Cuaca Ekstrim Berpotensi Membahayakan Keselamatan Umum, Ini Imbauan Pemdes Cisontrol

Cuaca Ekstrim Berpotensi Membahayakan Keselamatan Umum Ini Imbauan Pemdes Cisontrol
Cuaca Ekstrim Berpotensi Membahayakan Keselamatan Umum Ini Imbauan Pemdes Cisontrol

RANCAH POST – Belum lama ini, hujan deras yang disertai dengan hembusan angin kencang memporak porandakan sejumlah wilayah di Kecamatan Rancah.

Seperti yang terjadi pada Senin (21/1/2019) kemarin, sejumlah atap bangunan milik warga berhamburan diterjang angin puting beliung.

Bukan itu saja, angin puting beliung yang menerjang salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis itu juga mengakibatkan sejumlah pepohonan dengan ukuran cukup besar roboh dan menimpa bangunan milik warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Untuk menghindari hal serupa terjadi di wilayah Desa Cisontrol, Pemerintah Desa Cisontrol menyampaikan imbauan agar warga memangkas pohon yang berpotensi tumbang jika terkena hembusan angin.

Imbauan itu disampaikan Kepala Desa Cisontrol Waryono melalui sebuah surat pertanggal 24 Januari 2019 agar pepohonan tersebut tidak menimbulkan kerusakan terhadap tempat tinggal milik warga, jalan, fasilitas umum, dan jalur distribusi listrik milik PLN seandainya diterjang angin kencang akibat adanya cuaca ekstrim.

“Sebagai tindakan kesiapsiagaan terhadap bencana yang mungkin terjadi, dengan ini Kami himbau kepada seluruh masyarakat Desa Cisontrol dan sekitarnya yang memiliki pepohonan yang berpotensi membahayakan untuk melakukan pemangkasan/penebangan,” demikian bunyi dari surat yang diterima Rancah Post.

Diberitakan sebelumnya, terjangan angin puting beliung menghantam sejumlah wilayah di Kecamatan Rancah.

Tak hanya merusak bangunan, sejumlah pepohonan berukuran cukup besar tumbang dan melintang ke tengah jalan.

BACA JUGA: Puting Beliung Rancah, Atap Rumah Warga Porak Poranda, Tiang Listrik dan Pepohonan Roboh

Bukan itu saja, kondisi cuaca ekstrim di Rancah juga mengakibatkan sebuah tiang listrik patah sehingga roboh dan menimpa kantor Polsek Rancah.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama