RANCAH POST – Bagi fans sejati Windows 10, Windows 10 Mobile dan Xbox pastinya tidak asing dengan aplikasi bernama Groove. Sebuah aplikasi yang dibuat sebagai aplikasi pemutar musik bawaan di sejumlah ponsel Microsoft Lumia.

Groovie sendiri selain bisa memutar musik di ponsel Anda (memori internal), juga menawarkan layanan berbayar, seperti halnya Joox dan Spiotify.

Dengan program ini, pengguna akan diminta untuk membayar setiap bulan, dengan imbalan bisa mengunduh dan menikmati berbagai musik yang ditawarkan.

Pengguna juga akan bisa berbelanja single dan lagu baru di Windows Store.

Namun sayang, layanan yang juga hadir di OS Windows 10 ini kabarnya bakal dihentikan.

Masih belum jelas apa alasannya, namun besar kemungkinan karena sepinya peminat.

Diakui atau tidak, jumlah pengguna smartphone bertenaga Windows belakangan ini terus menurun. Dan di Android dan iOS sendiri, Groove tidaklah terlau populer. Meski masih ada beberapa yang berlangganan dengan layanan ini.

Groove Music sendiri akan berhenti beroperasi mulai 31 Desember 2017 mendatang. Dan jika masih ada pengguna yang berlangganan Groove Music sampai tanggal tersebut, maka mereka akan mendapat refund dari Microsoft.

BACA JUGA :

Microsoft juga tentunya tidak mengabaikan sebahagian kecil pengguna yang setia memakai layanan mereka ini.

Nah, untuk para pelanggan tersayang, Microsoft akan menawarkan penggantian lain, yakn memindahkan semua playlist dan lagu yang telah disimpan serta dibeli sebelumnya ke layanan musik streaming lain.

Adapun dalam hal ini Microsoft dikabarkan sudah menggandeng Spotify untuk menampung para mantang pengguna mereka.

Meski layanan Groove Music dihentikan, aplikasi tersebut belum akan hilang kok. Aplikasinya masih akan ada, namun hanya dibekali kemampuan untuk memutar konten musik yang ada di penyimpanan memori Anda saja.

Sebagai informasi tambahan. Groove Music ini awalnya dikenal sebagai Xbox Music dan cukup populer di kalangan para gamer.

Kemudian bersama lahirnya Windows 10 tahun 2015 silam, ia diganti namanya menjadi Groove Music hingga sekarang.

Share.

Leave A Reply