Cara Mengatasi Opera Mini Yang Tiba-tiba Berhenti di Android

Cara Mengatasi Opera Mini Yang Tiba tiba Berhenti di Android
Cara mengatasi Opera Mini yang tiba-tiba berhenti di Android. (IST/NET)

RANCAH POST – Di jaman modern seperti saat ini, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan internet. Hal ini disebabkan karena internet telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, bahkan internet telah dianggap sebagai kebutuhan yang sangat penting di mana ada banyak orang yang merasakan ketergantungan terhadap teknologi tersebut.

Saat ini, setiap perangkat yang berbasis Android memang telah terhubung dengan internet sehingga tentu saja akan membantu aktivitas Anda.

Untuk bisa berselancar di dunia maya, tentu saja Anda akan membutuhkan browser, saat ini telah tersedia ada berbagai macam aplikasi browser yang bisa Anda temukan di Play Store.

Opera Mini merupakan salah satu browser yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone Android. Hal ini dikarenakan Opera Mini memiliki ukuran yang kecil dan tidak memberatkan kinerja smartphone.

Namun terkadang browser yang satu ini tiba-tiba berhenti dengan sendirinya, jika hal itu terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Opera Mini Yang Tiba-tiba Berhenti di Android

1. Bersihkan file sampah
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi Opera Mini yang mengalami error adalah dengan membersihkan file sampah atau biasa disebut dengan cache, hal ini dikarenakan file sampah yang Anda biarkan akan terus menumpuk sehingga menyebabkan berbagai masalah.

Untuk membersihkan file sampah sangatlah mudah di mana bisa Anda lakukan dari menu pengaturan.

2. Hapus data aplikasi
Cara berikutnya yang juga bisa Anda coba untuk mengatasi aplikasi Opera Mini yang tiba-tiba berhenti yakni dengan menghapus data aplikasi, cara yang satu ini akan menghapus semua data yang sifatnya sementara sehingga akan mengembalikan kondisi Opera Mini seperti semula.

Anda bisa menghentikan paksa Opera Mini terlebih dahulu di menu pengaturan, kemudian menghapus datanya.

3. Hapus riwayat pencarian
Selain menghapus data aplikasi, Anda juga bisa menghapus history atau riwayat pencarian untuk mengatasi Opera Mini yang mengalami masalah di Android.

Hal ini penting untuk Anda lakukan karena riwayat pencarian yang sudah terlalu banyak akan bisa mengakibatkan Opera Mini menjadi error, oleh karena itulah maka sebaiknya Anda membersihkan riwayat pencarian secara berkala.

4. Update Opera Mini
Untuk mengatasi aplikasi Opera Mini yang tiba-tiba berhenti di Android, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan update aplikasi tersebut.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa aplikask Opera Mini versi yang lama mungkin saja masih memiliki banyak bug yang mana hal tersebut akan membuat aplikasi menjadi error, maka dari itulah Anda bisa melakukan update Opera mini ke versi terbaru.

5. Instal ulang Opera Mini
Jika keempat cara sebelumnya belum berhasil mengatasi Opera Mini yang berhenti tiba-tiba di Android, maka Anda harus menginstal ulang aplikasi tersebut karena bisa jadi aplikasi Opera Mini mengalami kerusakan.

Untuk melakukannya, Anda harus menghentikan paksa Opera Mini terlebih dahulu melalui menu pengaturan, barulah setelah itu Anda bisa menginstal ulang aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Opera Mini adalah salah satu browser yang sering digunakan di perangkat Android, Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk mengatasi Opera Mini yang error.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama