Kamis, 28 Mei 2020
Beranda Berita Berita Internasional Selamatkan Puluhan Nyawa, Video Pilot Myanmar Airlines Daratkan Pesawat Tanpa Roda Depan...

Selamatkan Puluhan Nyawa, Video Pilot Myanmar Airlines Daratkan Pesawat Tanpa Roda Depan Viral

RANCAH POST – Meski tanpa roda depan, seorang pilot berhasil mendaratkan pesawat dan berhasil menyelamatkan 89 orang penumpang.

Insiden pesawat mendarat tanpa roda depan di Bandara Internasional Mandalay itu berlangsung pada Minggu (12/5/2019) dini hari sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Dari video yang beredar di media sosial, pesawat milik Myanmar Airlines itu mulanya terlihat mendarat dengan mulus di landasan.

Namun ketika hidung pesawat menyentuh landasan dan terlihat memercikan api, suasana pun berubah mencekam.

Menurut Wakil Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil Myanmar, Ye Htut Aung, Pilot Myanmar Airlines itu sudah berupaya mengeluarkan roda depan dengan cara manual maupun sistem komputer.

Kendati demikian, roda depan pesawat itu tetap tak bisa dikeluarkan. Kesimpulan sementara, ada kendala teknis sehingga roda pesawat tak bisa dikeluarkan.

“Pilot dua kali meminta untuk terbang berkeliling dan meminta memeriksa apakah roda pesawat keluar atau tidak,” kata Aung.

“Namun akhirnya mereka harus mendarat hanya dengan mengandalkan roda belakang, tidak ada korban karena pilot bisa mendaratkan pesawat dengan handal,” tambah Aung.

Pesawat milik Myanmar Airlines itu terbang dari Yangon. Hanya saja ketika mendekati Mandalay, roda depan tak bisa dikeluarkan.

Kapten Pilot Myat Moe Aung lantas mengikuti prosedur darurat dan membuang bahan bakar agar beban pesawat berkurang.

“Dan pilot berhasil melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Menteri transportasi Myanmar, Win Khant.

Di media sosial Twitter, video detik-detik pesawat Myanmar Airlines mendarat tanpa roda depan dibagikan oleh akun @cape_diamond.

Terlihat hidung pesawat mengeluarkan percikan api ketika pendaratan darurat itu dilakukan.

“#MNA (Embraer 190) #Yangon-#Mandalay this morning, landing at the #Mandalay airport – Nose Lansing Gear failure on landing. Flight Capt. has done the amazing job. #Myanmar,” tulis @cape_diamond.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,661FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan