Dari Petasan Hingga Warna Merah, Ini 10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek

Dari Petasan Hingga Warna Merah Ini 10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek
Dari Petasan Hingga Warna Merah Ini 10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek

RANCAH POST – Hanya dalam hitungan jam lagi, tahun baru China atau tahun baru Imlek akan segera tiba. Seluruh warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia termasuk Indonesia merayakan hari besar ini dengan penuh suka cita.

Pada awalnya hari teresbut hari dimana digunakan untuk menghormati para leluhur serta sang pencipta. Dalam momen ini juga merupakan hari libur yang penting di China.

Tahun baru Imlek disebut juga dengan Tahun baru Lunar karena memakai dasar lunisolar yang artinya hgabungan dari fase bulan serta tahun matahari.

Namun tahukah kamu bahwa tahun baru China ini memiliki fakta-fakta unik yang menarik untuk diketahui.

Berikut ini 10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek yang ada baiknya kamu ketahui kenali untuk mengenal budaya Tionghoa dan memperkuat rasa toleransi.

10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek

Tahun baru China


Bukan hanya sehari, ternyata momen tahun baru di China justru dimulai dari hari terakhir di kalender China samia 15 hari di bulan pertama tahun baru.

Hari libur besar


Imlek juga merupakan momen hari libur panjang di China dan juga wilayah yang memiliki populasi keturunan Tionghoa yang cukup banyak.

Chinatown di negara lain


Tidak hanya dinegaranya saja, ternyata Imlek juga dirayakan di berbagai kota China di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Tanggal berubah tiap tahun


Tidak seperti hari Natal yang selau dirayakan pada tanggal 25 Desember, maka tanggal pasti tahun baru imlek justru selalu berubah setiap tahunnya. Ini karena imlek dirayakan pertama kali pada tahun 2600 B.C. dimana orang-orang masih memakai sistem penanggalan dengan kalender bulan.

Arti tahun baru China


Bukan hanya sekedar pergantian tahun semata, tahun baru Chian juga memiliki arti mengakhiri masa lalu dan memulai masa depan. Imlek juga dijadikan momen pembersihan musim semi.

Tahun kalender China


Setiap tahun di kalender China kerap diberi nama dengan nama hewan dan ada 12 putaran. Setiap 12 tahun putaran tersebut selesai dan berulang lagi.

Perayaan paling lama


Dirayakan selama 15 hari, namun anak-anak disana bisa mendapatkan libur sekolah hingga satu bulan penuh.

Tradisi


Sebelum merayakan tahun baru imlek esoknya, biasanya keluarga tionghoa akan berkumpul bersama di malam sebelum imlek.

Dekorasi warna merah


Tahun baru imlek memang identik dengan warna merah. Dekorasi rumah serta di tempat umum pun akan didominasi dengan warna merah. Konon merah memiliki arti kebahagiaan, nasib baik, dan umur panjang.

Petasan

BACA JUGA

Jika tahun baru masehi identik dengan kembang api, maka tahun baru imlek tak akan lepas dari yang namanya petasan. Konon petasan merupakan lambang dari pengusiran roh jahat.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama