Senin, 28 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Penyelamatan Pertama Ketika Smartphone Android Terkena Air

Penyelamatan Pertama Ketika Smartphone Android Terkena Air

RANCAH POST – Memang bukan masalah jika ponsel yang terkena air memiliki fitur water resistant. Namun jika ponsel Anda tidak memiliki fitur tahan air, maka ponsel bisa mengalami kerusakan.

Sebab perangkat seluler pada dasarnya termasuk media elektronik yang tidak tahan air. Jika air masuk ke bagian dalam akan menyebabkan masalah korsleting dan malfungsi.

Agar tidak sampai mengalami hal tersebut, Anda wajib memberikan penyelamatan yang tepat ketika perangkat Android terkena air.

Jangan sampai salah melakukan penyelamatan, karena akan membuat potensi kerusakan lebih besar. Smartphone pun akan lebih sulit diperbaiki karena air sudah terlanjur masuk lebih dalam ke beberapa komponen.

Misalnya saja chipset, Anda mesti memastikan secara baik bahwa ponsel benar-benar sudah kering ketika terkena air, baru kemudian mengoperasikannya lagi.

Nah berikut ini ulasan lebih lanjut untuk tips pertolongan pertama untuk ponsel yang terkena air.

Pertolongan Pertama Smartphone Yang Terkena Air

1. Segera amankan ponsel
Jika smartphone terkena air, jangan langsung panik. Segera amankan ponsel dari genangan air. Pastikan air tidak masuk ke port atau lubang charger.

Sebab jika sampai masuk, kondisinya akan memperparah kerusakan. Air bisa membuat ponsel mengalami hubungan arus pendek.

Segera amankan ponsel dan letakan di tempat yang benar-benar kering.

2. Jangan langsung dihidupkan
Jika ponsel mati, jangan langsung dihidupkan untuk mengecek kondisinya. Namun jika ponsel masih menyala, segera matikan. Tujuannya untuk mengurangi risiko hubungan arus pendek dan mencegah kerusakan lebih parah.

Pastikan ponsel dalam kondisi mati agar kita bisa lebih mudah melepas beberapa komponen dan mengeringkannya.

3. Lepaskan beberapa komponen
Setelah dalam kondisi mati, lepaskan beberapa komponen yang bisa dilepas. Mulai dari casing, memori eksternal, SIM Card, hingga baterai.

Namun jika baterainya non-removable, Anda tidak perlu memaksakan untuk melepasnya karena hanya ahli khusus yang bisa melakukannya.

Lepaskan semua komponen agar air tidak merusaknya. Selain itu agar proses pengeringannya lebih maksimal.

4. Keringkan dengan lap bersih
Keringkan ponsel dengan lap bersih dan menyerap air. Keringkan secara perlahan-lahan. Pastikan semua komponen tidak terkena air atau memiliki percikan air.

Jika sulit menemukan lap bersih, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Jangan gunakan hairdryer karena akan membuat percikan air menyebar.

Pastikan hati-hati ketika menggunakan vacuum cleaner agar tidak merusak komponen.

5. Pasang dan hidupkan kembali
Setelah benar-benar kering, segera pasang semua perangkat. Hidupkan ponsel kembali. Jika tidak menyala, cobalah charger terlebih dulu.

Biasanya jika perangkat sudah kering ponsel akan hidup kembali. Namun jika tidak mau menyala, berarti terdapat kerusakan pada salah satu sirkuit atau komponennya. Segera bawa ke service center.

BACA JUGA: Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

Nah itu dia beberapa tips penyelamatan smartphone yang terkena air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,946FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan