Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Ada Katsuko Saruhashi di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Ada Katsuko Saruhashi di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

RANCAH POST – Google Doodle hari ini, Kamis (22/3/2018), merayakan ulang tahun seorang wanita bernama Katsuko Saruhashi, ahli Geokimia asal Jepang.

Pada laman pencarian Google, Saruhashi terlihat mengenakan kacamata dengan latar ombak yang berwarna biru.

Namun jangan salah, Katsuko Saruhashi bukanlah wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Jepang, melainkan wanita yang membantu menliti efek tes nuklir yang dilakukan di lautan.

Hal itu dilakukan Saruhashi selepas Amerika Serikat melakukan uji coba nuklir di sekitar Kepulauan Marshall pada tahun 1954.

Dalam tes nuklir tersebut, pemancing ikan asal Jepang yang tengah beroperasi di wilayah itu terpapar debu nuklir sehingga menderita penyakit hepatitis.

Sejumlah prestasi diraih Katsuko Saruhashi di bidang Geokimia, seperti doktor di bidang kimia pertama Universitas Tokyo.

Bukan itu saja, Saruhashi juga menjadi wanita pertama yang menerima penghargaan ilmiah bergengsi di Negeri Sakura itu.

Berkat penelitiannya yang inovatif, Saruhashi semakin dikenal. Saruhashi pula yang menjadi orang pertama yang berhasil mengukur secara akurat konsentrasi asam karbonat dalam air berdasarkan suhu, Tingkat pH, dan klorinitas.

Hasil penelitian Katsuko Saruhashi juga menjadi alasan ilmiah untuk melarang uji coba bom nuklir di Samudera Fasifik.

Sebelumnya, pada tahun 1950, Amerika dan Uni Soviet aktif melakukan percobaan bom nuklir di atmosfer hingga pada akhirnya pada tahun 1963 ada traktat yang melarang uji coba nuklir di angkasa dan bawah air.

Tahun 1980, Saruhashi menjadi wanita pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Jepang. Lima tahun kemudian, ia meraih penghargaan Miyake Prize untuk geokimia.

Tahun 1981, ditetapkan sebuah penghargaan atas namanya, Saruhasi Prize, sebagai bentuk pengakuan terhadap ilmuan perempuan yang melakukan penelitian berbeda-beda dalam ilmu pengetahuan.

BACA JUGA: Hari Lahirnya Dirayakan Google Doodle, Siapakah Guillermo Haro?

Katsuko Saruhashi sendiri meninggal akibat pneumonia di rumahnya di Tokyo pada usia 87 tahun pada tanggal 29 September 2007.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan