Jumat, April 3, 2020

Cara Membersihkan Beauty Blender dengan Benar, Simple dan Gampang Banget!

Sebuah penelitian pada Journal of Appelied Microbiology menemukan jika sekitar kurang lebih 70-90 persen alat make up terkontaminasi oleh mikroba. Salah satunya yakni jenis makeup beauty blender yang disebut-sebut paling banyak mengandung mikroba berbahaya. Akan tetapi jangan khawatir, Anda bisa meggunakan cara membersihkan beauty blender dengan mudah di rumah.

Beauty blender sangatlah berfungsi dalam menyerap cairan sehingga permukaannya menjadi lembut dan kenyal. Dengan demikian, Anda menjadi lebih mudah dalam mengaplikasikan foundation agar lebih merata sehingga tak akan meninggalkan garis-garis halus pada wajah.

Akan tetapi, dibalik manfaatnya beauty blender merupakan alat makeup yang terbilang sangat lembap, sehingga hal itulah yang menyebabkan mikroba semakin berkembang biak. Terlebih jika Anda jarang membersihkannya, bukan tak mungkin beauty blender akan berisiko menularkan mikroba penyebab penyakit.

Mikroba yang bisa Anda temukan dalam beauty blender biasanya jamur beserta juga bakteri E. coli dan S.aureus. Infeksi E.coli bisa memberikan dampak buruk bagi pencernaan, sedangkan S.aureus merupakan bakteri yang bisa menimbulkan ifeksi pada kulit dan saluran pernapasan.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak cara membersihkan beauty blender di bawah ini agar Anda bisa terbebas dari berbagai bahayanya.

Cara membersihkan beauty blender

Siapkan air yang sudah diberi sabun

Cara membersihkan beauty blender yang benar yakni pertama-tama Anda harus menyiapkan air hangat di dalam mangkuk berukuran sedang, kemudian tambahkan beberapa tetes sabun ataupun sampo.

Anda bisa menggunakan jenis sabun apa saja, seperti sabun mandi, sabun cuci tangan, ataupun sabun dan sampo untuk bayi selama produk tersebut aman digunakan untuk kulit dan rambut.

Namun disini Anda tak diperbolehkan untuk menggunakan sabun pencuci piring, ya. Karena bahan-bahan yang terdapat di dalam sabun tersebut terlalu kasar untuk permukaan beauty blender sehingga akan beriko pada kulit nantinya.

Setelah semua bahan telah disiapkan, aduk semua bahan-bahan tersebut agar tercampur dengan merata. Jika sudah muncul buih, itu berarti Anda sudah dapat menggunakannya.

Basahai dan cuci beauty blender

Disini Anda harus membersihkan beauty blender Anda dengan cara deep clean jika ternyata kondisinya sudah sangat kotor. Caranya, Anda perlu memasukkan beauty blender yang akan Anda cuci ke dalam sabun yang sudah disiapkan, kemudian biarkan sampai 30 menit.

Usahakan agar seluruh permukaan beauty blender Anda terendam dengan air sabun agar bersihnya merata. Setelah Anda membiarkannya selama 30 menit, Anda akan melihat perubahan yang terjadi pada warna air sabun yang berubah menjadi kecoklatan.

Dan Anda pun tak perlu kaget jika ukuran beauty blender Anda akan bertambah besar karena banyak air yang terserap di dalamnya.

Remas beauty blender

Selanjutnya jika Anda telah mendiamkannya selama 30 menit, cara membersihkan beauty blender yang berjamur bisa Anda lakukan dengan meremasnya beberapa kali, kurang lebih selama 2-3 menit menggunakan jari.

Dan perlu Anda ingat, jangan pernah menggosoknya menggunakan alat apapun karena hal tersebut hanya akan merusak bagian permukaan beauty blender saja.

Menggunakan cara deep clean untuk membersihkan beauty blender memang membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini disebabkan sisa makeup yang menempel pada beauty blender masih akan tersisa.

Nah, sembari meremas beauty blender, jangan lupa untuk menambahkan lagi beberapa tetes sabun pada permukaannya.

Bilas dan periksa kembali apakah masih tersisa make up atau tidak

Setelah Anda meremas beauty blender dengan bersih, kini saatnya Anda membilasnya dengan air yang mengalir. Dan jangan lupa pula untuk meremas kembali alat ini untuk mengeluarkan air yang menyerap dan bercampur dengan sisa makeup.

Periksa kembali apakah beauty blender Anda sudah cukup bersih dengan melihat air yang mengucur di bawah tangan Anda. Jika Anda melihat airnya sudah jernih, berarti beauty blender yang Anda cuci telah bersih.

Namun sebaliknya, jika masih mengelurkan air berwarna kecoklatan, alangkah baiknya kamu mengulangi langkah kedua dan ketiga sekali lagi.

Uji spons Anda

Untuk membuktikan jika cara membersihkan beauty blender sudah baik dan benar, cobalah bubuhkan sedikit pembersih ke spons dan gosokkan pada telapak tangan Anda.

Jika buih sabun yang muncul ternyata berwarna putih, bukan abu-abu atau kecoklatan, sudah bisa dipastikan jika beauty blender Anda sudah sangat bersih.

Mengeringkan beauty blender

Cara membersihkan beauty blender yang terakhir yakni dengan memeras kembali beauty blender Anda dengan sangat lembut untuk memastikan jika sudah tak ada lagi air yang menetes.

Kemudian, gulung beauty blender pada beberapa lembar tisu kering, dan jika ternyata beauty blender Anda masih terasa lembap, letakkan alat makeup tersebut pada tempat yang bersih dan terdapat angin-angin.

Diamkan beberapa menit sampai beauty blender benar-benar kering sebelum Anda dapat menggunakannya lagi.

Demikianlah beberapa cara membersihkan beauty blender dengan sangat sederhana sehingga Anda bisa melakukannya di rumah. Seperti alat makeup lainnya, beauty blender juga bersentuhan secara langsung pada kulit.

Sehingga jika Anda membiarkannya dalam keadaan kotor, hal tersebut akan berdampak pada berbagai risiko tertular oleh mikroba yang berbahaya.

Kendati demikian, jangan lupa untuk selalu membersihkan beauty blender Anda minimal sekali dalam seminggu, agar kebersihan beauty blender Anda tetap terjaga dan pastinya selalu aman untuk Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,921FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
Enable referrer and click cookie to search for pro webber