BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Meski minuman keras kerap mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, hal itu tak kunjung juga menjadi pelajaran bagi warga lainnya.

Seperti yang terjadi di Ciamis Jawa Barat. Kurang lebih 20 pemuda menggelar pesta miras jenis ciu di Dusun Sukahurip, Desa Sukaresik, Kec. Sindangkasih, Kab. Ciamis, Kamis (28/12/2017) silam.

Akibat menenggak miras oplosan tersebut, empat orang remaja asal Kecamatan Sindangkasih mati sia-sia. Mereka adalah Nana Sutisna alias Gerger (27), Ade Romadon (19), Gugun Gunawan (18), dan Egi Aprianto (18).

Sementara remaja lainnya yang ikut dalam pesta miras oplosan di Ciamis itu masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit dengan dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Dikatakan Kapolres Ciamis AKBP Nugraho Arianto, kabar meninggalnya sejumlah remaja usai menggelar pesta miras di Ciamis itu diperolehnya dari laporan unit satreskrim yang berasal dari laporan warga.

Dari keterangan saksi, ujar Nugroho, para korban menggelar pesta minuman keras secara beruntun sebelum tahun baru.

Efek dari miras itu kemudian baru dirasakan beberapa hari berikutnya. “Pesta miras dilakukan beberapa kali di tempat berbeda,” ucap Nugroho, Rabu (3/1/2018).

Masih dikatakan Nugroho, dari keterangan saksi bernama Hayat sekaligus peminum, pesta miras oplosan itu dimulai pada tanggal Desember 2017.

“Miras jenis ciu itu kemudian mereka oplos dengan minuman soda sebanyak dua botol,” terang Nugroho.

Masih di hari yang sama, pesta miras itu pun berlanjut di salah satu rumah saksi, Maman, di Perumahan Situ Rancamaya.

Tak berhenti sampai di situ, pesta pun berlanjut pada malam hari di Lapang Dusun Sukahurip Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.

Mereka mencapur miras itu dengan pil dekstro. “Saya lihat Nana mencampurnya dengan pil dekstro,” kata Nugroho, sebagaimana penuturan Hayat.

Masih merasa belum puas, pesta miras oplosan di Ciamis itu pun berlanjut pada 30 Desember 2017 di rumah Nawi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih.

BACA JUGAAduuuhhhh… Pagelaran Musik di Ciamis Malah Dibarengi Pesta Minuman Keras

Di rumah milik Nawi itulah miras jenis ciu itu dicampur dengan miras lainnya berjenis suliwa dan viktor. “Yang terakhir ini hanya beberapa orang saja yang ikut,” tukas dia.

Share.

Leave A Reply