Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Paling Mudah dan Praktis

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi
Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. (IST/NET)

RANCAH POSTCara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi. Bagi sebagian orang mungkin menginstal aplikasi bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan dari orang lain.

Tetapi seiring berjalannya waktu, seringnya menggunakan sebuah aplikasi tertentu bisa memunculkan data-data yang tidak elok jika harus diketahui oleh orang lain.

Contohnya aplikasi perpesanan yang lagi booming dikalangan masyarakat generasi milennial, yakni aplikasi olah pesan WhatsApp.

Biasanya setelah digunakan aplikasi tersebut akan memuat banyak chat dan beberapa diantaranya jika diketahui oleh orang lain bisa menjadi suatu hal yang paling memalukan. Seperti halnya chat dari mantan yang harus disembunyikan dari pacar atau gebetan.

Oleh sebab itu, beberapa orang kemudian berupaya untuk menyembunyikan aplikasi dan data-data pentingnya agar privasi dapat lebih terlindungi sehingga tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya.

Bagi para pengguna perangkat Android umumnya dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download secara gratisan di Play Store.

Lalu bagaimana dengan perangkat Xiaomi? Berbeda dengan perusahaan pengembang ponsel lainnya, Xiaomi selalu memberikan utilitas lebih pada setiap ponsel rakitannya.

Melalui MIUI miliknya, Xiaomi menyediakan fitur yang dapat menyembunyikan aplikasi sehingga para penggunanya tidak perlu repot menginstal aplikasi pihak ketiga pada perangkatnya.

Lalu seperti apa cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi? Berikut langkah-langkahnya simak baik-baik!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

1. Langkah pertama, ambil hp Xiaomi Anda (yang mengusung MIUI) kemudian pilih menu Setting atau Pengaturan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi MIUI 9
Cara sembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. (IST/NET)

2. Selanjutnya, pada bagian halaman Pengaturan, silahkan ketik App Invisible pada kolom pencarian.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Redmi 4X
Cara menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi. (IST/NET)

3. Jika sudah Anda temukan, kemudian masuklah ke bagian opsi App Invisible.

4. Kemudian, tinggal pilih aplikasi apa saja yang hendak disembunyikan. Kamu cukup memberi centang di bagian lingkaran yang ada di samping kanan tiap-tiap aplikasi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Mi A1
Cara sembunyikan Aplikasi di Xiaomi. (IST/NET)

5. Setelah memberi centang pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, pilihlah OK agar pengaturan bisa tersimpan. Jika Anda keluar dari “pengaturan” dan belum memilih “OK”, maka aplikasi tersebut statusnya belum disembunyikan.

Setelah semua langkah atau cara menyembunyikan aplikasi di handphone Xiaomi tersebut dilakukan, silakan Anda masuk ke tampilan utama yang menunjukkan aplikasi.

Cek kembali apakah aplikasi yang Anda sembunyikan ada di pilihan aplikasi atau tidak. Kalau langkahnya sesuai, pasti aplikasi yang Anda centang tadi tidak muncul di daftar aplikasi utama.

Jika Anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang tadi disembunyikan, Anda bisa masuk kembali ke bagian “App Invisible” di menu “Setting” seperti langkah yang tadi disebutkan.

Kemudian, hilangkan tanda centang di aplikasi yang tercentang untuk disembunyikan. Dengan cara ini, maka aplikasi Anda kini kembali muncul.

BACA JUGA: Cara Hapus Aplikasi Bawaan ASUS Zenfone Max Pro M1 Tanpa Root dan UBL

Itulah tips dan cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi, mudah bukan?

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama