatkan.

Manfaat pare untuk kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh
Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika pare mengandung antioksidan yang sangat melimpah, salah satunya yakni vitamin C.

Antioksidan mampu memberikan pertahanan padabenda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan sangat berfungsi dalam menangkal radikal bebas pada tubuh sehingga bisa menghilangkan senyawa berbahaya yang akan menimbulkan berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan mata
Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang dipercayai bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan mata Anda.

Sehingga, manfaat pare buat kesehatan mata ini mampu meningkatkan penglihatan Anda pada malam hari, dan memperlambat degenerasi makula.

Senyawa ini sangatlah berfungsi dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal-radikal bebas dan juga spesies oksigen reaktif yang akan menimbulkan banyak sekali komplikasi.

Meredakan asma
Tak hanya menjaga kesehatan mata, pare juga bisa membantu Anda dalam mengurangi gejala yang akan timbul karena adanya kondisi pernapasan tertentu, salah satunya asma, bronkitis, dan demam.

Pare mempunyai sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, sehingga menjadikan pare menjadi salah satu makanan tambahan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pernapasan.

Mengobati masalah kulit
Salah satu pengobatan tradisional yang berada di Tiongkok menggunakan manfaat pare untuk kulit sebagai alternatif pengobatan.

Hal ini karena adanya senyawa antifungi yang terdapat pada pare mampu melawan berbagai infeksi yang terjadi pada kulit, mulai dari kurap, kudis, dan bahkan psoriasis.

Pare sangatlah mampu dalam menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang bisa memperburuk psoriasis.

Mengendalikan gula darah
Sayur pare ini mempunyai sifat yang juga berperan sebagai insulin, yang akhirnya mampu membantu membawa glukosa ke dalam sel agar menjadi energi.

Karena sifat inilah, pare mampu membantu Anda dalam menurunkan gula darah.

Dengan mengonsumsi pare, dipercayai mampu membantu sel-sel Anda mendapatkan glukosa sebagai makanan.

Tak hanya itu saja, pare pun sangat mampu dalam mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

Meski demikian, pare bukan menjadi salah satu obat ataupun perawatan yang disetujui untuk pradiabetes dan juga diabetes, meskipun ada penelitian menunjukkan jika pare mampu mengelola gula darah.

Menjaga berat badan tetap stabil
Jika Anda tengah menjalani program penurunan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap stabil, manfaat pare untuk diet sangatlah berguna karena mampu memberikan rasa kenyang yang lebih cepat dan lama.

Oleh karena itu, Anda pun akan terhindar dari mengonsumsi makanan-makanan yang berlebihan sehingga akan menyebabkan berat badan yang naik.

Menyehatkan pencernaan
Pakar kesehatan menegaskan jika pare menjadi salah satu makanan yang mampu memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya meningkatkan fungsinya dengan baik, pare pun bisa Anda gunakan dalam mencegah timbulnya berbagai masalah kenaikan pada asam lambung.

Meski mempunyai rasa pahit, namun hal inilah yang justru akan menstimulasikan sekresi lendir yang akhirnya dapat membuat keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga mencegah timbulnya tukak lambung.

Membantu mengobati HIV dan Herpes
Sebuah penelitian menunjukkan jika komposisi fitokimia yang terdapat pada sayur pare mampu menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare akan memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.

Tak sampai disitu saja, sebuah penelitian juga menjelaskan jika pare, dengan sifat antivirus, bisa Anda jadikan sebagai pengobatan terhadap seseorang yang mempunyai riwayat penyakit herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

Sembelit
Manfaat pare untuk kesehatan yang terakhir yakni bisa mengatasi masalah susah buang air besar (BAB) yang Anda rasakan dengan sangat mudah karena pada pare terkandung sifat serat yang sangat baik.

Makanan yang dicerna dan limbah dibuang dari tubuh akan membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan dan juga sembelit.

Nah, meskipun mempunyai citarasa yang pahit, manfaat pare untuk kesehatan sangatlah melimpah bukan? Untuk itu, jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here