Senin, Maret 30, 2020

Cara Melihat RAM HP Android, Work di Semua Merek

Cara melihat RAM hp – Setiap smartphone baik yang berbasis Android maupun iOS pastinya memiliki RAM atau Random Acces Memory yang berfungsi untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem.

RAM juga berpengaruh besar terhadap kinerja dan kelancaran saat menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu, semakin besar kapasitas RAM, akan semakin lancar pula sebuah smartphone untuk melakukan kegiatan multitasking.

Ada banyak varian RAM pada hp Android mulai dari 256MB, 1GB, 1,5GB, 2GB, 4GB dan bahkan saat ini banyak sekali brand smartphone yang menawarakan RAM hingga 12GB.

Lantas berapa GB kapasitas RAM smartphone Anda? Jika saat ini Anda belum mengetahui kapasitas RAM dari ponsel yang Anda miliki, mendingan simak deh cara melihat RAM hp Android yang sudah Rancah Post rangkum berikut ini.

Cara Melihat RAM HP Android

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat total kapasitas RAM sebuah smartphone, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

1. Cara Mengecek RAM HP Tanpa aplikasi

1. Untuk bisa menggunakan cara ini, silahkan Anda buka menu Setting atau Pengaturan.

2. Scrool kebawah dan cari menu Tentang Ponsel, jika sudah temukan langsung saja klik.

Cara mengecek RAM HP
Cara mengecek RAM HP. (SS)

3. Langkah terakhir tinggal Anda pilih menu Informasi Perangkat Keras. Nantinya akan muncul beberapa informasi penting seperti kapasitas RAM, memori penyimpanan internal dan lain-lain.

Cara cek RAM hp Android
Cara cek RAM hp Android. (SS)

2. Cara Mengecek RAM dengan Bantuan Aplikasi

Sebetulnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan. Namun mengingat ukuran aplikasinya yang ramah memori penyimpanan, Rancah Post merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi pengecek RAM bernama CPU-Z.

1. Install aplikasi CPU-Z dari Play Store.

2. Setelah itu, buka aplikasinya dan geser ke menu Device.

Cara cek RAM hp dengan aplikasi
Cara cek RAM hp dengan aplikasi. (SS)

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penambah RAM Untuk HP Android Semua Tipe

Selain bisa mengecek kapasitas RAM, aplikasi CPU-Z juga akan memberikan informasi yang cukup mendetai mengenai smartphone Anda. Mulai dari SoC, Sistem, Baterai dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,941FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,270PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan