Senin, 21 September 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah George Peabody?

Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah George Peabody?

RANCAH POST – Muncul pada halaman utama, hari ini Google Doodle memperingati sosok George Peabody. Siapakah dia?

George Peabody diketahui lahir pada 18 Februari 1795 dan merupakan pria Amerika yang terkenal akan kedermawanannya.

Kendati demikian, Peabody sebenarnya berasal dari keluarga miskin di South Danvers, Massachusetts.

Setelah sekolah formalnya berakhir pada usianya yang kesebelas, George Peabody kemudian bekerja di salah satu toko.

Saat bekerja di toko itulah Peabody belajar ilmu yang kemudian ia pakai dalam kehidupan dewasa, seperti cara menghadapi seseorang dan bertanggung jawab.

Ketika usianya menginjak 17 tahun, George Peabody mengelola sebauh toko di Georgetown, Columbia. Pada usia 20 tahun, ia menjadi mitra bisnis grosir. Dua tahun kemudian, kekayaannya mencapai 40 ribu dolar lebih.

20 tahun lamanya Peabody menjalankan usaha bisnisnya di Baltimore hingga akhirnya ia menjadi seorang pedagang sekaligus pemodal skala internasional.

Setelah beberapa kali melakukan perjalanan dalam rangka bisnis ke Eropa, George Peabody akhirnya memutuskan untuk menetap di London pada tahun 1837.

Di London, ia mendirikan perusahaan valuta asing bernama George Peabody & Company, dan semala di London itulah Peabody meraup banyak keuntungan dari bisnis yang dijalankannya.

Sebelum memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang pebisnis ulung, George Peabody memutuskan untuk memberikan setengah hartanya, baik di Inggris maupun di Amerika Serikat.

Harta yang ia sumbangkan itu sebagian besar difokuskan untuk dunia pendidikan.

OC Marsh yang meraih gelar Bachelor of Arts dari Yale Univeristy pada tahun 1860 merupakan keponakan yang menerima dana finansial pendidikan dari Peabody.

Tahun 1866, Marsh mendesak Peabody untuk menyumbangkan uang sebesar 150 ribu dolar untuk mendirikan Peabody Museum of Natural History di Yale.

Masih di tahun yang sama, Peabody juga menyumbangkan uangnya sebesar 150 ribu dolar ke Universitas Harvard untuk mendirikan Peabody Museum of Archaeology and Ethnology.

BACA JUGA: Berjasa Temukan Pewarna Sintetis Ungu, Siapakah Sir William Henry Perkin yang jadi Google Doodle Hari Ini?

Tiga tahun kemudian, tepat pada tanggal 4 November 1869, George Peabody meninggal dunia dan dimakamkan di Peabody, Massachusetts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,983FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan