Minggu, 27 September 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 7 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

7 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari memang susah-susah gampang. Ada beberapa treatment mudah yang bisa Anda lakukan.

Memiliki kegiatan yang mengharuskan Anda berada di luar ruangan dan terlalu lama di bawah sinar matahari dapat membuat kulit menjadi hitam. Selain itu juga dapat membuat kulit terbakar.

Berbagai produk tabir surya mungkin sudah Anda gunakan tapi tetap saja masih terkena yang namanya kulit terbakar sinar matahari.

Hal tersebut disebut juga dengan sunburn, arau keadaan kulit yang berwarna merah dan terasa perih seperti terbakar.

Tentu saja hal ini disebabkan karena Anda terlalu lama berada di bawah sinar matahari yang terik. Tapi tenang saja, sekarang ini ada cara yang mudah untuk menghilangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Berikut ini beberapa cara yanang bisa Anda lakukan ketika kulit terbakar akibat terlalu lama berada di bawah terik matahari.

Susu dan kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya dapat membantu Anda untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

Caranya, masukan satu buah kunyit yang sudah dihancurkan terlebih dahulu ke dalam wadah berisi susu. Lalu, aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata, oleskan pada bagian kulit yang terbakar.

Diamkan sejenak sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Cara ini bisa dilakukan setiap hari agar masalah kulit yang terbakar sinar matahari dapat segera teratasi.

Yogurt

Protein dan lemak yang terkandung dalam yogurt dapat membantu untuk menjaga peradangan yang menyakitkan.

Saat kulit terbakar sinar matahari, Anda bisa mengoleskan yogurt ke semua area yang terbakar sinar matahari, kemudian bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk dengan lembut bagian kulit Anda.

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan Anda. Gel tanaman pada lidah buaya dapat menghilangkan kemerahan dari sengatan sinar matahari. Caranya, cukup mengoleskan gel secara langsung ke luka bakar.

Tomat

Cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari secara alami selanjutnya adalah menggunakan jus tomat. Manfaat jus tomat dapat membantu Anda untuk mengatasi kulit yang terbakar, tapi tidak untuk diminum.

Namun dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang terbakar sinar matahari, lalu diamkan selama 20 menit sebelum kemudian di bilas dengan air dingin.

Selada

Selada mengandung analgesik, dengan merebus daun selada dalam air lalu menyaringnya dan biarkan air selada dingin beberapa jam di dalam kulkas.

Kemudian celupkan bola kapas ke dalam cairan selada dan oleskan dengan lembut ke bagian kulit yang terbakar sinar matahari.

Minum banyak air putih

Luka bakar yang ditimbulkan dari sengatan sinar matahari akan menarik cairan ke permukaan kulit, sehingga membuat tubuh kekurang cairan. Air putih dapat mengisi cairan yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kulit tidak mengalami dehidrasi.

Mengompres kulit yang terbakar

Cara mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari atau bagian lainnya bisa dengan mengompresnya. Mengompres kulit dapat menenangkan kulit yang yang terbakar dan meradang akibat sinar matahari.

Lakukan cara ini beberapa kali steiap beberapa menit ketika kain sudah terasa tidak dingin lagi. Cara ini bisa Anda lakukan dua hari sekali selama 10 sampai 15 menit.

Nah, itu tadi teman-teman beberapa cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari menggunakan bahan-bahan alami dan perawatan yang mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,948FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan