Kamis, April 9, 2020

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Sudah dari jaman dahulu minyak kelapa biasa digunakan dalam berbagai keperluan seperti memasak dan juga menjadi keperluan untuk perawatan tubuh. Meski masih diteliti secara medis, akan tetapi manfaat minyak kelapa untuk kecantikan sangatlah beragam.

Menurut beberapa penelitian minyak kelapa disebut-sebut sangatlah berguna untuk kecantikan dan juga kesehatan. Akan tetapi minyak kelapa yang dimaksud disini yakni yang masih murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak kelapa olahan.

VCO diekstrak dari kelapa yang masih sangat segar dan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia beserta suhu yang tinggi. Hal ini karena agar kandungan alami di dalamnya, seperti senyawa phenolic, tak akan menjadi rusak. Kendati demikian, minyak kelapa murni sangat berpotensi terhadap antioksidan.

Tak hanya itu, senyawa yang terdapat pada minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan juga karpat akan menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan yang juga berfungsi dalam melawan bakteri-bakteri jahat.

Nah, berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk kecantikan antara lain seperti di bawah ini.

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Menjadikan rambut menjadi berkilau
Manfaat minyak kelapa yang pertama yakni dipercayai bisa menambahkan kelembapan pada kepala Anda dari sengatan matahari dan juga debu agar kulit kepala Anda menjadi terhindar dari masalah ketombe.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga dapat menjadikan rambut Anda menjadi lebih berkilau secara alami.

Mencerahkan kulit wajah
Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit sangatlah dipercaya mampu menjadikan kulit wajah Anda menjadi jauh lebih cerah dari sebelumnya.

Minyak ini pun bisa Anda jadikan sebagai pengganti moisturizer yang sangat ampuh sehingga dapat menjadikan kulit wajah Anda terjaga kelembapannya sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Bisa dijadikan sebagai krim bawah mata
Mata panda memang kerap sekali ditemui pada saat waktu tidur yang sedikit atau terganggu. Nah, untuk menghilangkan mata panda tersebut, minyak kelapa disebut-sebut dapat membantu mencerahkan kulit yang hitam disekitar bawah mata tersebut.

Caranya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya menggunakan jari, kemudian gerakan sembari menepuk-nepuk lembut di sekujur bagian kantong mata tersebut.

Melembapkan bibir
Khasiat minyak kelapa untuk kecantikan lainnya juga bisa mengatasi bibir Anda yang sedang mengalami pecah-pecah. Hal ini disebabkan dalam minyak kelapa dipercayai kaya akan ultra-hydrating.

Mengobati jerawat pada wajah
Untuk Anda yang wajahnya bermasalah dengan jerawat, kini Anda tak harus lagi menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan-bahan kimia, akan tetapi sekarang Anda bisa menggunakan minyak kelapa alami.

Pasalnya, dalam minyak kelapa mengandung asam laurat yang diduga kuat sangatlah efektif dalam mengurangi peradangan dan juga melawan bakteri.

Oleh karena itu, asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa bisa menjadi salah satu alternatif antibiotik untuk kulit yang berjerawat. Tentunya, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Pelembap
Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah selain untuk mengatasi masalah jerawat di wajah, asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa juga berguna sebagai pelembap kulit.

Tak hanya untuk kulit yang sehat saja, minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Efek antibakterinya diduga sangat berguna dalam melawan penyebaran bakteri stafilokus pada penyakit tersebut.

Mampu menghilangkan noda hitam
Dalam minyak kelapa terdapat vitamin E yang sangat baik dalam menyamarkan dan menghilangkan noda hitam yang terdapat pada wajah.

Noda hitam tersebut misalnya, seperti noda bekas jerawat, noda hitam yang diakibatkan karena penuaan dini, ataupun noda hitam yang disebabkan oleh adanya luka.

Bisa dijadikan untuk menghapus make up
Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan wajah selanjutnya yakni dapat membantu Anda dalam menghapus make up pada wajah, minyak kelapa mampu menjadikan pori-pori wajah Anda bersih dan terbebas dari make up yang masih menempel pada wajah.

Melindungi kulit dari mikroba
Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa mempunyai manfaat antimikroba, sehingga dapat melindungi kulit dari berbagai jenis mikroorganisme berbahaya yang dapat mengancam kulit.

Terutama lauric acid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit. Agar kulit terjaga dari infeksi jamur maupun bakteri, oleskan minyak kelapa dengan cara yang teratur, ya!

Bisa dijadikan sebagai deodoran alami
Keringat pada ketiak memang tak akan berbau, akan tetapi bakteri yang terdapat pada ketiaklah yang akan menyebabkan bau yang tak sedap. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh minyak kelapa sangat mampu dalam mencegah ketiak menjadi bau.

Tak hanya itu saja, minyak kelapa juga mampu menjadi salah satu referensi bagi Anda untuk dijadikan sebagai deodoran alami yang terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Mengobati kuku kering
Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan dan kesehatan yang terakhir yakni bisa Anda gunakan untuk menyehatkan kembali kulit kuku yang kering dan juga rapuh sehingga menjadikan kuku Anda menjadi indah dan sehat kembali.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak kelapa murni yang akan Anda dapatkan untuk kecantikan jika Anda menggunakannya secara rutin dan teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,873FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan