Amankan Website dan Lindungi Pelanggan, Pasang Sertifikat SSL Sekarang!

Amankan Website dan Lindungi Pelanggan, Pasang Sertifikat SSL Sekarang!
Sertifikat SSL. (IST/NET)

RANCAH POST – Ada orang yang bilang, sekarang ini bukan lagi zamannya nge-blog. Tapi udah ganti jadi zamannya nge-vlog. Emang bener gitu? Semua konten yang dulu asyik dibahas di blog, sudah beralih ke bentuk video, dan ngumpul di situs jejaring video garapan Google, YouTube.

Bener atau enggaknya masih belum jelas sih. Yang pasti, belum semua konten berbasis blog sukses diambil alih vlogger. Atau lebih tepat jika kita katakan lebih luas, bahwa belum semua fungsi website bisa diambil alih sistem pervideoan.

Oke, mulai aja kita bahas beberapa diantaranya. Misalnya sistem belanja online. Walaupun secara teknik, masih bisa menggunakan video sebagai sarana promosi, dan link menuju marketplace atau toko online, atau kontak WhatsApp sebagai media jual beli nantinya dicantumkan. Namun pembeli pasti lebih enjoy belanja langsung di website.

Khususnya untuk Anda yang memiliki produk atau brand sendiri. Mulai dari produk fashion, kerajinan, makanan dan lain sebagainya. Pasti lebih asyik jika ada situs resminya langsung.

Fungsi kedua dari website yang tidak kalah penting adalah informasi detail. Tentu, kita akan bisa mendapat banyak informasi dari video, dan dengan kecepatan akses internet yang tinggi saat ini, serta kuota memadai.

Tetap saja untuk mendapat informasi detail, membuka situs berita online lebih melegakan dibanding nyetel video berita misalnya. Meskipun kuota memadai, jika di-repeat berkali-kali tetep jebol kan?

Dan yang terakhir adalah kebutuhan bisnis. Sekeren apapun video yang Anda buat, segaya apapun, se-resmi apapun itu, tanpa adanya website resmi, atau official website kalo bahasa kerennya, tetep gak kelihatan resmi dan keren.

Coba bayangkan, Anda buka bisnis tahu bulat berbasis internasional. Tentunya Anda membutuhkan sebuah website company profile yang gaya dan menarik untuk mempromosikan tahu ke seluruh dunia.

Memasang video Anda sedang makan tahu dengan nikmat saja tidak akan cukup, apalagi untuk menarik konsumen dari luar negeri. Di sinilah, peran website dan blog masih diperlukan.

Jika kita kembali merenungkan tiga contoh di atas, rasanya ketiganya memang masuk kelas bisnis semua ya. Setidaknya, kelas profesional lah, bukan cuman blogging buat ngabisin waktu seharian doang.

Nah, mumpung lagi nyambet ke masalah website yang profesional, setidaknya gak mantap kalo gak ngebahas juga masalah web hosting. Salah satu faktor paling penting dalam membangun dan mengelola website secara profesional.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan web hosting. Mulai dari harga, daya tampung data dan bandwith, teknologi yang ditawarkan, kecepatan akses, dan keamanan.

Untuk beberapa hal lain tentu perlu dengan pasti dipertimbangkan. Baik daya tampung, teknologi dan khususnya kecepatan akses adalah hal penting. Lalu bagaimana dengan keamanan? Tidakkah penting?

Bukannya gak penting sih, cuma ada beberapa cara mengakali fitur satu ini. Misalnya dengan memasang teknologi SSL terpisah.

Meski banyak layanan yang menawarkan web hosting yang sudah include SSL di dalamnya, namun bagi Anda yang sudah terlanjur beli hosting murah tanpa SSL dengan jangka waktu berlangganan cukup panjang, kan sayang kalo dibuang.

Dengan memasang teknologi SSL terpisah ini, Anda bisa menuntaskan masalah keamanan tersebut. Dan untuk rekomendasi buat kalian, yang mau beli SSL murah, tentu bisa pilih Hostinger.co.id.

Tentu saja, bagi Anda yang merupakan pemula di dunia blogging dan per-website-an, maka mungkin beberapa paket web hosting murah dari hostinger juga bisa jadi bahan referensi dan pertimbangan. Terutama yang sudah include SSL dari sononya.

Nah, lalu apa sih pentingnya sertifikat SSL untuk website, sehingga kita perlu banget memperhatikannya?

Fungsi utamanya tentu saja keamanan. Khususnya berhubungan dengan keamanan data pengguna dan pemilik website sendiri. Berbeda dengan blog yang biasanya tidak memuat data pengguna yang terlalu penting, data yang ditampung atau dimainkan dalam situs seperti toko online dan situs bisnis lainnya merupakan data yang sensitif.

Seperti username, password, email, nomor telepon dan bahkan data rekening yang amat penting. Dengan demikian, diperlukan teknologi SSL untuk menjaga keamanan transfer data antara pengguna dan pemilik website.

Dengan adanya SSL, proses komunikasi data akan dilindungi dengan enkripsi khusus, sehingga menyulitkan pencurian data. Selain itu, juga lebih keren dan branded bukan? Dengan adanya label https di depan url website, rasanya lebih resmi gimana gitu.

Penggunaan SSL juga akan membuat website Anda lebih disukai pengguna, karena mereka akan lebih aman dan nyaman dalam mengaksesnya. Serta dapat berpengaruh terhadap ranking Google.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama