Cara Mengatasi Google Play Store Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Bermasalah
Cara mengatasi Google Play Store yang bermasalah. (IST/NET)

RANCAH POST – Android saat ini menjadi sistem operasi yang sangat populer, dimana sistem operasi ini telah dipilih oleh banyak vendor untuk digunakan pada perangkat smartphone dan tablet yang mereka produksi.

Android sendiri merupakan sistem operasi besutan Google yang dikembangkan untuk perangkat mobile yang mengadopsi teknologi layar sentuh.

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar masyarakat memilih perangkat berbasis Android, salah satunya adalah karena ketersediaan aplikasi yang sangat banyak.

Ya, sistem operasi Android memang bersifat open source yang mana akan memudahkan para developer untuk mengembangkan aplikasi bagi Android.

Pihak Google sendiri menyarankan kepada semua pengguna perangkat Android untuk mengunduh aplikasi ataupun game hanya dari Google Play Store yang mana hal ini dilakukan demi alasan keamanan.

Akan tetapi terkadang ada sebagian pengguna Android yang mengeluhkan bahwa Google Play Store-nya mengalami masalah, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Bermasalah

1. Menghapus Cache
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Play Store yang bermasalah adalah dengan menghapus cache atau file sampah, pasalnya cache yang dibiarkan akan terus menumpuk sehingga bisa memicu timbulnya berbagai masalah pada sistem.

Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus cache, sebaiknya Anda rutin melakukannya agar cache tidak menumpuk.

2. Menghapus Data
Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi Google Play Store yang error yakni dengan menghapus data.

Membersihkan data yang ada di Play Store ternyata cukup efektif untuk membuat Play Store berfungsi dengan normal, cara yang satu ini akan membuat pengaturan Google Play Store kembali seperti semula, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu pengaturan aplikasi.

3. Uninstal Update
Perlu Anda ketahui bahwa update aplikasi tidak selalu memberikan dampak yang baik karena bisa jadi versi update tersebut justru tidak kompatibel dengan perangkat Android yang Anda gunakan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan uninstal update sehingga Play Store akan kembali seperti sebelumnya, Anda bisa masuk ke pengaturan, pilih aplikasi, pilih Play Store, kemudian uninstal update.

4. Atur Ulang Google Account
Untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah di Android, Anda bisa mencoba untuk mengatur ulang Google Account yang digunakan pada Play Store.

Anda harus menghapus Google Account terlebih dahulu dengan masuk ke menu pengaturan, pilih akun, kemudian pilih Google Account, dan pilih remove.

Setelah menghapusnya, Anda bisa menambahkan kembali Google Account tersebut.

5. Aktifkan Download Manager
Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan mengaktifkan Download Manager.

Hal ini harus Anda lakukan karena jika Download Manager belum diaktifkan, maka tentu saja Anda tidak bisa mengunduh aplikasi di Play Store.

Untuk melakukannya sangat mudah, Anda bisa masuk ke menu manajer aplikasi dan mengaktifkan Download Manager.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Penelusuran Yang Error

Terkadang Google Play Store memang mengalami masalah, oleh karena itulah maka Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama