Sabtu, Desember 5, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Sedang Melakukan Streaming

Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Sedang Melakukan Streaming

Cara menghemat kuota – Kuota internet merupakan hal paling penting dan wajib dimiliki oleh setiap pengguna ponsel pintar yang berbasis Android ataupun perangkat iOS.

Betul sekali, secanggih dan semahal apapun smartphone yang kita miliki rasanya bukan lagi menjadi barang beharga jika tidak adanya kuota intenet.

Apalagi kita hidup di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan smartphone dan kuota internet sudah seperti kebutuhan pokok sehari-hari.

Hal tersebut dikarenakan, hanya dengan berbekal smartphone dan kuota internet saja kita sudah bisa melakukan berbagai hal.

Contohnya belanja online, bermain game online, stalking sosial media gebetan atau mantan, streaming video di YouTube dan lain-lain.

Ngomong-ngomong soal streaming YouTube, kegiatan digital yang satu ini memerlukan banyak sekali asupan nutrisi kuota dan jaringan internet yang stabil.

Sering kali saat kita melakukan streaming video di YouTube sadar atau tidak dapat membuat kuota internet yang kita miliki cepat terkuras habis.

Hal ini biasanya dikarenakan Anda menonton video di YouTube tersebut dengan resolusi di atas 480p. Agar kuota internet Anda menjadi tidak cepat habis, tidak ada salahnya jika Anda sedikit menurunkan resolusi video yang ingin Anda tonton tersebut.

Selain dengan cara tersebut, masih ada cara menghemat kuota saat nonton video YouTube lainnya yang bisa Anda coba. Penasaran? Kalau begitu mending simak aja langsung pembahasannya berikut ini.

Cara Menghemat Kuota Internet

Untuk bisa menghemat kuota internet saat nonton video di YouTube, Anda bisa mengandalkan salah satu aplikasi bernama Opera Max.

Aplikasi tersebut tidak lain dan tidak buka dikembangkan oleh developer pembuat aplikasi browser paling populer di Android yaitu Opera Mini.

1. Download dan install aplikasi Opera Max, namun sayangnya sudah tidak bisa ditemukan dari Play Store, tapi Anda masih bisa mendownloadnya dari berbagai website penyedia aplikasi.

Cara menghemat kuota internet Telkomsel
Cara menghemat kuota internet Telkomsel. (SS)

2. Tunggu proses pengunduhan hingga selesai 100%. Setelah selesai langsung saja klik dan install aplikasinya.

Cara menghemat kuota internet 3
Cara menghemat kuota internet 3. (SS)

3. Jika proses pemasangan sudah selesai, langsung saja buka dan jalankan aplikasinya.

Cara hemat kuota internet
Cara hemat kuota internet. (SS)

Perlu di ketahui, Opera Max mampu mengkompresi data dari dua koneksi yaitu data jaringan WiFi maupun jaringan data seluler.

Menariknya lagi, aplikasi yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk meminimalisir penggunaan kuota saat menonton video YouTube.

Cara hemat kuota internet saat nonton YouTube
Cara hemat kuota internet saat nonton YouTube. (IST)

Opera Max juga dapat andalkan untuk menghemat kuota pada saat menonton tayangan favorite Anda di Netflix dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Semua HP Android

Demikianlah tips dan trik mengenai cara menghemat kuota internet. Semoga ulasannya membantu dan juga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here