Hal Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Smartphone

0
Hal Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Smartphone
Hal yang harus dihindari saat menggunakan smartphone. (IST/NET)

RANCAH POST – Agar smartphone tetap awet, kita harus tahu bagaimana menggunakannya secara baik. Banyak pengguna yang tidak sadar melakukan hal sepele padahal efeknya bisa merusak ponsel.

Banyak kasus kerusakan smartphone yang terjadi karena salah menggunakannya. Mulai dari kerusakan pada sistem, software, hingga perangkat hardware-nya tersendiri.

Pada bagian baterai juga merupakan komponen yang mudah mengalami kerusakan. Penanganannya pun memerlukan biaya yang cukup besar.

Agar tidak sampai mengeluarkan biaya dalam jumlah besar, Anda mesti menghindari berbagai macam hal tersebut.

Misalnya tidak mengecas baterai dengan sembarang charger, menutup aplikasi secara paksa, jarang update software dan aplikasi, hingga menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Tujuannya agar smartphone lebih awet dan tidak membuat budget Anda sia-sia. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk berbagai hal yang harus dihindari saat menggunakan smartphone.

Hal Yang Dihindari Ketika Menggunakan Smartphone

1. Menutup aplikasi secara paksa
Menutup aplikasi secara paksa untuk beberapa kali memang tidak begitu berpengaruh. Namun jika sering dilakukan akan merusak Android Anda.

Sebab ketika membuka aplikasi, bagian dari data akan tersimpan di RAM. Ketika membuka aplikasi untuk kedua kalinya akan termuat lebih cepat karena sudah terdapat cache.

Jika Anda menutup aplikasi secara paksa, otomatis data yang tersimpan di RAM hilang. Proses penyimpanan data pada RAM akan dimulai dari awal lagi.

Jika terus dilakukan akan membuat peforma Android menurun.

2. Menggunakan antivirus lebih dari satu
Cukup satu antivirus saja. Jangan gunakan antivirus lebih dari satu. Sebab akan mempengaruhi penggunaan RAM dan daya baterai.

Jika antivirusnya lebih dari satu, konsumsi RAM dan daya baterai lebih besar dan menyebabkan Android mudah lag.

Efek lainnya bisa menyebabkan crash antar aplikasi. Cukup pakai satu antivirus saja dan uninstall salah satunya.

3. Mengabaikan update software
Update software bertujuan agar perangkat lebih maksimal beroperasi. Berbagai pembaruan sistem pun akan Anda jumpai dalam update software ini.

Mengabaikan update software akan menyebabkan Android mudah lag, terjangkit virus, hingga tidak kompatibel menjalankan beberapa jenis aplikasi.

Jika memungkinkan, segera update software dan pastikan data Anda di backup terlebih dulu.

4. Download aplikasi dari sumber tidak jelas
Android memang memberikan perlindungan dari virus. Namun dalam catatan jika aplikasinya diunduh dari sumber yang jelas.

Jika Anda kerap mengunduh aplikasi dari sumber tidak jelas, dikhawatirkan aplikasi tersebut membawa virus. Jika virus sudah masuk ke ponsel, penanganannya akan lebih sulit.

Memang sudah ada antivirus, namun ada baiknya mencegahnya daripada mengatasinya.

5. Menggunakan ponsel ketika sedang diisi baterai
Agar daya baterai lebih awet dan pengisian cepat, cobalah matikan ponsel ketika proses pengisian. Jangan terlalu sering menggunakan ponsel ketika sedang diisi.

Sebab akan terjadi arus keluar dan masuk secara tidak teratur. Pengisian pun menjadi tidak maksimal. Baterai lebih mudah aus dan kembung.

Mungkin jika baterainya removable masih mudah menggantinya. Namun jika baterainya non-removable akan lebih sulit memperbaikinya.

BACA JUGA: Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

Nah itu dia beberapa hal yang harusnya tidak Anda lakukan agar smartphone lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here