Cara Screenshot Samsung Galaxy M20, Mulai dari yang Lawas, Keren dan Penuh Fungsi

Tiga Cara Screenshot Samsung Galaxy M20, Mulai dari yang Lawas, Keren dan Penuh Fungsi
Cara Screenshot Samsung Galaxy M20

RANCAH POSTCara Screenshot Samsung Galaxy M20. Beberapa hari belakangan, Samsung telah meluncurkan ponsel anyar di Indoensia. Samsung Galaxy M20 yang juga dikatakan hadir dengan spesifikasi setara Galaxy A series. Namun sedikit lebih terjangkau, karena beberapa hal.

Misalnya seperti dukungan bodi plastik, yang lebih murah namun jelas tidak murahan. Ponsel ini juga dibekali layar terbaru Samsung, berupa jenis layar Infinity-U Display, dengan ukuran 6,3 inci.

Dan layar ini sendiri menariknya tidak menggunakan teknologi Super AMOLED seperti kebanyakan ponsel andalan Samsung. Melainkan jenis layar PLS TFT Display.

Jenis layar ini jugalah yang menjadi alasan lain mengapa harganya lebih terjangkau.

Selain harga Samsung Galaxy M20 lebih murah, ia juga memiliki daya tarik lainnya. Diantaranya adalah sistem operasi yang bisa dikatakan lebih pure Android dibanding hp Samsung lainnya. Karena tidak ada banyak aplikasi bawaan di hp Samsung M20 ini.

Demikian itu beberapa ulasan singkat mengenai spesifikasi dan kelebihan Samsung Galaxy M20. Sayang, tidak seperti kebanyakan hp Xiaomi yang sudah disediakan fitur quick button untuk menangkap layar, cara screenshot Samsung M20 masih terbilang klasik.

Khususnya pada Samsung Galaxy M20 yang tampak seperti menawarkan Stock ROM Android ini, ada beberapa fitur yang tidak tersedia.

Namun untuk mempermudah melakukan screenshot atau menangkap gambar, Samsung juga menyertakan sejumlah cara lain. Meski harus diaktifkan terlebih dahulu sebelumnya.

Berikut beberapa cara menangkap layar pada Samsung Galaxy M20.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M20

1. Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama ini bisa dikatakan sebagai cara ampuh, yang bekerja dengan baik di nyaris semua hp ber-OS Android.

Cara klasik namun ampuh dan mudah digunakan ini memang sudah cukup terkenal. Meski sedikit ribet, karena tanpa keahlian, perlu dua tangan untuk melakukannya.

Kombinasi tombol fisik yang dimaksud di sini adalah kombinasi tombol Power dan Volume Down. Caranya mudah, yakni dengan menekan tombol power + Volume (-) beberapa saat, hingga terdengar bunyi jepretan seperti Shutter kamera.

Memang cara ini terbilang mudah. Namun melakukan screenshot pada Samsung Galaxy M20 dengan kombinasi tombol fisik ini agak kurang efisien, khususnya ketika sedang tergesa-gesa. Malah jika koordinasi antara tangan kiri dan kanan, atau jari yang satu dengan yang lain, malah tiba-tiba menurunkan volume, atau mengunci layar.

Lebih parah lagi, bagian yang akan diambil screenshot-nya menjadi kurang mantap, gara-gara ada tampilan drop-down dari pengontrol volume di atasnya.

2. Menu Game Launcher

Menu ini biasanya akan menawarkan pilihan untuk aktif ketika Anda mulai memainkan game di Samsung Galaxy M20. Menariknya, selain menawarkan peningkatan performa saat bermain game, Game Launcher juga menambah fitur keren, termasuk diantaranya bisa menjadi cara screenshot di Samsung Galaxy M20.

Fitur yang dimaksud adalah kehadiran menu kecil, selain dari tombol navigasi, yang akan secara otomatis muncul ketika Anda memainkan game.

Fitur ini tampaknya sengaja disuguhkan bagi para pemain dan pencinta game. Karena selain menawarkan cara screenshot game di hp Samsung M20, ada juga cara merekam game dan melakukan hal menarik lainnya.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke menu Setting > Fitur Lanjutan > Game. Kemudian aktifkan Game Launcer dengan menggeser pendul di sisi kiri tulisan Game Launcher hingga berwarna biru muda.

Mode Screenshot Game Launcher Samsung M20

Cara Mengaktifkan Mode Game Launcher
Cara Mengaktifkan Mode Game Launcher

Dan untuk menikmati fitur ini, cukup geser dari kanan ke kiri ketika Anda sedang bermain game. Biasanya akan muncul di bawah tombol navigasi. Dengan logo yang tampak bertema Game.

Mode Screenshot Game Launcher Samsung M20

Tinggal pencet dan menu Game Launcer seperti screenshot dan perekam game akan muncul.

3. Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy M20 adalah OS yang murni atau bersih. Namun ini juga jadi kelemahan tersendiri, khususnya karena tidak ada fitur lain yang merupakan fitur bawaan untuk mengambil screenshot pada Samsung Galaxy M20 ini.

Namun ada pilihan ketiga, yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3. Untuk jenis aplikasi ini sendiri bisa Anda temukan di Play Store. Dan ada banyak jenis aplikasi yang bisa Anda pilih.

Setiap aplikasi juga menawarkan cara tertentu, dan terkadang ada pula yang menawarkan cara berbeda, serta beberapa cara screenshot Samsung Galaxy M20 dan ponsel Android lainnya.

Anda bisa memilih aplikasi sesuai selera Anda. Ada yang simpel, ada yang penuh fitur, dan lainnya.

Samsung Galaxy M20 sendiri sudah resmi hadir di Indonesia saat ini. Ia tampil dalam dua varian. Yakni model dengan 3GB RAM dan 32GB ROM, serta model kakap dengan 4GB RAM dan 64GB ROM.

Adapun harga Samsung Galaxy M20 dibanderol mulai Rp2,7 jutaan. Dan sudah bisa dibeli di sejumlah toko online di tanah air.

BACA JUGA : Cara Screenshot Asus Zenfone Max Pro M2 dan Max M2 Lengkap, Mudah dan Praktis

Demikian itulah cara screenshot Samsung Galaxy M20. Meski ada cara lawas yang selalu bisa diandalkan, ada kalanya kita juga perlu mencoba beberapa cara baru yan lebih menarik dan menawarkan keunggulan tersendiri.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama