Mengingat Kembali Tata Cara Shalat Idul Fitri

Mengingat Kembali Tata Cara Shalat Idul Fitri
Mengingat Kembali Tata Cara Shalat Idul Fitri

RANCAH POST – Seluruh umat Islam yang tak ada uzur, tak terkecuali wanita yang sedang haid, dianjurkan untuk keluar rumah ketika tibanya hari raya idulfitri maupun iduladha.

Bagi yang sama sekali tidak berhalangan atau tak memiliki uzur, hukum shalat sunnah id adalah sunnah muakad.

Secara umum, tata cara shalat idul fitri tidak berbeda dengan shalat 5 waktu pada umumnya. Meski demikian ada beberapa teknis dalam tata cara shalat idul fitri yang berbeda dengan shalat pada umumnya.

Sebelum membahas tata cara shalat idul fitri, ada baiknya kita mengetahui kapan waktu dimulainya shalat idul fitri ini.

Bila shalat iduladha dianjurkan dilaksanakan awal waktu demi memberi kesempatan kepada yang ingin berkurban setelah shalat, shalat idulfitri dianjurkan diperlambat untuk memberikan kesempatan bagi Muslim yang belum membayar zakat fitrah.

Selain dilakukan secara berjamaah, shalat idulfitri berjumlah dua rakaat dan ada khutbah setelahnya. Lengkapnya, berikut tata cara shalat idul fitri.

Pertama, melafalkan niat. Hukum melafalkannya sunah, yang wajib adalah ada maksud sadar dan sengaja dalam hati kita akan melaksanakan shalat sunnah idul fitri.

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Kedua, takbiratul ihram dan membaca doa iftitah. Setelah membaca doa iftitah, dilanjutkan dengan melakukan takbir sebanyak 7 kali dan diantara takbir itu membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Ketiga, membaca al-Fatihah. Setelah membaca al-Fatihah dianjurkan membaca surat al-Ghasiyah. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan sebagaimana dalam shalat hingga berdiri kembali untuk rakaat kedua.

Keempat, saat berdiri dirakaat kedua, kembali bertakbir sebanyak lima kali dengan bacaan di antara takbir seperti pada poin kedua dan dilanjutkan hingga akhirnya shalat diakhiri dengan salam.

Kelima, setelah salam jamaah mendengarkan khutbah idul fitri hingga selesai. Dalam khutbah yang pertama, khatib disunnahkan melantunkan takbir hingga 9 kali, sedangkan pada khutbah kedua disunnah bertakbir sebanyak 7 kali.

BACA JUGA: Ormas ini Tetapkan 1 Syawal 2018 Jatuh Pada Tanggal 15 Juni

Demikian tata cara shalat idul fitri sebagaimana dihimpun Rancah Post dari laman nu.or.id, semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama