Senin, 13 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Wajib Tahu! Ini Manfaat Rosemary Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Wajib Tahu! Ini Manfaat Rosemary Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Rosemary merupakan salah satu tanaman aromatik yang bisa Anda temukan dalam berbagai jenis masakan, misalnya sup, daging dan saus. Dan ternyata manfaat rosemary pun tak hanya bisa kita nikmati dalam bentuk masakan saja, namun juga sangatlah berkhasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Selain menyegarkan, tanaman ini pun bisa Anda temukan dalam bentuk yang kering maupun sudah menjadi minyak esensial yang tak sedikitpun mengurangi manfaatnya. Bahkan banyak sekali ilmuan yang telah menguji manfaat kesehatan potensialnya, karena peenggunaan minyak rosemary untuk pengobatan tradisional.

Manfaat rosemary sangatlah baik bagi kesehatan karena di dalamnya mengandung vitamin yang sangat melimpah, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B6, thiamin, folat, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Tak hanya itu saja, rosemary juga mengandung antioksidan yang sangat melimpah dalam bentuk senyawa phenolic seperti diterpene, carnosol, asam carnosic, dan asam rosmarinic. Dan jika rosemary yang sudah berbentuk minyak atsiri mengandung bahan-bahan yang kuat seperti cineol, camphene, borneol, bornyl acetate, ?-terpineol, dan ?-pinene.

Tak hanya nutrisi yang disebutkan di atas saja, ramuan rosemary juga mengandung serat yang tinggi, rendah kolesterol dan natrium, akan tetapi tinggi akan lemak jenuh.

Berkat kandungan nutrisi yang sangat tinggi diatas, berikut ini segudang manfaat luar biasa yang akan Anda dapatkan dari rosemary bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat rosemary untuk kecantikan dan kesehatan

Mengobati jerawat
Manfaat rosemary oil untuk wajah dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah jerawat yang sangat mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan dalam tanaman rosemary mempunyai sifat antibiotik dan disinfektan yang bisa membantu Anda dalam mengurangi masalah jerawat.

Tak hanya itu, manfaat rosemary juga bisa menghilangkan bintik hitam dan membuat kulit lebih bercahaya.

Meningkatkan fungsi otak
Awalnya, rosemary biasa digunakan sebagai stimulan kognitif, karena dipercayai mampu membantu Anda dalam meningkatkan kinerja dan kualitas memori.

Tanaman aromatik ini pula dikenal bisa digunakan dalam meningkatkan kewaspadaan, kecerdasan, dan fokus.

Mengatasi masalah pencernaan
Manfaat rosemary secara tradisional sudah digunakan menjadi obat alami dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada perut Anda, seperti sembelit, gas, perut kembung, sehingga dipercayai mampu merelaksasikan otot-otot usus.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Antioksidan, antiinflamasi, dan juga antikarsinogenik merupakan komponen sangat aktif yang terdapat dalam rosemary ini. Ketiganya dipercayai mampu menyerang penyakit dan patogen yang bisa mengancam sistem kekebalan atau merusak kesehatan tubuh.

Kandungan antioksidan termasuk asam rosmarinic, asam caffeic, asam betulin, dan carnosol, juga bisa Anda gunakan untuk membuat garis pertahanan sekunder di belakang sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Anti kanker
Salah satu jurnal nutrisi dan kanker telah menerbitkan penelitian di tahun 2015 lalu, yang menunjukkan jika ekstrak rosemary sangatlah bermanfaat dalam membantu terapi kanker.

Kandungan anti oksidan, anti inflamasi, anti proliferatif, dan anti kanker dalam rosemary, sehingga dengan aktif mampu meembunuh sel kanker.

Manfaat rosemary juga telah menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk mengobatan berbagai jenis kanker termasuk, usus besar, darah, payudara, prostat, ovarium, serviks, hati, paru-paru, kandung kemih, dan kanker pankreas.

Mengurangi stres
Rosemary memberikan efek yang menenangkan bagi seeorang yang mengalami kecemasan berlebih dan depresi kronis. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian menyimpulkan jika ramuan rosemary sangatlah baik dalam mengatasi berbagai gejala depresi.

Efek antidepresi ini diteliti bahkan dengan pemberian berulang selama dua minggu kemudian. Khasiat rosemary juga bisa mengurangi kadar kolesterol (hormon stres), yang bisa membantu dalam meredakan ketegangan dalam tubuh.

Mencegah kerusakan hati
Manfaat rosemary telah digunakan dalam berbagau obat tradisional sebagai perlindungan pada hati. Hal ini telah melalui sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan pada tahun 2015 yang kemudian diterbitkan dalam Saudi Journal of Biological Sciences, yang menyebutkan jika ekstrak rosemary dan daun zaitun bisa membantu mengurangi sirosis hati, kemungkinan karena aktivitas antioksidannya.

Merangsang pertumbuhan rambut
Manfaat rosemary oil untuk rambut disebut-sebut bisa mengatasi androgenetic alopecia yang merupakan salah satu jenis rambut rontok yang sangat umum terjadi. Kondisi ini biasanya dikebal dengan kebotakan pola pria, meski pada wanita pun memang bisa terjadi.

Minyak rosemary secara alami bisa mencegah produk sampingan testosteron yang menyerang folikel rambut, merupakan penyebab teerjadinya kerontokan pada rambut.

Menyembuhkan infeksi kulit
Jika Anda sering mengalami ruam karena terjadinya infeksi pada kulit, rosemary bisa Anda gunakan sebagai bahan alami yang mampu menyembuhkan kondisi kulit tersebut.

Infeksi kulit seperti eksim, dermatitis dan psoriasis bisa membaik dengan bantuan minyak rosemary ini.

Meremajakan kulit
Kulit yang kusam dan tak menarik lagi bisa Anda atasi dengan cara peremajaan kulit. Berbagai cara bisa Anda lakuka untuk meremajakan kulit tersebut, akan tetapi beberapa di antaranya bersiko terhadap terpaparnya bahan yang tak aman bagi kulit.

Nah, manfaat rosemary untuk wajah ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu bahan alami yang sangat aman untuk digunakan, karena kandungan antioksidan di dalamnya bisa membantu Anda dalam meningkatkan kekencangan kulit.

Sangatlah banyak bukan manfaat rosemary yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Akan tetapi, beberapa diantaranya belum dibuktikan secara medis.

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sangatlah disarankan untuk Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai alergi maupun kondisi kesehatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,356FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan