Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J6+, Snapdragon 425 dengan 4GB RAM

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J6+, Snapdragon 425 dengan 4GB RAM

RANCAH POSTHarga Samsung Galxy J6 Plus. Satu ponsel anyar lainnya dari pabrikan asal Korea Selatan, Samsung Galaxy J6 Plus hadir sebagai andalan baru di seri Galaxy J. Bukan cuma hadir dengan upgrade di berbagai sektor, smartphone baru Samsung ini juga menawarkan beberapa kelebihan dan spesifikasi yang bisa dikatakan menarik.

Mengapa demikian? Bisa dikatakan menarik, karena spesifikasinya terkesan tidak biasa. Bahan ada beberapa pengamat berpendapat bahwa spesifikasi Samsung Galaxy J6+ ini sedikit labil, atau bahasa halusnya kurang seimbang.

Samsung menyematkan prosesor kelas mid-range Snapdragon 425, yang kita cukup akrab karena banyak dipakai di ponsel kelas murah. Sebut saja seri Xiaomi Redmi 4A sampai Redmi 6A terbaru.

Namun semua ponsel dengan prosesor tersebut rata-rata menawarkan 2GB RAM saja, namun lain halnya dengan Galaxy J6+ yang malah dibekali 4GB RAM. Padahal biasanya model 3GB RAM saja sudah cukup kakap untuk prosesor ini.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa harga Samsung Galaxy J6+ sedikit lebih mahal ketimbang ponsel pesaing yang menggunakan prosesor yang sama.

Baik, tanpa banyak timbrung lagi, langsung kita jajal spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J6+ dalam review singkat berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J6+

Samsung J6+ hadir sebagai ponsel kekinian, dengan layar InfinityDisplay, menawarkan ukuran laya 6 inci bermodal rasio 18,5:9 dengan resolusi HD+ 720 x 1480 piksel.

Menariknya, meski dikatakan InfinityDisplay karena rasionya sama dengan kebanyakan ponsel Samsung, namun Galaxy J6+ tidak menggunakan layar Super AMOLED kebanggan Samsung, melainkan panel IPS LCD dengan kerapatan layar mencapai 274ppi.

Membahas mengenai ukuran layar, tentu bodi yang membalut ponsel juga cukup badag. Yang pasti lebih besar dibanding bodi Samsung Galaxy J6 yang menawarkan layar lebih kecil.

Selain itu desain ponsel juga banyak berubah dibanding seri Galaxy J6. Misalnya hilangnya sensor pemindai sidik jari yang pindah dari bagian punggung ponsel, ke sisi samping. Meninggalkan modul kamera ganda dan LED Flash, beserta logo Samsung di sisi punggung.

Adapun untuk ukuran bodi ponsel, ia hadir dengan dimensi 161,4 x 76,9 x 7,9mm dan boboy mencapai 178 gram.

Beralih ke bagian dapur pacu, Anda akan menemukan, bahwa Galaxy J6 Plus ini dilengkapi prosesor buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 425 yang terkenal dengan chip quad-core 1,4 GHz berbahan Cortex-A53-nya.

Kemudian untuk memori, memang mengejutkan, mengingat spek bagian ini dibuat lebih menggelegar. Dimana ia hadir dalam dua model ukuran berbeda.

Model kakapnya, seperti yang dibangga-banggakan mengusung 4GB RAM, padahal pakai Snapdragon 425 yang quad-core. Dan dibekali pula 64GB ROM. Sementara untuk model lebih murah menawarkan 3GB RAM dengan 32GB ROM. Agaknya sedikit lebih masuk akal.

Kedua model, menariknya sama-sama TIDAK dilengkapi dengan slot microSD. Yang membuat ponsel ini sedikit aneh, terlebih karena kawannya rata-rata pada pakai semua. Dan untuk OS, tentu saja Android 8.1 Oreo hadir sebagai software bawaan, dengan berbagai kostumisasi Samsung tentunya.

Beralih ke sektor kamera. Peningkatan lain dibanding Galaxy J6, adalah kehadiran dari kamera ganda pada seri ini. Dimana ia menggunakan sensor 13MP + 5MP dengan kombinasi wide+depth sensor, lengkap dengan Autofokus dan LED flash tentu saja.

Kamera depan juga tidak akan kalah dalam hal performa. Selain menggunakan sensor 8MP, bagian sisi depan ponsel ini juga sudah dibekali teknologi LED Flash yang tidak kalah ciamik.

Tak perlu diragukan lagim konektivitas lengkap juga hadir pada ponsel andalan Samsung tersebut. Tak cuma mengandalkan 4G LTE dengan VoLTE sebagai pendukung konkesi di jaringan mobile, fitur WiFi 802.11 dan Bluetooth v4.2 juga dibuat seolah hal biasa, dengan hadirnya dukungan koneksi NFC pada model mid-range satu ini. Meski masih tergantung pada regional juga sih, untuk pemakaiannya.

Adapun untuk sisi koneksi kabel dan pengisian daya, ia masih menggunakan port microUSB v2.0 sebagai andalan, meski ada dukungan USB OTG di sana.

Dan bicara pengisian, memang disayangkan karena tidak adanya teknologi fast charging yang ditawarkan. Namun mengisi daya juga tidak akan terlalu lama, mengingat kapasitas baterai ponsel ini sendiri cuma 3300 mAh, dengan jenis baterai Li-Ion yang dipasang permanen di dalam bodi ponsel.

Samsung Galaxy J6 Plus
Samsung Galaxy J6 Plus

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J6+

JaringanGSM / HSPA / LTE
Bodi161,4 x 76,9 x 7,9 mm, 178 gram
SIMDual-SIM nano dual-standby
LayarIPS LCD, 6 inci 720 x 1480 piksel, 274ppi
OSAndroid 8.1 Oreo
ChipsetQualcomm Snpadragon 425, quad-core 1,4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
Memori4GB RAM 64GB ROM / 3GB RAM 32GB ROM
Kamera UtamaDual 13MP f/1.9 + 5MP f/2.2, Autofocus, LED Flash
Kamera Depan8MP f/1.9, LED Flash
WLANWiFi 802.11, b/g/n, WiFi Direct, Hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB v2.0, USB OTG
SensorFingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, barometer, compass
BateraiLi-ion 3300 mAh, non-removeable
WarnaBlack, Grey, Red
HargaRp2.799.000,-

Harga Samsung Galaxy J6 Plus

Soal harga Samsung Galaxy J6 Plus sendiri, menariknya ia tidak semurah ponsel bertenaga Snapadragon 425 kebanyakan.

Malah bisa dikatakan bahwa harga ponsel ini hampir dua kali lipat dari smartphone dengan prosesor serupa. Bukan karena gensi semata sih, namun memang kehadiran beberapa fitur unggul juga menjadi penyebabnya.

Sebut saja kamera ganda, sensor pemindai sidik jari di bagian pinggir, layar 6 inci meski cuma HD+, dan kemudian dengan 4GB RAM.

Harga Samsung Galaxy J6+ dengan 4GB RAM sendiri dijual mulai Rp3.499.000. Cukup lumayan bukan? Dan untuk model Samsung J6+ dengan 3GB RAM dan 32GB ROM akan ditawarkan Rp2.799.000.

Ponsel ini pada dasarnya akan tersedia dalam tiga pilihan warna utama. Yakni Red, Grey dan Black.

BACA JUGA : Harga Samsung Galaxy Note 9 dan Spesifikasi, 8GB RAM dengan Fitur Teranyar

Demikianlah review singkat mengenai harga dan spesifikasi Samsung Galaxy J6+ lengkapnya. Ponsel unik menarik dengan 4GB RAM namun masih pakai Snapdragon 425 sebagai pemacu kinerja.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama