RANCAH POST – Pabrik kimia di Cilegon, PT Indorama Petrochemical meledak terjadi pada Jumat (29/12/2017) pagi tadi.

Dari keterangan warga, pabrik kimia di Cilegon itu meledak sekitar pukul 07.00 WIB. Akibat ledakan tersebut, area pabrik diselimuti material putih menyerupai tepung.

Material putih akibat pabrik kimia meledak di Cilegon itu pun membuat puluhan warga menderita sesak nafas dan gatal-gatal.

“Nafas agak sesak, kemudian langsung disuruh minum air putih. Tahu-tahu ada abu putih pas saya lewat,” ucap salah seorang pengendara bernama Mukhlis.

Suara ledakan pabrik kimia di Cilegon itu pun sempat membuat warga sekitar kaget.

“Seperti suara bom, terus turun benda berwarna putih,” terang Abdul Rofiq, warga Kampung Rombongan, Desa Kepuh, Kecamatan Ciwandan.

Sedangkan dari keterangan manajemen PT Indorama Petrochemical, ledakan terjadi akibat penyumbatan pada saluran CTA (Crude Terephthalic Acid).

“Proses kristalisasi mau dikeringkan. Di sini (saluran) ada blok, nyangkut gitu, setiap nyangkut kan dia (pengkristalan) jalan terus nih. Efeknya di dorong terus, tekanannya naik terus, di sini (titik ledakan),” papar Human Resourches (HR) and Corporate Affair PT Indorama Petrochemical, Malim Hander Joni.

Dalam kejadian pabrik kimia di Cilegon meledak, satu orang terjatuh dan harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Adapun warga atau pengendara yang terkena material putih yang bentuknya menyerupai tepung tak perlu dibawa ke rumah sakit.

BACA JUGAPabrik Petasan Meledak, 47 Korban Hangus Terpanggang

“Cukup disiram dengan air 5-10 menit. Ada yang dibawa ke rumah sakit karena kepeleset, tapi saya kurang tahu di mana rumah sakitnya,” tukas Malim.

Share.

Leave A Reply