Sabtu, Maret 28, 2020

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Cara mengatasi tidak bisa download di Play Store – Pasar aplikasi resmi Android atau yang biasa disebut Google Play Store merupakan salah satu tempat yang biasa digunakan oleh para pengguna smartphone ataupun tablet yang menjalankan sistem operasi Android untuk mengunduh aplikasi.

Di dalamnya tersedia lebih dari 1 miliar aplikasi dari berbagai macam kategori yang bisa diunduh dengan mudah dan aman tentunya.

Namun sayangnya, masih banyak sekali pengguna yang mengeluh lantaran Google Play Store yang terpasang di perangkat mereka kadang-kadang mengalami masalah.

Mulai dari loading terus menerus, aplikasi gagal terpasang lantaran memori penyimpanan hampir penuh dan masih banyak lagi permasalahan lainnya.

Hal tersebut tentu sangatlah menjengkelkan, terlebih jika aplikasi yang gagal didownload tersebut merupakan aplikasi yang sangat kita inginkan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini Rancah Post akan memberikan Anda informasi tentang cara mengatasinya.

BACA JUGA:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Bersihkan Cache Aplikasi

Cara mengatasi permasalahan tidak bisa download di Play Store pertama dan yang paling sederhana adalah dengan membersihkan cache dari aplikasi Google Play Store itu sendiri.

Pasalnya, file cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan akan membuat aplikasi Google Play Store menjadi berat sehingga tidak bisa berjalan dengan optimal.

Cara membersihkan sangatlah mudah, tinggal buka menu Setting atau Pengaturan di perangkat Anda > klik menu Aplikasi > Pilih aplikasi Google Play Store > Hapus Cache.

Cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti
Cara menghapus file cache aplikasi. (IST/SS)

Hapus Data

Apabila cara pertama masih belum membuahkan hasil, Anda jangan putus asa karena masih ada cara lain untuk mengatasinya, yaitu dengan menghapus data aplikasinya.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi Google Play Store > Hapus Data.

Cara memperbaiki Google Play Store
Cara hapus data aplikasi Google Play Store. (IST/SS)

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kebanyakan pengguna hp Android tidak menyadari bahwa semakin banyaknya aplikasi yang terinstall akan menguras kapasitas RAM dan juga memori penyimpanan di perangkatnya.

Nah, jika Anda hobi mengoleksi aplikasi sosial media, game online, aplikasi edit foto dan lain-lain. Akibatnya ketika hendak mendownload aplikasi lain dari Play Store menjadi tidak bisa lantaran memori penyimpanannya sudah tidak lagi mencukupi.

Sebaiknya Anda segera menghapus beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak pernah Anda gunakan lagi.

Pindahkan Foto dan Video Ke Memori Eksternal

Munculnya pesan pop up “Memori Penuh atau Tidak Cukup Ruang” pada saat mendownload aplikasi dari Play Store, memang disebabkan karena sudah tidak cukupnya memori internal penyimpanan di perangkat Anda untuk menampung file aplikasi yang sedang didonwload.

Untuk mengakalinya, silahkan Anda pindahkan foto, video atau berkas-berkas penting lainnya yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal (kartu memori).

BACA JUGA:

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi tidak bisa mendownload di Google Play Store. Semoga informasinya bermanfaat dan juga menambah pengetahuan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,950FansSuka
1,767PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan