Sabtu, 15 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Relationship 6 Penyebab Pasangan Posesif dan Selalu Mengekang

6 Penyebab Pasangan Posesif dan Selalu Mengekang

Meski membuat risih, cobalah untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab pasangan kamu begitu posesif dan selalu mengekang.

Apa itu posesif? Ya, posesif adalah rasa memiliki yang begitu tinggi di mana salah satu pasangan yang tengah menjalin hubungan asmara mempunyai sifat mendominasi dan mengekang.

Dalam menjalin hubungan cinta yang namanya cemburu dan rasa curiga selalu ada. Hal tersebut sangat wajar, karena cemburu sering disebut sebagai tanda-tanda pasangan benar-benar cinta.

Meski tanda cinta, tapi kalau cemburu dan posesifnya terlalu berlebihan, tentunya membuat kamu merasa risih, bukan?

Setiap hal yang kamu lakukan selalu memantik rasa cemburu dan akhirnya membuat si dia posesif serta mengekang segala aktivitasmu.

Misalnya, melarangmu pergi dengan teman, mengatur pakaian yang akan kamu kenakan, sampai rajin mengecek ponsel kamu setiap bertemu.

Mungkin kamu merasa bingung, apa sih hal menyebabkan pasanganmu itu begitu posesif sampai mengekangmu dalam segala hal.

Nah, kebetulan kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa penyebab seseorang posesif dalam sebuah hubungan.

Penyebab Pasangan Posesif

Langsung saja, ini dia penyebab pasanganmu super posesif ketika menjalin hubungan cinta denganmu.

Merasa takut kehilangan dirimu

Rasa cinta yang begitu besar untukmu membuat si dia merasa takut kehilanganmu, takut kamu selingkuh dan membuatnya kecewa. Rasa takut kehilangan tersebutlah yang membuat pasanganmu menjadi posesif dan mengekang.

Meski membuat merasa risih, tapi coba lihat sisi baiknya, rasa posesif tersebut menandakan kalau pasangan benar-benar mencintaimu.

Punya pengalaman buruk dalam hubungan percintaan

Pengalaman buruk di masa lalu bisa membuat seseorang merasa takut hal tersebut terulang kembali. Misalnya, pernah disakiti, diselingkuhi dan dikecewakan oleh pasangan yang begitu ia cinta sebelumnya.

Alhasil ketika menjalani hubungan asmara denganmu, rasa takut dikecewakan dan disakiti itu masih menghantuinya. Rasa kepercayaannya pada seseorang akan hilang dan bisa menimbulkan posesif pada pasangannya saat ini.

Merasakan hadirnya orang ketika dalam hubungan

Penyebab pasangan posesif bisa jadi karena dia mulai mencium bau-bau pengkhianatan dan hadirnya orang ketiga dalam hubungan cintanya. Komunikasi yang tadinya baik menjadi tidak lancar, sulit meluangkan waktu untuk bertemu membuat dirinya berpikir dan curiga kalau ada orang ketiga dalam hubungan kalian.

Merasa memiliki

Meski telah terikat dalam suatu hubungan percintaan, namun kamu harus selalu ingat kehidupan pasangan itu tidak sepenuhnya bisa kamu miliki. Dia yang selalu bersikap posesif mungkin mempunyai rasa memiliki terlalu tinggi sehingga mengekang segala aktivitas pasangannya.

Berpikiran negatif terlalu berlebihan

Penyebab pasangan posesif selanjutnya adalah dia yang selalu berpikiran negatif berlebihan dalam hubungan. Dia yang selalu berpikiran negatif akan mengekang aktivitas yang menurutnya bisa berpengaruh buruk bagi kelangsungan hubungan cintanya. Dengan begitu, dia akan bersikap posesif karena takut pikiran negatif tersebut terjadi.

Pernah gagal menjalin hubungan cinta

Seperti yang sudah kita bahas tadi, masa lalunya yang buruk tentang hubungan cinta akan menumbuhkan rasa ketakutan berlebih dalam diri pasanganmu.

Pengalaman pernah dikhianati dan gagal dalam hubungan cinta padahal ia sudah setiap serta melakukan yang terbaik dalam hubungan tersebut. Namun apa daya, kesetiaan dibalas dengan dusta dan hubungan cintanya di masa lalu pun kandas.

Rasa ketakutan tersebutlah yang membuat dirinya bersikap posesif karena tak mau kejadian menyakitkan itu terulang untuk kesekian kalinya.

Demikian, beberapa penyebab pasangan kamu super posesif dan mengekang. Agar hubungan dapat lebih baik lagi, cobalah untuk mencari cara memperbaiki hubungan yang mulai renggang akibat sikap pasangan yang posesif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,161FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan