27.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Review Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro Selain Sensor Sidik Jari

Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro Selain Sensor Sidik Jari

RANCAH POSTPerbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro. Sebagaimana seri ponsel Redmi 4 dan Redmi 4 Prime tahun ini, pada saat generasi pertama Xiaomi Redmi 3 meluncur juga tak lama disusul oleh varian kakap dengan dari Xiaomi kala itu, yakniRedmi 3 Pro.

Namun lain dengan perbedaan Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 4 Prime yang terbilang jauh, khususnya di sisi spesifikasi dan harga tentunya. Bahkan desain kedua ponsel ini juga cukup berbeda.

Perbedaan hp Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro justru tidaklah terlalu banyak. Bahkan di sisi spesifikasi, keduanya bisa dibilang nyaris setara, dengan perbedaan paling menonjol antara Redmi 3 dan Redmi 3 Pro adalah keberadaan sensor pemindai sidik jari di punggungnya.

Sebagaimana diketahui, Xiaomi Redmi 3 tidak dilengkapi sensor sidik jari, sementara Redmi 3 Pro dianggap sebagai varian upgrade dengan dukungan fitur tersebut.

Oleh sebab itu, beberapa fans menganggap jika Xiaomi Redmi 4 sebenarnya merupakan penerus dari Redmi 3s, bukan Redmi 3 tersebut.

Nah, lalu apakah ada hal lain yang menjadi perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro selain keberadaan sensor pemindai sidik jari? Jika ada apa sajakah itu? Mari kita ulas dalam review singkat berikut ini.

Perbedaan Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro

Sebagaimana dikatakan tadi, bahwa perbedaan Xiaomi Redmi 3 Pro dan Redmi 3 yang paling mencolok adalah pada bagian sensor pemindai sidik jari.

Karena memang fitur inilah yang paling jelas terlihat dari luar bodi ponsel sekalipun. Namun apakah cuma itu saja yang menjadi tanda perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Redmi 3 Pro?

Apakah ada fitur atau spesifikasi lain yang membedakan kedua ponsel ini? Kita akan membahasnya sekarang.

Pertama kita ulas dulu spesifikasi Xiaomi Redmi 3. Ponsel ini hadir dengan menawarkan dukungan layar HD 720 x 1280 piksel berukuran 5 inci, dengan kerapatan layar mencapai 294ppi.

Dapur pacu Redmi 3 diisi oleh prosesor Snapdragon 616 dengan CPU octa-core 1,4 GHz dan didukung GPU Adreno 405. Ponsel ini juga menawarkan dukungan 16GB memori internal dengan 2GB RAM.

Serta sebuah slot microSD yang mampu menampung kapasitas maksimal hingga 256GB dengan OS Android 5.1 Lollipop berbalut MIUI 7.

Kamera yang ditawarkan Redmi 3 ini hadir dengan resolusi 13MP f/2.0 dengan PDAF dan LED Flash di bagain punggung. Serta sebuah kamera selfie 5MP f/2.0 di sisi depan ponsel.

Xiaomi Redmi 3 juga dibekali dukungan 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0.

Redmi 3 ini menawarkan baterai berkapasitas 4100 mAh sebagai sumber tenaga, dengan dukungan fast charging. Dan tidak dilengkapi sensor pemindai sidik jari.

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

Sementara itu, spesifikasi Xiaomi Redmi 3 Pro sendiri kurang lebih mirip. Dimana ia sama-sama menawarkan layar IPS LCD berukuran 5 inci, dengan resolusi HD 720p dan kerapatan layar mencapai 294ppi.

Prosesor snapdragon 616 juga tertanam di ponsel ini, mengandalkan CPU octa-core 1,4 GHz dengan GPU Adreno 405 sebagai pemacu grafis.

Yang menjadi perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro ini selain sensor pemindai sidik jari adalah dukungan memori. Dimana memori Redmi 3 Pro ini menawarkan kapasitas ROM 32GB dengan 3GB memori RAM.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD 256GB untuk kapasitas maksimal microSD, dan OS Android 5.1 Lollipop berbalut MIUI 7.3 sebagai OS bawaan.

BACA JUGA :

Untuk bagian kamera sendiri, Xiaomi Redmi 3 Pro ini menawarkan kamera 13MP f/2.0 dengan PDAF dan LED Flash. Dengan sensor 5MP di bagian kamera selfie.

Ponsel ini juga menawarkan dukungan 4G LTE, WiFi, Bluetooth, GPS dan microUSB v2.0 yang sama.

Dan untuk fitur pemindai sidik jari sendiri sudah dikenal dan diketahui, sebagai bagian utama yang menunjukkan perbedaan xiaomi Redmi 3 Pro dan Xiaomi Redmi 3 sejak awal kehadirannya dulu.

Untuk sisanya, terbilang sama, dimana kedua ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 4100 mAh dan mendukung fitur fast charging.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 3 Pro, Lebih Mapan dengan Pemindai Sidik Jari dan 3GB RAM

Daftar Perbedaan Xiaomi Redmi 3 Pro dan Xiaomi Redmi 3

Untuk daftar lengkap perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro, bisa kalian simak dalam tabel dibawah ini.

Perbedaan Xiaomi Redmi 3 Xiaomi Redmi 3 Pro
Memori RAM 2 GB 3 GB
Memori ROM 16 GB 32 GB
Sensor Sidik Jari Tidak Ada Ada
Warna Spesial Classic Gold Standar
Harga  Rp1.280.000,- Rp1.650.000,-

Harga Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro

Selain spesifikasi, harga Xaiomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro juga turut berbeda. Namun bukan sekedar sensor pemindai sidik jari.

Sebagaimana bisa Anda simak dalam ulasan di atas, bahwa faktor lain yang menjadi perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro juga terletak di sektor memori.

Dimana kedua ponsel ini menawarkan pilihan memori dengan ukuran dan kapasitas berbeda, baik dari ROM maupun RAM.

Adapun harga Xiaomi Redmi 3 sendiri saat ini ditawarkan cukup murah di Indonesia, yakni mulai Rp1.289.000.

Berbeda dengan harga Xiaomi Redmi 3 Pro yang terbilang masih tinggi, dimana ponsel ini dibanderol mulai Rp1.620.000 di Indonesia. Itupun untuk varian tidak resminya loh.

Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 3 Pro. dengan memahami faktor pembeda kedua ponsel ini, Anda bisa menentukan antara Xiaomi Redmi 3 vs Redmi 3 Pro bagus mana dan cocok mana untuk kebutuhan Anda.

Stay Connected

105,108FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here