Harga Sharp A2 Lite dan Spesifikasi, Dibekali Face Unlock dengan Baterai 4000 mAh

Harga Sharp A2 Lite dan Spesifikasi, Dibekali Face Unlock dan Baterai 4000 mAh
Harga Sharp A2 Lite

RANCAH POST – Harga Sharp A2 Lite. Meski sempat disusul dan diungguli oleh pesaing lain di kelas bezel-less, namun Sharp masih belum mau menyerahkan pasar smartphone mereka begitu saja. Dengan basis penggemar yang bisa dibilang masih lumayan, perusahaan kenamaan di sektor elektronik ini kembali menghadirkan ponsel di kelas mid-range, dengan nama Sharp A2 Lite.

Ya, dari namanya saja sudah bisa ditebak, jika ponsel anyar Sharp ini hadir sebagai varian Lite dari model utama, Sharp A2. Namun jangan remehkan spesifikasinya, karena ponsel ini terbilang cukup mumpuni di kelasnya.

Meski masih mengandalkan chipset dengan CPU quad-core, dukungan 3GB RAM dan 32GB ROM yang terbilang lumayan juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Belum lagi beberapa fitur keren lain, seperti hadirnya layar FullView dan kamera mumpuni di punggung dan diatas layar hp Sharp A2 Lite ini.

Dan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Sharp A2 Lite, mari simak review singkat berikut ini, tentang seberapa tangguh spesifikasi dan harga Sharp A2 Lite tersebut.

Spesifikasi Sharp A2 Lite

Sharp A2 Lite dibekali layar cukup cantik, dengan rasio 18:9, dan memiliki resolusi HD+. Resolusi ini berukuran pasti 720 x 1440 piksel, yang cukup khas di kalangan ponsel Full Screen kelas mid-range. Cukup mapan untuk menghadapi ponsel sekelas Xiaomi Redmi 5 yang menawarkan resolusi layar serupa.

Layar yang digunakan sendiri adalah jenis layar IPS LCD, dengan ukuran yang juga cukup lumrah di kelasnya, yakni 5,7 inci saja. Tidak sampai 6 inci, yang kebanyakan didominasi kelas layar FullHD+.

Selain itu, layar yang memiliki kerapatan hingga 282ppi ini juga tidak menawarkan perlindungan khusus seperti Gorilla Glass atau semacamnya. Cukup lumrah sih, karena kebanyakan ponsel berharga serupa juga demikian.

Beralih masalah bodi ponsel Sharp A2 Lite tampaknya terbilang cukup kompak dan ramping. Meski ukuran 8,8 mm tak bisa dikatakan tipis untuk ketebalan bodi ponsel zaman now. Disamping itu, ponsel ini memiliki dimensi tubuh 72,4mm x 152,3 mm untuk ukuran panjang dan lebarnya.

Meski tidak ramping-ramping amat, untuk masalah bobot Sharp A2 Lite terbilang ringan, dengan berat cuma 152 gram saja.

Membahas bagian dapur pacu, chipset kembangan MediaTek dengan nomor seri MT6737T hadir sebagai inti kinerja ponsel Sharp A2 Lite ini. Meski terbilang cukup disayangkan, karena chip 28nm ini masih menggunakan desain quad-core berbasis Cortex-A53 dengan clockspeed mencapai 1,4 GHz saja. Cukup setara dengan Xiaomi Redmi 5A yang dibanderol murah dibawah harga Rp1 jutaan.

Dukungan GPU pada chip ini juga mengandalkan ARM Mali-T720 MP2, yang meski agak kasar, bisa dibilang sudah cukup kuno dengan perkembangan zaman ini.

Namun ada sisi positif, atau kelebihan Sharp A2 Lite yang membuat ponsel ini pantas dipertimbangkan. Yakni pada bagian memori, dimana ia hadir dengan 3GB memori RAM, yang akan memberikan ruang lebih untuk memacu kinerja multitasking. Dan sebuah chip memori internal 32GB yang bisa menampung data ponsel lebih banyak.

Jika dirasa masih kurang, tersedia slot microSD yang juga kompatibel dengan microSDHC dan SDXC untuk menambah kapasitas simpan ponsel.

Sayangnya, selain chipset yang masih quad-core, kelemahan Sharp A2 Lite juga tampak dari bagian software, dimana ponsel ini masih menggunakan OS Android 7.0 Nougat sebagai OS bawaan. Padahal, kekurangan Sharp A2 Lite ini bisa dengan mudah ditambal jika mereka memakai Android Oreo 8.0 yang lebih baru seperti ponsel anyar lainnya.

Kemudian mengenai kamera. Tentu khususnya untuk kaum atau generasi milenial, merupakan salah satu aspek penting, kita wajib membahas kamera Sharp A2 Lite. Apakah layak atau tidak?

Mengintip ke bagian punggung, kita akan menemukan sensor kamera utama, dengan resolusi cukup menawan, yakni kamera ganda 13MP + 5 megapiksel. Menggunakan sensor CMOS BSI, dengan kemampuan merekam video FullHD 1080 x 1920 piksel dengan kecepatan 30fps. Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur, seperti ISO Setting, dukungan Digital Zoom, Continous shooting, Autofocus dan LED Flash.

Dan di bagian depan, disematkan sensor kamera yang tidak kalah apik dan menawan, yakni sensor 8 megapiksel, dengan kemampuan merekam video hingga kualitas HD yang siap membuat foto selfie Anda lebih berkesan.

Tentu saja, konektivitas juga merupakan hal penting. Percuma ponsel dengan performa apik dalam hal kinerja komputasi dan lainnya, namun lemah dalam koneksi, kan gak lucu.

Untungnya Sharp A2 Lite sudah dibekali dukungan teknologi 4G LTE, yang sebenarnya bisa dibilang fitur wajib di kelas ponsel layak saat ini. Yang juga sudah didongkrak dengan teknologi VoLTE untuk memaksimalkan kinerja dan pengalaman pengguna. Untuk koneksi lainya, ada dukungan WiFi 802.11 b/g/n yang siap memuaskan Anda, meski kekurangan Sharp A2 Lite kembali tampak dari dukungan Bluetooth yang mentok di versi 4.0 saja.

Port microUSB v2.0 ditempel di bagian bawah ponsel, berfungsi ganda sebagai pengisi daya dan transfer data, lebih lagi fitur USB OTG sudah siap Anda nikmati. Belum lagi dukungan teknologi Fast Charging juga sudah hadir di ponsel keren satu ini, dengan pengisian 5V/2A yang akan membuat Anda lebih nyaman, karena mengisi daya baterai lebih cepat.

Dan ini cukup adil untuk sebuah ponsel berkapasitas baterai 4000 mAh seperti Sharp A2 Lite ini. Baterai yang dipakai sendiri adalah jenis baterai Li-ion dan ditanam secara paten di dalam bodi ponsel.

Khusus fitur keamanan, Sharp A2 Lite menawarkan dua model fungsi pengaman. Seperti kebanyakan ponsel zaman now, Sharp A2 Lite dibekali sensor pemindai sidik jari, yang ditempatkan di bagian punggun ponsel. Sementara untuk alternatif lain, Sharp juga menghadirkan teknologi pengenal wajah pada kamera depan, sehingga memungkinkan pengguna menikmati kemudahan dari fitur Face Unlock di ponsel ini.

Harga Sharp A2 Lite dan Spesifikasi, Dibekali Face Unlock dan Baterai 4000 mAh
Sharp A2 Lite

Spesifikasi Lengkap Sharp A2 Lite

JaringanGSM / HSPA / LTE
Bodi152,3 x 72,4 x 8,8 mm, 152 gram
SIMDual-SIM nano dual-standby
Layar IPS LCD 5,7 inci, 720 x 1440 piksel, 282ppi, 18:9
OSAndroid 7.0 Nougat
 MediaTek MT6737T, quad-core 1,4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720Mp2
MemoriRAM 3GB< ROM 32GB, microSD
Kamera UtamaDual 13MP + 5MP, Autofocus, LED Flash
Kamera Depan8MP f/2.2
WLANWiFi 802.11 b/g/n, Hotspot,
Bluetooth4.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS
USBmicroUSB v2.0, USB OTG
SensorFingerprint, Face Unlock, accelerometer, proximity, compass
BateraiLi-ion 4000 mAh, Non-removeable
WarnaMidnight Black, Premium Gold
Harga Rp2.399.000,-

Harga Sharp A2 Lite

Untuk masalah harga Sharp A2 Lite, meski sudah resmi meluncur di Indonesia, namun tetap saja ada beberapa perbedaan, atau variasi harga, tergantung dari si penjual sendiri. Mengingat beberapa seller di marketplace sudah menawarkan ponsel ini juga.

Khusus untuk penjualan saat ini, Sharp A2 Lite bisa Anda temukan dengan mudah di laman JD.ID, dimana tersedia dua pilihan warna, yakni Premium Gold dan Midnight Black.

Keduanya dibanderol setara, dimana harga Sharp A2 Lite untuk dua varian warna ini ditawarkan mulai Rp2.399.000. Sebenarnya harga ini cukup mahal dibandingkan harga Xiaomi Redmi 5, dan mendekati harga Xiaomi Redmi 5 Plus, yang notabennya memiliki sepsifikasi jauh lebih mumpuni.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Sharp R1s, Dibekali Kamera Ganda dengan Baterai 5000 mAh

Demikian review singkat mengenai harga dan spesifikasi Sharp A2 Lite. Satu lagi andalan dan harapan Sharp di pasar smartphone kelas menengah, dengan spesifikasi cukup ciamik, dan fitur yang bisa dikatakan andal.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama